Laporan untuk memperoleh Angka Kredit - sdn215tjsari

Laporan untuk memperoleh Angka Kredit



LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
DIAJUKAN UNTUK MEMPEROLEH ANGKA KREDIT
JABATAN FUNGSIONAL GURU
                                   
OLEH        : SUWARDI, S.Pd.SD
 NIP             : 196904062003121005


PEMERINTAH KABUPATEN MUARO JAMBI
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 215/IX TANJUNG SARI
KECAMATAN BAHAR SELATAN
2016

IDENTITAS GURU
1.      NAMA SEKOLAH               : SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
2.      NAMA GURU                       : SUWARDI, S.Pd. SD
3.      NIP                                         : 196904062003121005
4.      NUPTK                                   : 0738 7476 4920 0012
5.      SERTIFIKAT                         : No. 1081302700146
6.      JABATAN / GOL. GURU    : Guru Pertama / Penata Muda. Gol. III b
7.      ALAMAT SEKOLAH
a.       Nama Jalan                        :
b.      Lingkungan Rt dan           : RT 07
Kelurahan /Desa                : Desa Tanjung Sari
c.       Kecamatan                                    : Bahar Selatan
d.      Kabupaten                         : Muaro Jambi
e.       Provinsi                             : Jambi
f.       Telpon / Hp                       :
8.      Mengajar Pelajaran                  : Guru Kelas
9.      SK Pengangkatan                   :
a.       Sebagai CPNS                  :
1)   Pejabat Yang Mengangkat       : Bupati Muaro Jambi
2)   No SK                                      : 813.2/ 106 / UP
3)   Tanggal SK                               : 23 Januari 2004
b.      Pangkat Terakhir
1)   Pejabat yang mengangkat         : Bupati Muaro Jambi
2)   No SK                                      : 823/ 120 / III / BKPPD
3)   Tanggal SK                               : 14 April 2014
10.  Alamat Rumah
a.       Nama Jalan                                    : Jalur 1
b.      Lingkungan RT dan                      : RT. 01
Kelurahan / Desa                           : Desa Tanjung Sari
c.       Kecamatan                                    : Bahar Selatan
d.      Kabupaten                                     : Muaro Jambi
e.       Provinsi                                         : Jambi
f.       Telp/Hp                                         : 0822 8225 9385



LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

      Nama                       : SUWARDI, S.Pd. SD
NIP                         : 196904062003121005
Pangkat/Gol            : Guru Pertama / Penata Muda. Gol. III b
NUPTK                   : 0738 7476 4920 0012
Tempat Tugas         : SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
Jabatan                    : Guru Kelas

1.      Kegiatan Pelatihan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar ( SD ) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi
2.      Pendidikan dan Pelatihan Metode Pembalajaran dengan tema
“ Strategi Hebat Menjadi Guru Matematika “
3.      Kegiatan Pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II Se- Provinsi Jambi


Membenarkan bahwa semua isi dalam Laporan Kegiatan Pengembangan Diri ini adalah sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan hasil tulisan asli yang bersangkutan


Muaro Jambi,                                     2016
Kepala Sekolah / Koordinator PKB



NASARUDDIN, S.Pd
NIP. 197007071997031002






KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya maka penulis dapat menyelesaikan Laporan Pengembangan Diri sesuai waktu yang ditentukan.            
            Penulis sadar sepenuhnya bahwa Laporan Pengembangan Diri dapat diselesaikan berkat bantuan, bimbingan, arahan, dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada:
1.      Bapak Nasaruddin, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 215/IX Tanjung Sari yang telah menugaskan kepada penulis untk mengkuti berbagai kegiatan Pengembangan Diri yang telah penulis laksanakan.
2.      Bapak / Ibu Guru seprofesi yang telah memberi bantuan untuk terselaikannya Penulisan Laporan ini.                                                         

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan Laporan ini masih banyak terdapat kekurangan bahwa kesalahan, baik dalam penyusunan, penyajian ,ataupun sistematik penulisannya. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik serta saran yang konstruktif pada semua pihak guna kesempurnaan Laporan ini. Namun demikian penulis sangat berharap agar Laporan diterima dan bermanfaat.


