(DOC) Laporan Pembinaan Kepemudaan tentang olahraga voli
LAPORAN
PEMBELAJARAN BERWAWASAN KEMASYARAKATAN PEMBINAAN KEPEMUDAAN TENTANG
PELATIHAN OLAHRAGA VOLLEY
BALL
DESA TANJUNG
SARI KECAMATAN BAHAR
SELATAN
DISUSUN OLEH
NAMA : MUSLIMAN
NIM
: 825 785 388
SEMESTER : VII
POKJAR : KOTA
JAMBI
UPBJJ : JAMBI
PROGRAM S-1 PGSD
UNIVERSITAS TERBUKA
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur kehadirat Allah SWT,Sholawat beserta salam semoga
dilimpahkan kepada Nabi Muhamad SAW, dan kepada
keluarganya serta kepada sahabat-sahabatnya dan atas rahmat dan hidayahNya
penulis dapat membuat laporan tentang praktek Pembelajaran Berwawasan
Kemasyarakatan yang dilaksanakan di Desa Tanjung Sari. Laporan ini sebagai
syarat untuk menyelesaikan mata kuliah pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
bagi mahasiswa S.1 PGSD. Laporan ini berisi tentang praktek pembinaan
kepemudaan yang bertujuan untuk mengenal dan mengetahui seberapa besar minat
masyarakat tentang kegiatan kepemudaan dan keolahragaan. Penulis dapat
menyelesaikan laporan ini atas bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak.Untuk
itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
o Rosidah, M.Pd selaku Tutor
Pembimbing
o Bakhori Lubis, SE selaku Kepala Desa Tanjung
Sari
o Syamsul Bahri, S.Pt selaku Ketua Karang
Taruna
o Rekan-rekan Pemuda Binaan
o Rekan-rekan mahasiswa S1 PGSD UT
Tak ada gading yang tak retak, penulis
menyadari bahwa dalam penulisan laporan praktek ini tentu tidak luput dari
kesalahan dan kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang
sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan praktek ini.
Akhir kata penulis berharap semoga laporan yang sangat sederhana ini bermanfaat
bagi kita semua.Amin ya rabbal ‘alamin.
Tanjung Sari, 2018
Penulis
MUSLIMAN
NIM : 825785388
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL....................................................................................
i
KATA PENGANTAR..................................................................................
ii
DAFTAR
ISI................................................................................................
iii
BAB I PENDAHULUAN
a. Latar Belakang........................................................................................... 1
b. Tujuan Kegiatan......................................................................................... 1
c. Manfaat Kegiatan Secara
Umum............................................................... 1
BAB II PELAKSANAAN PROGRAM
a. Tempat/Waktu
Pelaksanaan....................................................................... 2
b. Materi
Kegiatan......................................................................................... 4
c. Strategi dan Deskripsi Jalannya
Kegiatan.................................................. 5
BAB III TEMUAN DAN HASIL
a. Temuan/Hasil Hasil Evaluasi
Proses.........................................................
8
b. Temuan Produk..........................................................................................
8
c.
Pembahasan................................................................................................
9
BAB IV KESIMPULAN, SARAN, DAN TINDAK LANJUT
a.
Kesimpulan................................................................................................ 11
b.
Saran...........................................................................................................11
c. Tindak
Lanjut............................................................................................ 12
LAMPIRAN-LAMPIRAN..........................................................................
11
- Surat Rekomendasi
Kegiatan.....................................................................
13
- Format Identifikasi Kebutuhan Kegiatan
Kepemudaan (Lampiran 1)....... 14
- Daftar Hadir Warga
Belajar (Lampiran 2).................................................
16
- Foto Kegiatan (Lampiran 3).......................................................................
16
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan mengaju pada undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional pada pasal 26 ayat 4 tercantum bahwa satuan pendidikan non formal terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat belajar masyarakat, majelis hakim serta satuan pendidikan yang sejenis.
Oleh karena itu, perlu adanya suatu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui pembinaan yang terarah sehingga para pemuda biasa memperoleh pendidikan dan keterampilan. Untuk mengoptimalkan sumber daya masyarakat/pemuda, kami selaku praktikan mengadakan suatu pembekalan atau pembinaan kepada para pemuda, salah satu jenis kegiatan kepemudaan yang dapat digali dan dimanfaatkan sumberdaya manusianya adalah bidang olahraga khususnya bola voly, sebagaimana kata pepatah mengatakan “ Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Selain menyehatkan olahraga juga dapat mempersatukan seseorang, kelompok bahkan Negara sekalipun. Semoga dengan kegiatan ini masyarakat khususnya pemuda dapat terhndar dari Narkoba, tindak criminal dan pergaulan bebas.
