Laporan untuk memperoleh Angka Kredit
LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN DIRI
DIAJUKAN UNTUK
MEMPEROLEH ANGKA KREDIT
JABATAN FUNGSIONAL GURU
OLEH : SUWARDI, S.Pd.SD
NIP : 196904062003121005
PEMERINTAH KABUPATEN MUARO JAMBI
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 215/IX TANJUNG SARI
KECAMATAN BAHAR SELATAN
2016
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 215/IX TANJUNG SARI
KECAMATAN BAHAR SELATAN
2016
IDENTITAS GURU
1. NAMA SEKOLAH : SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
2. NAMA GURU :
SUWARDI, S.Pd. SD
3. NIP : 196904062003121005
4. NUPTK : 0738 7476 4920 0012
5. SERTIFIKAT : No. 1081302700146
6. JABATAN / GOL. GURU : Guru Pertama
/ Penata Muda. Gol. III b
7. ALAMAT SEKOLAH
a.
Nama Jalan :
b.
Lingkungan Rt dan : RT 07
Kelurahan /Desa : Desa Tanjung Sari
Kelurahan /Desa : Desa Tanjung Sari
c.
Kecamatan : Bahar
Selatan
d.
Kabupaten : Muaro Jambi
e.
Provinsi : Jambi
f.
Telpon / Hp :
8. Mengajar Pelajaran :
Guru Kelas
9. SK Pengangkatan :
a.
Sebagai CPNS :
1)
Pejabat Yang
Mengangkat : Bupati Muaro Jambi
2)
No SK : 813.2/
106 / UP
3)
Tanggal SK : 23 Januari 2004
b.
Pangkat Terakhir
1)
Pejabat yang
mengangkat : Bupati Muaro Jambi
2)
No SK : 823/ 120
/ III / BKPPD
3)
Tanggal SK : 14 April 2014
10. Alamat Rumah
a.
Nama Jalan : Jalur 1
b.
Lingkungan RT dan : RT. 01
Kelurahan / Desa : Desa Tanjung Sari
Kelurahan / Desa : Desa Tanjung Sari
c.
Kecamatan : Bahar
Selatan
d.
Kabupaten : Muaro
Jambi
e.
Provinsi : Jambi
f.
Telp/Hp : 0822
8225 9385
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN DIRI
Nama : SUWARDI, S.Pd. SD
NIP : 196904062003121005
Pangkat/Gol : Guru Pertama / Penata Muda. Gol. III b
NUPTK : 0738 7476 4920 0012
Tempat Tugas : SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
Jabatan : Guru Kelas
NIP : 196904062003121005
Pangkat/Gol : Guru Pertama / Penata Muda. Gol. III b
NUPTK : 0738 7476 4920 0012
Tempat Tugas : SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
Jabatan : Guru Kelas
1.
Kegiatan
Pelatihan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar ( SD )
Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi
2.
Pendidikan dan
Pelatihan Metode Pembalajaran dengan tema
“ Strategi Hebat Menjadi Guru Matematika “
“ Strategi Hebat Menjadi Guru Matematika “
3.
Kegiatan
Pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II Se-
Provinsi Jambi
Membenarkan bahwa semua isi dalam Laporan Kegiatan
Pengembangan Diri ini adalah sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan hasil
tulisan asli yang bersangkutan
Muaro Jambi, 2016
Kepala Sekolah / Koordinator PKB
Kepala Sekolah / Koordinator PKB
NASARUDDIN, S.Pd
NIP. 197007071997031002
NIP. 197007071997031002
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya
maka penulis dapat menyelesaikan Laporan Pengembangan Diri sesuai waktu yang
ditentukan.
Penulis sadar sepenuhnya bahwa Laporan Pengembangan Diri dapat diselesaikan berkat bantuan, bimbingan, arahan, dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada:
Penulis sadar sepenuhnya bahwa Laporan Pengembangan Diri dapat diselesaikan berkat bantuan, bimbingan, arahan, dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada:
1.
