LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
KEGIATAN PELATIHAN GURU SD UNTUK
MEMENUHI STANDAR KOMPETENSI
DIAJUKAN UNTUK MEMPEROLEH ANGKA KREDIT
JABATAN FUNGSIONAL GURU
DISUSUN OLEH :
NAMA : SUWARDI, S.Pd. SD
NIP : 196904062003121005
UNIT KERJA : SD NEGERI 215/IX TANJUNG SARI
PEMERINTAH KABUPATEN MUARO JAMBI
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SD NEGERI 215/IX TANJUNG SARI
KECAMATAN BAHAR SELATAN
2019
IDENTITAS GURU
1. Nama Sekolah : SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
2. Nama Guru : Suwardi, S.Pd.SD
3. NIP : 19690 0406 2003 121005
4. NUPTK : 0738 7476 4920 0012
5. Sertifikasi : No. 1081 3027 00146
6. Jabatan / Gol. Guru : Guru Muda / Penata, IIIc
7. Alamat Sekolah
a. Nama Jalan : -
b. Lingkungan Rt dan : Rt. 07
Kelurahan / Desa : Tanjung Sari
c. Kecamatan : Bahar Selatan
d. Kabupaten : Muaro Jambi
e. Provinsi : Jambi
f. Telpon / Hp : -
8. Mengajar Pelajaran :
9. SK Pengangkatan
a. Sebagai CPNS
1. Pejabat Yang Mengangkat : Bupati Muaro Jambi
2. No. SK : 813.2 / 106 / UP
3. Tanggal SK : 23 Januari 2004
b. Pangkat Terakhir
1. Pejabat Yang Mengangkat : Bupati Muaro Jambi
2. No. SK : 823 / 382 / IV / BKD / 2018
3. Tanggal SK : 12 Maret 2018
10. Alamat Rumah
a. Nama Jalan : Jalur 1
b. Lingkungan Rt dan : Rt. 01
Kelurahan / Desa : Tanjung Sari
c. Kecamatan : Bahar Selatan
d. Kabupaten : Muaro Jambi
e. Provinsi : Jambi
f. Telp / Hp : 0822 8225 9385
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
Nama Guru : Suwardi, S.Pd.SD
NIP : 19690 0406 2003 121005
Jabatan / Gol. Guru : Guru Muda / Penata, IIIc
NUPTK : 0738 7476 4920 0012
Tempat Tugas : SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
Jabatan : Guru Kelas
KEGIATAN PELATIHAN GURU SD UNTUK
MEMENUHI STANDAR KOMPETENSI
Membenarkan bahwa isi dalam Laporan Kegiatan Pengembangan Diri ini adalah sesuai yang dilakukan dan hasil tulisan asli yang bersangkutan.
Muaro Jambi, April 2019
Kepala Sekolah / Koordinator PKB
NASARUDDIN, S.Pd
NIP. 197007071997031002
KATA PENGANTAR
Puji Syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan Karunia-Nya maka penulis dapat menyelesaikan Laporan Pengembangan Diri sesuai waktu yang ditentukan.
Penulis sadar sepenuhnya bahwa Laporan Pengembangan Diri dapat diselesaikan berkat bantuan, bimbingan, arahan, dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada :
1. Bapak Nasaruddin, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Negeri 215/IX Tanjung Sari yang telah menugaskan kepada penulis untuk mengikuti Kegiatan Pengembangan Diri yang telah penulis laksanakan.
2. Bapak / Ibu guru seprofesi yang telah member bantuan untuk terselesaikannya Penulisan Laporan ini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan Laporan ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan, baik dalam penyusunan, penyajian, maupun sistematik penulisannya. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik serta saran yang konstruktif dari semua pihak guna kesempurnaan laporan ini.
Namun demikain penulis sangat berharap agar laporan ini diterima dan bermanfaat.
Muaro Jambi, April 2019
Penulis,
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL …………………………………………………………i
INDENTITAS GURU ………………………………………………………….ii
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………….iv
KATA PENGANTAR ………………………………………………………….v
DAFTAR ISI …………………………………………………………………...vi
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………1
A. LATAR BELAKANG
B. TUJUAN
C. MANFAAT
BAB II LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI …………………3
“KEGIATAN PELATIHAN GURU SD UNTUK MEMENUHI STANDAR KOMPETENSI ”
BAB III PENUTUP ……………………………………………………………6
A. KESIMPULAN
B. SARAN
LAMPIRAN – LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Guru sebagai tenaga pendidik professional adalah guru yang hanya merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki, seorang guru sebagai tenaga professional hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga layanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layanann yang semakin berkualitas. Tugas seorang guru yang professional tidak hanya dituntut memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik saja melainkan juga harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkkan keprofesionalismenya. Menurut Permeneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan berkelanjutan melalui 3 komponen yaitu :
1. Melaksanakan penegmbangan diri
2. Melakukan publikasi ilmiah, dan
3. Menemukan dan menciptakan karya inovatif
Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu Diklat Fingsional dan Kegiatan Kolektif Guru (KKG). Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) lainnya disamping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru, juga mendapatkan penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangann karirnya.
B. Tujuan
Berdasarkan paparan diatas, pengembangan diri dapat dilakukan penulis dengan tujuan :
1. Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada sekolah dan peserta didik.
2. Mengumpulkan angka kredit yang diisyaratakan untuk kenaikan pangkat / jabatan setingkat lebih tinggi.
C. Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari Pelatihan guru SD untuk memenuhi Standar Kompetennsi dalam kabupaten Muaro Jambi ini adalah sebagi berikut :
1. Bagi peserta didik akan memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang lebih baik.
2. Bagi guru dapat memenuhi Standar nasional pendidikan yang diharapkan, serta dapat meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan tugas utamanya secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.