Muaro Jambi,                                      2016
Penulis,


BAB I PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Guru sebagai Tenaga Kependidikan Profesional hendaklah berusaha mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya agar layanan yang diberikan kepda peserta didiknya semakin berkualitas.
Tugas guru yang profesional tidak hnya dituntut berkinerja baik dalam tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didiknya saja tetapi juga harus melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ). Pengembangan terhadap profesi guru tersebut hendaklah dilaksanakan secara terprogram dan berkelanjutan.
Kegiatan Pengembangan Diri tersebut dapat dilkuksn melalui 2 junis kegiatan, yaitu : (1). Mengikuti Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) funsional. (2). Mengikuti Kegiatan Kolektif Guru. Selama tahun pelajaran 2015/2016, penulis diberi tugas oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri yaitu :
1.      Kegiatan Pelatiahan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi guru Sekolah Dasar ( SD ) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi.
2.      Laporan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Metode Pembelajaran dengan Tema “ Strategi Hebat Menjadi Guru Matematika “
3.      Kegiatan Pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II Se- Provinsi Jambi.
Sebagai bentuk tanggung jawab atas tugas yang diberikan Kepala Sekolah kepada penulis untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri, serta mengimbaskan hasil yang diperoleh, maka perlu untuk menuliskan laporan kegiatan ini.

B.     Tujuan
Tujuan dari kegiatan engembangan diri ini adalah untuk meningkatkan kompetensi penulis sebagai guru yaitu kompetensi pedagogik, profesional, managerial, maupun sosial yang penulis rasakn mamsih kurang.
C.     Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pengembangan diri ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagi peserta didik, akan memperoleh penjamin pelayanan dan pengalaman belajar yang lebih efektif.

2.      Bagi guru dapat memenuhi standar dan mengembangkan kompetensinya sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif sesuai kebutuhan belajar peserta didik guna menghadapi kehidupan di masa mendatang.         

3.      Bagi sekolah, akan mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik.

4.      Bagi orang tua/Masyarakat, akan memperoleh jaminan bahwa anaka mereka mendapatkan layanan yang berkualitas dan pengalaman belajar yang efektif.

5.      Bagi Pemerintah, akan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan profesional.







BAB II. LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN  DIRI

A.    Laporan Kegiatan Pengembangan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar ( SD ) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi.

1.      Bagian Awal :
a.       Judul diklat yang diikuti : Pelatihan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar ( SD ) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi.  
b.      Waktu Pelaksanaan : 17 s.d 23 Februari 2015           
c.       Tempat Penyelenggaraan : Hotel Cahaya Prima Jambi
d.      Tujuan Umum Diklat : Meningkatkan Kompetensi guru dalam penulisan karya tulis ilmiah untuk kenaikan pangkat guru sesuai dengan Permenegpan No.16 Tahun 2009.
e.       Lama Waktu Pelaksanaan : 7 hari ( 60 Jam Pelajaran )
f.       Surat Tugas dari : Kepala Dinas Pendidikan Muaro Jambi ( Terlampir ).
g.       Penyelenggara / Pelaksana : BPKSDP Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.
h.      Foto Kopi Sertifikat / Piagam :
No. 017 / DISDIK 01 / BPKSDP / 2015 ( Terlampir )

2.      Bagian Isi Laporan
a.       Uraian Tentang Tujuan Khusus Diklat / Bimtek setelah mengikuti diklat peserta diharapkan dapat :
1)         Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Pedagogik guru dalam hal pelaksanaan tindakan efektif.
2)         Meningkatkan kemampuan guru menulis proposal penelitian tindakan kelas ( PTK ).
3)         Meningkatkan kemampuan guru melaksanakan penelitian tindakan kelas ( PTK ).
4)         Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas ( PTK ).

b.      Uraian Materi Diklat / Bimtek dan Alokasi Waktu
No
Mata Tatar
Alokasi Waktu   ( 1 Jam = 45 Menit )
A
UMUM

1.       
Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
2
2.       
Sosialisasi Balai Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Pendidikan
2
B
POKOK


3.       
Konsep Dasar PTK
2
4.       
Studi Kasus dan Indentifikasi Masalah
6
5.       
Perencanaan Tindakan
6
6.       
Teknik Penyusunan dan Pengolahan Data
6
7.       
Pelaksanaan Tindakan
2
8.       
Analisis dan Interprestasi Data
6
9.       
Refleksi dan Tindak Lanjut
4
10.   
Penyusunan Laporan PTK
2
11.   
Penyusunan Proposal PTK