Bapak
Nasaruddin, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 215/IX Tanjung Sari yang telah
menugaskan kepada penulis untk mengkuti berbagai kegiatan Pengembangan Diri
yang telah penulis laksanakan.
2.
Bapak /
Ibu Guru seprofesi yang telah memberi bantuan untuk terselaikannya Penulisan
Laporan ini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan
Laporan ini masih banyak terdapat kekurangan bahwa kesalahan, baik dalam
penyusunan, penyajian ,ataupun sistematik penulisannya. Oleh karena itu penulis
mengharapkan kritik serta saran yang konstruktif pada semua pihak guna
kesempurnaan Laporan ini. Namun demikian penulis sangat berharap agar Laporan
diterima dan bermanfaat.
Muaro Jambi, 2016
Penulis,
Penulis,
BAB I PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Guru sebagai Tenaga Kependidikan Profesional hendaklah berusaha mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya agar layanan yang diberikan kepda peserta didiknya semakin berkualitas.
Tugas guru yang profesional tidak hnya dituntut
berkinerja baik dalam tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didiknya
saja tetapi juga harus melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB
). Pengembangan terhadap profesi guru tersebut hendaklah dilaksanakan secara
terprogram dan berkelanjutan.
Kegiatan Pengembangan Diri tersebut dapat dilkuksn
melalui 2 junis kegiatan, yaitu : (1). Mengikuti Kegiatan Pendidikan dan
Pelatihan (Diklat) funsional. (2). Mengikuti Kegiatan Kolektif Guru. Selama
tahun pelajaran 2015/2016, penulis diberi tugas oleh Kepala Sekolah untuk
mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri yaitu :
1.
Kegiatan
Pelatiahan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi guru Sekolah Dasar ( SD
) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi.
2.
Laporan
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Metode Pembelajaran dengan Tema “ Strategi
Hebat Menjadi Guru Matematika “
3.
Kegiatan
Pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II Se-
Provinsi Jambi.
Sebagai bentuk tanggung jawab atas tugas yang diberikan
Kepala Sekolah kepada penulis untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri, serta
mengimbaskan hasil yang diperoleh, maka perlu untuk menuliskan laporan kegiatan
ini.
B.
Tujuan
Tujuan dari kegiatan
engembangan diri ini adalah untuk meningkatkan kompetensi penulis sebagai guru
yaitu kompetensi pedagogik, profesional, managerial, maupun sosial yang penulis
rasakn mamsih kurang.
C.
Manfaat
Manfaat yang diharapkan
dari kegiatan pengembangan diri ini adalah sebagai berikut :
1.
Bagi
peserta didik, akan memperoleh penjamin pelayanan dan pengalaman belajar yang
lebih efektif.
2.
Bagi
guru dapat memenuhi standar dan mengembangkan kompetensinya sehingga mampu
melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif sesuai kebutuhan belajar
peserta didik guna menghadapi kehidupan di masa mendatang.
3.
Bagi
sekolah, akan mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada
peserta didik.
4.
Bagi
orang tua/Masyarakat, akan memperoleh jaminan bahwa anaka mereka mendapatkan
layanan yang berkualitas dan pengalaman belajar yang efektif.
5.
Bagi
Pemerintah, akan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan
pendidikan yang berkualitas dan profesional.
BAB II. LAPORAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN DIRI
PENGEMBANGAN DIRI
A.
Laporan
Kegiatan Pengembangan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah
Dasar ( SD ) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi.
1.
Bagian
Awal :
a.
Judul
diklat yang diikuti : Pelatihan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi
Guru Sekolah Dasar ( SD ) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi.
b.
Waktu
Pelaksanaan : 17 s.d 23 Februari 2015
c.
Tempat
Penyelenggaraan : Hotel Cahaya Prima Jambi
d.
Tujuan
Umum Diklat : Meningkatkan Kompetensi guru dalam penulisan karya tulis ilmiah
untuk kenaikan pangkat guru sesuai dengan Permenegpan No.16 Tahun 2009.
e.
Lama
Waktu Pelaksanaan : 7 hari ( 60 Jam Pelajaran )
f.