B. Tujuan
1. Meningkatkan dan mengembangakan potensi pemuda di bidang olahraga.
2. Meningkatkan dan memantapkan pengetahuan pemuda.
C. Manfaat
Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah ;
1. Dapat meningkatkan potensi dan bakat pemuda
2. Meningkatkan prestasi pemuda dalam bidang olahraga.
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM
A. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
1. Tempat Pelaksanaan
Praktik pembinaan program kepemudaan dilaksanakan di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi.
2. Waktu Pelaksanaan
Praktik kegiatan ini di lakukan selama 2 bulan, mulai dari tanggal 7 Oktober 2018 sampai 25 November 2018. Jadwal Sosialisasi ( pemberitahuan, penjelasan ) pelaksanaan Program Praktik teknik bermain bola voly pada sore hari, pukul 16.00 – 17.30 WIB. Waktu ini dipilih karena wajib belajar baru ada di rumah pada siang hari.
a. Tabel Jadwal Sosialisai
No. Pertemuan Hari, tanggal Tempat Materi Waktu
1. I Rabu,
17-10-2018 Aula Kantor Desa tanjung Sari Konsultasi tentang teknik dasar bermain voli dan manfaat yang di peroleh serta prestasi ± 2 Jam
2. II Kamis,
18-10-2018 Aula Kantor Desa tanjung Sari Konsultasi dengan Ketua Karang Taruna mengenai rencana pelaksanaan program dan pembahasan rencana perekrutan warga belajar yang akan praktik. ± 2 Jam
3. III Senin,
22-10-2018 Aula Kantor Desa tanjung Sari 1. Penjaringan warga belajar yang akan dibina oleh praktikan yang didampingi tokoh masyarakat.
2. Mendata warga belajar yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan program. ± 2 Jam
b. JADWAL PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTIK WARGA BELAJAR
No. Pertemuan Hari, tanggal Tempat Materi Waktu
1. I Kamis,
25-10-2018 Lingkungan Desa Tanjung Sari 1. Perkenalan warga belajar dengan pratikum.
2. Pendataan ulang biodata warga belajar.
3. Penjelasan / sosialisasi maksud dan tujuan program praktik pembinaan kepemudaan.
4. Penjelasan teknik bermain bola voli ±2 Jam
2. II Senin,
29 –10-2018 Lingkungan Desa Tanjung Sari 1. Penjelasan teknik dasar bola voli
2. Penjelasan teknik passing bola kepada teman
3. Penjelasan teknik service bola
4. Penjelasan teknik pass menerima sevice lawan
5. Penjelasan passing bawah dan atas
6. Evaluasi hasil. ± 2Jam
3. III Rabu,
31-10-2018 Lingkungan Desa Tanjung Sari 1. Penjelasan ulang teknik passing bola
2. Praktikan passing bola bersama-sama warga belajar
3. Penjelasan teknik umpan bola untuk smash
4. Penjelasan teknik smash.
5. Evaluasi hasil belajar. ± 2Jam
B. Materi Kegiatan
1. Materi Pelatihan :
• Pengenalan alat permaianan bola voli.
• Teknik service dan passing.
• Pengenalan smash yang baik dan benar.
2. Alat dan bahan permaianan :
• Bola
• Net
• Tiang untuk net
C. Strategi dan Deskripsi Kegiatan
No Pertemuan Hari, tanggal Tempat Materi Waktu
1. I Senin,
05-11-2018 Lingkungan Desa Tanjung Sari • Konsultasi tentang rencana dan persiapan pelaksanaan permaianan bola voli dengan warga belajar desa Sungai Jering kel. Sngai Lilin Jaya ± 2 Jam
2. II Rabu,
07-11-2018 Lingkungan Desa Tanjung Sari 1. Konsultasi dengan pejabat pendidikan luar sekolah mengenai rencana pelaksanaan program.
2. Pembahasan rencana perekrutan warga belajar yang akan praktik. ± 2 Jam
3. III Sabtu
10-11-2018 Lingkungan Desa Tanjung Sari 1. Penjaringan warga belajar yang akan dibina oleh praktikan yang didampingi tokoh masyarakat.