3. Bagi orang tua / masyarakat akan memperollehh jaminan bahwa anak mereka mendapatkan layanan yan berkualitas dan pengalaman belajar yang efektif.
4. Bagi pemerintah akan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan professional.
BAB II
LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
A. Laporan Kegiatan Pelatihan Guru SD Untuk Memenuhi Standar Kompetensi Dalam Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2019
1. Bagian Awal
a. Judul diklat yang diikuti : Kegiatan Pelatihan Guru SD Untuk
Memenuhi Standar Kompetensi
Dalam Kabupaten Muaro Jambi.
b. Waktu pelaksanaan : Tanggal 27 s.d 29 Maret 2019
c. Tempat Penyelenggaraan : Hotel Shang Ratu Jambi
d. Tujuan Umum : Meningkatkan kompetensi guru,
Pedagogik, Kepribadian, Sosial,
Profesional.
e. Lama Waktu Pelaksanaan : 3 hari (30 Jam)
f. Surat tugas dari : Kepala Sekola SD Negeri 215/IX
Tanjung Sari (Terlampir).
g. Penyelenggara / Pelaksana : Bidang Pembinaan ketenagaan
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Muaro Jambi
h. Foto kopi sertifikat :
Nomor : 861 / 84 / PKT / Disikbud - 2019 (Terlampir)
2. Bagian Isi Laporan
a. Tujuan dan alas an mengikuti kegiatan Pelatihan Guru SD untuk Memenuhi Standar Kompetensi
1. Meningkatkan Kompetensi Pedagogik yang meliputi :
- Menguasai karateristik peserta didik
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
- Pengembangan kurikulum
- Kegiatan pembelajaran yang mendidik
- Pengembangan potensi peserta didik
- Komunikasi dengan peserta didik
- Penilaian dan evaluasi
2. Meningkatkan Kompetensi Kepribadian yang meliputi :
- Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, social, dan kebudayaan nasional
- Menunjukan pribadi yang dewasa dan teladan
- Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru.
3. Meningkatkan Kompetensi Sosial yaitu :
- Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif.
- Komunikasi dengan sesame guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
4. Meningkatkan Kompetensi Profesional yaitu :
- Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuwan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
- Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif.
b. Alasan mengikuti diklat/kegiatan :
Kurangnya pemahaman guru dalam tupoksinya sebagai guru khususnya dalam empat kompetensi sebagaimana diuraikan diatas tadi (Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosisal, dan Profesional).
B. DESKRIPSI MATERI KEGIATAN
1. Pembukaan
Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi menekankan pentingnya guru harus memiliki kompetensi yang diharapkan mempu menjawab kemajuan zaman yang semakin maju, Guru dituntut untuk selalu mengembangkan potensinya.
2. Best Practice Pembelajaran
Best Practice merupakan pengalaman terbaik atas keberhasilan (guru, kepala sekolah, dan pengawas) dalam mengelola pendidikan yang disebar luaskan kepada khalayak baik secara langsung / tidak langsung melalui berbagai media (tulisan, foto, video, dll).
3. Penyusunan RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
4. Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Tingkat Tinggi (HOTS)
berfikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berfikir yang tidak sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).
5. Penilaian Berorientasi HOTS
Karakteristik soal HOTS
a. Mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami.
b. Berbasis permasalahan kontekstual
c. Stimulus menarik
d. Tidak familiar
e. Kebaruan
6. Penutupan
Acara ditutup oleh Panitia pelaksana atas nama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi dalam sambutannya disampikan agar sekembalinya dari acara ini para peserta bisa mendeminasikan ilmu yang diperoleh dari kegiatan ini kepada terman sejawat ditempat tugas dimana peserta bertugas.
C. Tindak lanjut yang akan atau telah dilaksanakan oleh guru peserta
kegiatan adalah sebagai berikut :
1. Penulis akan mendesimilasikan hasiil kegiatan yang diperoleh kepada teman-teman guru disekolah penulis bertugas dengan jadwal yang akan dibicarakan terlebih dahulu dengan kepala sekolah selaku coordinator PKB.
2. Penulis akan mengimplementasikan secara optimal ilmu yang diperoleh selama mengikuti kegiatan disekolah tempat penulis bertugas.
D. Dampak Setelah mengikuti Kegiatan
Setelah penulis menerapkan hasil kegiatan ini disekolah meka berdampak terhadap peningkatan kompetensi terkait dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Secara khusu kegiatan ini berdampak pada meningkatnya kompetensi tenaga pendidik dalam mengembangkan perangkat penilian, menganalisis soal-soal dan mengembangkan soal-soal HOTS, serta dapat membagikan dilingkungan kerja masing-mmasing (sekolah).
E. Penutup
Penyelenggaraan kegiatan Pelatihan Guru SD untuk Memenuhi Standar Kompetensi dalam kabupaten Muaro Jambi sangat bermanfaat bagi penulis khususnya dan para guru pada umumnya.
Hal ini sebagai langkah untuk mewujudkan kuallitas guru menuju guru professional dalam bidang pendidikan disekolah. Kegiatan pengembangan Keprofesian berkelnajutan (PKB) juga dapat membuka wawasan pengetahuan serta meningkatkan kompetensi guru melalui ketermapilan proses dan berfikir ilmiah yang bermanfaat dalam tugas pembelajaran (PBM) disekolah. Dan pada gilirannya akan meningkatkan prestasi dan hasil belajar peserta didik.
0 Response to "Laporan Kegiatan Pengembangan Diri Guru SD"
Post a Comment