Surat
Tugas dari : Kepala Dinas Pendidikan Muaro Jambi ( Terlampir ).
g.
Penyelenggara / Pelaksana : BPKSDP Dinas
Pendidikan Provinsi Jambi.
h.
Foto
Kopi Sertifikat / Piagam :
No. 017
/ DISDIK 01 / BPKSDP / 2015 ( Terlampir )
2.
Bagian
Isi Laporan
a.
Uraian
Tentang Tujuan Khusus Diklat / Bimtek setelah mengikuti diklat peserta
diharapkan dapat :
1)
Meningkatkan
Kompetensi Profesional dan Pedagogik guru dalam hal pelaksanaan tindakan
efektif.
2)
Meningkatkan
kemampuan guru menulis proposal penelitian tindakan kelas ( PTK ).
3)
Meningkatkan
kemampuan guru melaksanakan penelitian tindakan kelas ( PTK ).
4)
Meningkatkan
kemampuan guru dalam menyusun laporan penelitian tindakan kelas ( PTK ).
b.
Uraian
Materi Diklat / Bimtek dan Alokasi Waktu
No
|
Mata
Tatar
|
Alokasi
Waktu ( 1 Jam = 45 Menit )
|
A
|
UMUM
|
|
1.
|
Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
|
2
|
2.
|
Sosialisasi Balai Peningkatan Kompetensi
Sumber Daya Pendidikan
|
2
|
B
|
POKOK
|
|
3.
|
Konsep Dasar PTK
|
2
|
4.
|
Studi Kasus dan Indentifikasi Masalah
|
6
|
5.
|
Perencanaan Tindakan
|
6
|
6.
|
Teknik Penyusunan dan Pengolahan Data
|
6
|
7.
|
Pelaksanaan Tindakan
|
2
|
8.
|
Analisis dan Interprestasi Data
|
6
|
9.
|
Refleksi dan Tindak Lanjut
|
4
|
10.
|
Penyusunan Laporan PTK
|
2
|
11.
|
Penyusunan Proposal PTK
|
|
C
|
PENUNJANG
|
|
12.
|
Karya Inovatif
|
4
|
13.
|
Karya Ilmiah Nn Pendidikan
|
6
|
14.
|
Pretest dan Postest
|
2
|
JUMLAH
|
60 Jam
|
c.
Nara
Sumber
Nara Sumber pada Kegiatan Pelatihan Pembinaan Penulisan
Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar ( SD ) terdiri dari :
1)
Unsur
Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.
2)
Unsur
Balai Diklat.
3)
Unsur
Akademis / Dosen UNJA.
4)
Unsur
Korwas Disdik Kota Jambi.
5)
Unsur
LPMP Provinsi Jambi.
6)
Unsur
Disdik Pengawas Disdik Kota Jambi, Batanghari, dan Muaro Jambi.
d.
Peserta
Bimtek
Peserta Bimtek adalah para Guru Sekolah Dasar ( SD ) dari
II Kabupaten / Kota Provinsi Jambi berjumlah 88 orang.
e.
Strategi
Kegiatan
Strategi kegiatan yang digunakan adalh 27% terori dan 33%
praktek. Pendekatan yang digunakan adlah sebagai berikut :
1.
Menciptakan
suasana belajar sesuai dengan topik sajian
2.
Memberikan
petunjuk pembelajaran
3.
Sharing
atas temuan yang ada
4.
Penyimpulan
f.
Hasil /
Manfaat yang diperoleh :
Hasil / manfaat yang didapat pada kegiatan ini adalah :
dihasilkannya proposal penelitian tindakan kelas oleh guru
g.
Tindak
Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan
ini adalah sebagai berikut :
1.
Penulis
akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru disekolah penulis dengan
jadwal yang akan dibicarakan dengan kepala sekolah.
2.
Penulis akan mengimplementasikan ilmu yang
diperoleh dalam kelas dimana penulis mengajar.
h.
Dampak
Setelah Mengikuti Bimbingan
Setelah penulis mencoba menerapkan hasil Diklat atau
kegiatan ini dikelas / sekolah penulis maka berdampak :
1.
Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa sebagai guru tidak cukup hanya melaksanakan
Tupoksinya saja melainkan juga harus mengembangkan profesinya.
2.
Dengan
inovasi-inovasi pembelajaran yang penulis lakukan dalam pembelajaran dikelas
melalui PTK, Proses Pembelajaran menjadi semakin aktif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan.
3.
Motivasi
belajar peserta didik semakin meningkat.
i.
Penutup
Penyelenggaraan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Bagi Guru Sekolah Dasar ( SD ) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi, sangat
membantu dalam melakukan pengembangan profesi guru dan kenaikan pangkat dan
jabatan / karir guru.
Penulis juga berharap semoga
kegiatan semacam ini dapat diprogramkan dan dilaksanakan secara kontinue agar
para guru dapat meningkatkan kemampuannya dalam pengembangan profesionalisme
guru.
B.
Laporan
Kegiatan Pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG )
Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II Se- Provinsi Jambi.
1.
Bagian
Awal
a.
Judul
kegiatan yang diikuti : Pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II
Se- Provinsi Jambi.
b.
Waktu
Pelakasanaan : Tanggal 20 s.d 25 Februari 2016
c.
Tempat
Penyelenggaraan : Hotel Novita Jambi
d.
Tujuan
Umum Diklat : Terpenuhinya Kompetensi Guru Pada Jenjang Pendidikan Dasar
melalui pemberdayaan Kelompok Kerja Guru ( KKG )
e.
Lama
Waktu Pelaksanaan : 6 Hari ( 50 Jam )
f.
Surat
Tugas Dari : Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi (
Terlampir )
g.
Penyelenggara/pelaksana
: Balai Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Pendidikan ( BPKSDP ) Dinas
Pendidikan Provinsi Jambi
h.
Foto
Kopi Sertifikat / Piagam :
No.
P.032 / DISDIK – BPKSDP / II / 2016 ( Terlampir )
2.
Bagian Isi Laporan
a.
Uraian
Tentang Tujuan Khusus Bintek / Diklat
Setelah
mengikuti Diklat peserta diharapkan dapat Meningkatkan kualitas layanan
disatuan pendidikan khususnya pada kualitas proses pembelajaran pada siswa.
b.
Uraian
Materi Diklat / Binek dan Alokasi waktu
No
|
MATERI
PELATIHAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
1.1
1.2
2
2.1
2.2
2.3
2.4
2.5
2.6
2.7
3
3.1
3.2
|
UMUM
Kebijakan Dinas
Pendidikan Provinsi Jambi
Orientasi Program Balai
Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Pendidikan
MATERI POKOK
PMA
Revitalisasi KKG
Program Kerja dan
Proposal KKG
Penelitian Tindakan
Kelas
Lesson Study
Penilaian Pembelajaran
Penilaian Kinerja dan
SKP Guru
PENUNJANG
Rencana Tindak Lanjut
Pretes dan Postes
|
2
2
12
3
4
6
5
4
6
4
2
|
JUMLAH
|
50
|
c.
Nara
Sumber
Nara Sumber pada kegiatan Pembinaan Kelompok Kerja Guru (
KKG ) Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II Se- Provinsi Jambi terdiri dari :
1)
Unsur
dari tim PMA
2)
Unsur
Pengawas Sekolah
3)
Unsur
Widyaiswara
d.
Peserta
Diklat / Bintek
Peserta Diklat Kegiatan Pembinaan KKG ini berasal dai 11
Kabupaten / Kota yang ada di Provinsi Jambi. Setiap Kabupaten / Kota mengirimkan
12 peserta. Jadi total peserta 132 orang.
e.
Strategi
Kegiatan
Strategi kegiatan yang digunakan dalam kegiatan ini
mengkombinasikan antara teori dan praktek. Adapun pendekatanyang digunakan
adalah
1.
Paparan
Materi oleh Nara Sumber
2.
Ceramah,
Tanya Jawab, dilanjutkan diskusi
3.
Brainstorming,
penugasan, kerja kelompok, dan mandiri
4.