C
PENUNJANG


12.   
Karya Inovatif
4
13.   
Karya Ilmiah Nn Pendidikan
6
14.   
Pretest dan Postest
2


JUMLAH
60 Jam

c.       Nara Sumber
Nara Sumber pada Kegiatan Pelatihan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar ( SD ) terdiri dari :
1)      Unsur Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.
2)      Unsur Balai Diklat.
3)      Unsur Akademis / Dosen UNJA.
4)      Unsur Korwas Disdik Kota Jambi.
5)      Unsur LPMP Provinsi Jambi.
6)      Unsur Disdik Pengawas Disdik Kota Jambi, Batanghari, dan Muaro Jambi.
d.      Peserta Bimtek
Peserta Bimtek adalah para Guru Sekolah Dasar ( SD ) dari II Kabupaten / Kota Provinsi Jambi berjumlah 88 orang.
e.       Strategi Kegiatan
Strategi kegiatan yang digunakan adalh 27% terori dan 33% praktek. Pendekatan yang digunakan adlah sebagai berikut :
1.      Menciptakan suasana belajar sesuai dengan topik sajian
2.      Memberikan petunjuk pembelajaran
3.      Sharing atas temuan yang ada
4.      Penyimpulan

f.       Hasil / Manfaat yang diperoleh :
Hasil / manfaat yang didapat pada kegiatan ini adalah : dihasilkannya proposal penelitian tindakan kelas oleh guru
g.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1.      Penulis akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru disekolah penulis dengan jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
2.        Penulis akan mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam kelas dimana penulis mengajar.

h.      Dampak Setelah Mengikuti Bimbingan
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil Diklat atau kegiatan ini dikelas / sekolah penulis maka berdampak :
1.      Penulis menyadari sepenuhnya bahwa sebagai guru tidak cukup hanya melaksanakan Tupoksinya saja melainkan juga harus mengembangkan profesinya.
2.      Dengan inovasi-inovasi pembelajaran yang penulis lakukan dalam pembelajaran dikelas melalui PTK, Proses Pembelajaran menjadi semakin aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
3.      Motivasi belajar peserta didik semakin meningkat.
i.        Penutup
Penyelenggaraan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar ( SD ) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi, sangat membantu dalam melakukan pengembangan profesi guru dan kenaikan pangkat dan jabatan / karir guru.
            Penulis juga berharap semoga kegiatan semacam ini dapat diprogramkan dan dilaksanakan secara kontinue agar para guru dapat meningkatkan kemampuannya dalam pengembangan profesionalisme guru.


















B.     Laporan Kegiatan Pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG )
Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II Se- Provinsi Jambi.

1.      Bagian Awal
a.       Judul kegiatan yang diikuti : Pembinaan Kelompok Kerja Guru       ( KKG ) Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II Se- Provinsi Jambi.
b.      Waktu Pelakasanaan : Tanggal 20 s.d 25 Februari 2016
c.       Tempat Penyelenggaraan : Hotel Novita Jambi
d.      Tujuan Umum Diklat : Terpenuhinya Kompetensi Guru Pada Jenjang Pendidikan Dasar melalui pemberdayaan Kelompok Kerja Guru ( KKG )
e.       Lama Waktu Pelaksanaan : 6 Hari ( 50 Jam )
f.       Surat Tugas Dari : Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi ( Terlampir )
g.      Penyelenggara/pelaksana : Balai Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Pendidikan ( BPKSDP ) Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
h.      Foto Kopi Sertifikat / Piagam :
No. P.032 / DISDIK – BPKSDP / II / 2016 ( Terlampir )

2.        Bagian Isi Laporan
a.       Uraian Tentang Tujuan Khusus Bintek / Diklat
Setelah mengikuti Diklat peserta diharapkan dapat Meningkatkan kualitas layanan disatuan pendidikan khususnya pada kualitas proses pembelajaran pada siswa.






b.      Uraian Materi Diklat / Binek dan Alokasi waktu
No
MATERI PELATIHAN
ALOKASI WAKTU
 1
1.1
1.2

 2
2.1
2.2
2.3
2.4
2.5
2.6
2.7
3
3.1
3.2
UMUM
Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
Orientasi Program Balai Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Pendidikan
MATERI POKOK
PMA
Revitalisasi KKG
Program Kerja dan Proposal KKG
Penelitian Tindakan Kelas
Lesson Study
Penilaian Pembelajaran
Penilaian Kinerja dan SKP Guru
PENUNJANG
Rencana Tindak Lanjut
Pretes dan Postes

2

2

12
3
4
6
5
4
6

4
2



JUMLAH
50

c.       Nara Sumber
Nara Sumber pada kegiatan Pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II Se- Provinsi Jambi terdiri dari :
1)      Unsur dari tim PMA
2)      Unsur Pengawas Sekolah
3)      Unsur Widyaiswara

d.      Peserta Diklat / Bintek
Peserta Diklat Kegiatan Pembinaan KKG ini berasal dai 11 Kabupaten / Kota yang ada di Provinsi Jambi. Setiap Kabupaten / Kota mengirimkan 12 peserta. Jadi total peserta 132 orang.

e.       Strategi Kegiatan
Strategi kegiatan yang digunakan dalam kegiatan ini mengkombinasikan antara teori dan praktek. Adapun pendekatanyang digunakan adalah
1.      Paparan Materi oleh Nara Sumber
2.      Ceramah, Tanya Jawab, dilanjutkan diskusi
3.      Brainstorming, penugasan, kerja kelompok, dan mandiri
4.      Presentasi, dan penyyimpulan.

f.       Hasil / Manfaat yang diperoleh
Hasil / Manfaat yang didapat pada kegiatan ini adalah meningkatknya pemahaman, kemampuan dan keterampilan guru dalam hal :
1.      Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
2.      Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan ditingkat KKG.

g.      Tindak Lanjut
Tindak Lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1.      Penulis akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru disekolah penulis dengan jadwal yang akan dibicarakan kepala sekolah.
2.      Penulis akan mengimplementasikan hasil kegiatan pembianaan KKG di forum Gugus KKG dimana penulis sebagai pengurusnya.

h.      Dampak Setelah Mengikuti Kegiatan
Dampak yang dirasakan penulis setelah mengikuti kegiatan pembinaan ini adalah :
1.      Penulis lebih percaya diri dalam menjalakan tugas sebagai guru sekaligus Ketua KKG di wilayah penulis.
2.      Proses pembelajaran dikelas yang penulis ampu tampak semakin antusias, aktif, dan bersemangat.
3.      Hasil belajar siswa yang penulis ampu meningkat signifikan.

i.        Penutup
Penyelenggaraan pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Sekolah Dasar ini bagi penulis khususnya dan para guru umumnya sangat membantu dalam memberdayakan KKG yang berada di wiilayah penulis untuk lebih aktif dan lebih baik lagi dalam upaya meningkatkan kompetensi guru.
Penulis berharap semoga Kegiatan semacam ini untuk dapat diadakan lagi pada waktu-waktu yang akan datang.



4.      Lampiran – lampiran
a.       Surat tugas dari Kepala Sekolah / Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi
b.      Foto kopi Sertifikat lulus Diklat


















DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
IDENTITAS GURU
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang     

B.     Tujuan

C.     Manfaat
BAB II LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
A.    Laporan Kegiatan Pelatihan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar ( SD ) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi

B.     Laporan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Metode Pembelajaran dengan Tema “ Strategi Hebat Menjadi Guru Matematika “       

C.     Laporan Kegiatan Pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II Se- Provinsi Jambi



BAB. III PENUTUP
A.       Kesimpulan
B.        Saran
LAMPIRAN - LAMPIRAN

















B.     Laporan Kegiatan Diklat Metode Pembelajaran Tingkat Kabupaten Muaro Jambi.

1.      Bagian Awal
a.       Judul Kegiatan                        : Strategi Hebat Menjadi Guru
  Matematika
b.      Waktu Pelaksanaan                 : Tanggal 20 Januari 2016
c.       Tempat Penyelenggaraan        : SD Negeri 153/IX Mekar Sari                                                            Makmur
d.      Tujuan Umum Diklat              : Meningkatkan Kompetensi Guru                                                        Dibidang Matematika
e.       Lama Waktu Pelaksanaan       : Satu Hari
f.       Surat Tugas Dari                     : Kepala Sekolah SD Negeri 215/IX                                                     Tanjung Sari
g.      Penyelenggara / Pelaksana      : Perkumpulan Pemuda Peneliti Dan                                                   Pemerhati Pendidikan ( P3 & P2 )
h.      Foto Copy Sertifikat / Piagam            : No. II / P3 & P2 / BS / 20-01                                                             ( Terlampir )
2.      Bagian Isi Laporan
a.       Uraian Tentang Tujuan Khusus Diklat Setelah mengikuti acara diklat peserta diharapkan :
·         Meningkatkan Profesionalisme guru dalam Proses belajar mengajar ( PBM ) Matematika