Presentasi,
dan penyyimpulan.
f.
Hasil /
Manfaat yang diperoleh
Hasil / Manfaat yang didapat pada kegiatan ini adalah
meningkatknya pemahaman, kemampuan dan keterampilan guru dalam hal :
1.
Meningkatkan
mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil
belajar peserta didik.
2.
Meningkatkan
kompetensi guru melalui kegiatan ditingkat KKG.
g.
Tindak
Lanjut
Tindak Lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan ini
adalah sebagai berikut :
1.
Penulis
akan melakukan diseminasi kepada teman-teman guru disekolah penulis dengan
jadwal yang akan dibicarakan kepala sekolah.
2.
Penulis
akan mengimplementasikan hasil kegiatan pembianaan KKG di forum Gugus KKG
dimana penulis sebagai pengurusnya.
h.
Dampak
Setelah Mengikuti Kegiatan
Dampak yang dirasakan penulis setelah mengikuti kegiatan
pembinaan ini adalah :
1.
Penulis
lebih percaya diri dalam menjalakan tugas sebagai guru sekaligus Ketua KKG di
wilayah penulis.
2.
Proses
pembelajaran dikelas yang penulis ampu tampak semakin antusias, aktif, dan
bersemangat.
3.
Hasil
belajar siswa yang penulis ampu meningkat signifikan.
i.
Penutup
Penyelenggaraan pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG )
Sekolah Dasar ini bagi penulis khususnya dan para guru umumnya sangat membantu
dalam memberdayakan KKG yang berada di wiilayah penulis untuk lebih aktif dan
lebih baik lagi dalam upaya meningkatkan kompetensi guru.
Penulis berharap semoga Kegiatan semacam ini untuk dapat
diadakan lagi pada waktu-waktu yang akan datang.
4.
Lampiran
– lampiran
a.
Surat
tugas dari Kepala Sekolah / Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi
b.
Foto
kopi Sertifikat lulus Diklat
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
IDENTITAS GURU
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
B.
Tujuan
C.
Manfaat
BAB II LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
A.
Laporan
Kegiatan Pelatihan Pembinaan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah
Dasar ( SD ) Angkatan VI Tingkat Provinsi Jambi
B.
Laporan
Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Metode Pembelajaran dengan Tema “ Strategi
Hebat Menjadi Guru Matematika “
C.
Laporan
Kegiatan Pembinaan Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Sekolah Dasar ( SD ) Tahap II
Se- Provinsi Jambi
BAB. III PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran
LAMPIRAN - LAMPIRAN
B.
Laporan
Kegiatan Diklat Metode Pembelajaran Tingkat Kabupaten Muaro Jambi.
1.
Bagian
Awal
a.
Judul
Kegiatan : Strategi
Hebat Menjadi Guru
Matematika
b.
Waktu
Pelaksanaan : Tanggal 20
Januari 2016
c.
Tempat
Penyelenggaraan : SD Negeri 153/IX
Mekar Sari
Makmur
d.
Tujuan Umum
Diklat : Meningkatkan
Kompetensi Guru Dibidang Matematika
e.
Lama
Waktu Pelaksanaan : Satu Hari
f.
Surat
Tugas Dari : Kepala
Sekolah SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
g.
Penyelenggara
/ Pelaksana : Perkumpulan Pemuda
Peneliti Dan Pemerhati Pendidikan ( P3 & P2 )
h.
Foto
Copy Sertifikat / Piagam : No.
II / P3 & P2 / BS / 20-01
( Terlampir )
2.
Bagian
Isi Laporan
a.
Uraian
Tentang Tujuan Khusus Diklat Setelah mengikuti acara diklat peserta diharapkan
:
·
Meningkatkan
Profesionalisme guru dalam Proses belajar mengajar ( PBM ) Matematika
b.
Uraian
Materi Diklat dan Alokasi waktu
No
|
MATERI
PELATIHAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
Pemahaman Konsep
Matematika Dasar
|
3 Jam
|
2
|
Keterampilan Konsep
Matematika Dasar
|
3 Jam
|
3
|
Metode Penerapan Konsep Matematika
Dasar
|
4 Jam
|
4
|
Penugasan Jam Praktek
|
8 Jam
|
5
|
Praktek Penerapan Konsep
|
14 Jam
|
Jumlah
|
32 Jam
|
c.