b.      Uraian Materi Diklat dan Alokasi waktu
No
MATERI PELATIHAN
ALOKASI WAKTU
1
Pemahaman Konsep Matematika Dasar
3 Jam
2
Keterampilan Konsep Matematika Dasar
3 Jam
3
Metode Penerapan Konsep Matematika Dasar
4 Jam
4
Penugasan Jam Praktek
8 Jam
5
Praktek Penerapan Konsep
14 Jam
Jumlah
32 Jam















c.       Nara Sumber
Nara Sumber dalam Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Metode Pembelajaran dengan Tema “ Strategi Hebat Menjadi Guru Matematika “ terdiri dari :
1.      Unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi
2.      Mr. Saipudin ( Match Master ) direktur LPMA SCI Kediri Jawa Timur, Tim Pusdiklat UMS Surakarta.
d.        Peserta Diklat
Peserta Diklat Pendidikan dan Pelatihan Metode Pembelajaran dengan Tema “Strategi Hebat Menjadi Guru Matematika” adalah perwakilan dari guru-guru SD dalam Kabupaten Muaro Jambi.
e.       Strategi Kegiatan
Strategi Kegiatan Diklat Metode Pembalajaran dengan Tema “Strategi Hebat Menjadi Guru Matematika” adalah dengan mengkombinasikan teori dan praktek dengan perbandingan 30% teori 70% praktek.
f.       Hasil / Manfaat yang diperoleh
Manfaat yang diperoleh dalam Diklat ini adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam hal :
1.      Proses Pembelajaran matematika, yang tercermin dengan meningkatnya hasil belajar siswa.
2.      Meningkatkan kemampuan guru dalam hal pembelajaran matematika.
g.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilaksanakan penulis setelah mengikuti Diklat ini adalah :
1.      Penulis akan mendesiminasikan kepada teman-teman guru di sekolah (SD) dimana penulis bertugas.
2.      Penulis akan mengimplementasikan ilmu yang didapat dari Diklat kepada para siswa dikelas penulis mendidik/mengajar.
h.      Dampak Setelah Mengikuti Diklat
1.      Penulis lebih percaya diri dalam bertugas/mengajar .
2.      Pembelajaran dikelas yang penulis ampu berjalan lebih aktif dan bersemangat.
3.      Hasil belajar siswa dikelas yang penulis ampu meningkat signifikan.
i.        Penutup
Penyelenggaraan Kegiatan Diklat Metode Pembelajaran dengan Tema “Strategi Hebat Menjadi Guru Matematika” sangat bermanfaat bagi penulis khususnya  dan para guru pada umumnya. Hal ini dikarenakan banyak hal / pengetahuan baru yang berkaitan dengan bagaimana menyampaikan pelajaran matematika kepada para siswa agar mudah dipahami yang pada akhirnya dapat meningkatan hasil dan prestasi siswa dalam mamta pelajaran matematika.
Penulis berharapa semoga kegiatan Diklat semacam ini dapat diadakan secara kontinu di masa-masa yang akan datang.





BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
Kegiatan Pengembangan diri berkelenajutan (PKB) dapat dilakukan melalui dua cara / kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di KKG / MGMP termasuk kedalam kegiatan kolektif guru, sedangkan kegiatan yang dilaksanakan diluar kolektif salah satunya termasuk kedalam diklat fungsional. Yaitu diklat yang diadakan oleh dinas pendidikan baik dinas pendidikan kota/kabupaten maupun provinsi.
            Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya, disamping meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru juga mendapatkan penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk pengembangan karirnya. Sehingga dengan adanya pengembangan diri ini mempermudah guru untuk meningkatkan kompetensi guru dan memperoleh angka kredit.
B.     Saran-saran
Diharapkan dengan adanya kegiatan pengembangan diri ini, pendidik tidak hanya mendapatkan ilmu atau wawasan tetapi juga diharapkan dapat menerapkan ilmu tersebut baik kepada peserta didik maupun teman sejawat.


0 Response to "Laporan untuk memperoleh Angka Kredit"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2