Nara
Sumber
Nara Sumber dalam Kegiatan
Pendidikan dan Pelatihan Metode Pembelajaran dengan Tema “ Strategi Hebat
Menjadi Guru Matematika “ terdiri dari :
1.
Unsur
Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi
2.
Mr.
Saipudin ( Match Master ) direktur LPMA SCI Kediri Jawa Timur, Tim Pusdiklat
UMS Surakarta.
d.
Peserta Diklat
Peserta Diklat Pendidikan
dan Pelatihan Metode Pembelajaran dengan Tema “Strategi Hebat Menjadi Guru
Matematika” adalah perwakilan dari guru-guru SD dalam Kabupaten Muaro Jambi.
e.
Strategi
Kegiatan
Strategi Kegiatan Diklat Metode Pembalajaran dengan Tema
“Strategi Hebat Menjadi Guru Matematika” adalah dengan mengkombinasikan teori
dan praktek dengan perbandingan 30% teori 70% praktek.
f.
Hasil /
Manfaat yang diperoleh
Manfaat yang diperoleh dalam Diklat ini adalah
meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam hal :
1.
Proses
Pembelajaran matematika, yang tercermin dengan meningkatnya hasil belajar
siswa.
2.
Meningkatkan
kemampuan guru dalam hal pembelajaran matematika.
g.
Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilaksanakan penulis setelah mengikuti Diklat ini adalah :
1.
Penulis
akan mendesiminasikan kepada teman-teman guru di sekolah (SD) dimana penulis
bertugas.
2.
Penulis
akan mengimplementasikan ilmu yang didapat dari Diklat kepada para siswa
dikelas penulis mendidik/mengajar.
h.
Dampak
Setelah Mengikuti Diklat
1.
Penulis
lebih percaya diri dalam bertugas/mengajar .
2.
Pembelajaran
dikelas yang penulis ampu berjalan lebih aktif dan bersemangat.
3.
Hasil
belajar siswa dikelas yang penulis ampu meningkat signifikan.
i.
Penutup
Penyelenggaraan
Kegiatan Diklat Metode Pembelajaran dengan Tema “Strategi Hebat Menjadi Guru
Matematika” sangat bermanfaat bagi penulis khususnya dan para guru pada umumnya. Hal ini
dikarenakan banyak hal / pengetahuan baru yang berkaitan dengan bagaimana
menyampaikan pelajaran matematika kepada para siswa agar mudah dipahami yang
pada akhirnya dapat meningkatan hasil dan prestasi siswa dalam mamta pelajaran
matematika.
Penulis
berharapa semoga kegiatan Diklat semacam ini dapat diadakan secara kontinu di
masa-masa yang akan datang.
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kegiatan
Pengembangan diri berkelenajutan (PKB) dapat dilakukan melalui dua cara /
kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Semua kegiatan
yang dilakukan oleh guru di KKG / MGMP termasuk kedalam kegiatan kolektif guru,
sedangkan kegiatan yang dilaksanakan diluar kolektif salah satunya termasuk
kedalam diklat fungsional. Yaitu diklat yang diadakan oleh dinas pendidikan
baik dinas pendidikan kota/kabupaten maupun provinsi.
Seorang guru yang melaksanakan
pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya,
disamping meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru juga
mendapatkan penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk
pengembangan karirnya. Sehingga dengan adanya pengembangan diri ini mempermudah
guru untuk meningkatkan kompetensi guru dan memperoleh angka kredit.
B.
Saran-saran
Diharapkan
dengan adanya kegiatan pengembangan diri ini, pendidik tidak hanya mendapatkan
ilmu atau wawasan tetapi juga diharapkan dapat menerapkan ilmu tersebut baik
kepada peserta didik maupun teman sejawat.
0 Response to "Laporan untuk memperoleh Angka Kredit"
Post a Comment