2. Mendata warga belajar yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan program.
± 2 Jam
4. IV Senin,
12-11-2018 Desa Tanjung Sari 1. Perkenalan warga belajar dengan pratikum dan Pendataan ulang biodata warga belajar.
2. Penjelasan / sosialisasi maksud tujuan program praktik pembinaan kepemudaan.
3. Penjelasan mengenai permainan bola voli ± 2 Jam
5. V Kamis,
15-11-2018
Desa Tanjung Sari 1. Penjelasan alat-alat dalam permaianan bola voli
2. Teknik dasar dalam permaianan bola
3. Penjelasan mengenai teknik-teknik dasar passing atas,bawah, umpan smash, smash dan sevice.
4. Evaluasi hasil. ± 2 Jam
6. VI Jum’at,
16-11-2018 Desa Tanjung Sari 1. Penjelasan ulang mengenai teknik-teknik permaianan bola voli
2. Praktikan memperagakan yang telah di sampaikan
3. Praktikan bersama-sama warga belajar melakukan praktik permaianan bola voli
4. Evaluasi hasil belajar. ± 2 Jam
BAB III
TEMUAN DAN HASIL
A. Temuan atau Hasil Evaluasi Proses
Selama kegiatan didapatkan data :
NO N A M A EVALUASI PROSES JML KET
Passing Umpan Smash Smash Service
A B C D E F G H
1. Wawan 15 25 20 25 85 SANGAT BAIK
2. Jamal 15 15 15 15 50 CUKUP
3. Erwin 25 25 25 20 95 SANGAT BAIK
4. Dayat 25 20 20 20 85 SANGAT BAIK
5. Leo 20 20 15 25 80 BAIK
6. Arif 15 15 15 15 60 CUKUP
7. Abi 15 15 20 15 65 BAIK
Keterangan :
• Masing-masing kriteria ( C, D, E, F ) mempunyai nilai tertinggi 25 dengan spesifikasi 10 = kurang, 15 = cukup, 20 = baik, dan 25 = sangat baik.
• Keterangan penilaian ( H ) menerangkan Jumlah ( G ) secara global, dengan rentangan nilai :
0 - 40 = Kurang
45 - 60 = Cukup
65 - 80 = Baik
80 - 100 = Sangat baik
B. Temuan Produk
Temuan pada pelatihan ini, setiap warga belajar mampu :
1. Melakukan passing dengan benar
2. Melakukan sevice secara tepat sasaran.
3. Mempraktekkan permaianan bola voli dengan baik dan benar
Penilaian Hasil Praktek Permainan Bola Voli Warga Belajar
NO N A M A PRAKTEK JML KET
Passing Umpan Smash Smash Service
A B C D E F G H
1. Wawan 15 25 20 25 85 SANGAT BAIK
2. Jamal 15 15 15 15 50 CUKUP
3. Erwin 25 25 25 20 95 SANGAT BAIK
4. Dayat 25 20 20 20 85 SANGAT BAIK
5. Leo 20 20 15 25 80 BAIK
6. Arif 15 15 15 15 60 CUKUP
7. Abi 15 15 20 15 65 BAIK
Keterangan :
• Masing-masing kriteria ( C, D, E, F ) mempunyai nilai tertinggi 25 dengan spesifikasi 10 = kurang, 15 = cukup, 20 = baik, dan 25 = sangat baik.
• Keterangan penilaian ( H ) menerangkan Jumlah ( G ) secara global, dengan rentangan nilai :
0 - 40 = Kurang
45 - 60 = Cukup
65 - 80 = Baik
80 - 100 = Sangat baik
C. Pembahasan
Dari hasil pengamatan demontrasi, praktek permainan bola volley oleh warga belajar, dapat diketahui bahwa :
a. Wawan
Mempunyai potensi yang baik dalam permainan bola voli, bisa cepat mengerti, memahami dan menyerap materi dengan baik. Tetapi keaktifannya didalam kegiatan permaianan masih kurang dikarenakan terbatasnya waktu yang dia punya..
b. Jamal
Mempunyai potensi yang cukup dalam permainan bola voli, cukup mengerti, memahami dan menyerap materi dengan baik. Tetapi keaktifannya masih kurang terutama pada saat passing kepada teman.
c. Erwin
Mempunyai potensi yang sangat baik permainan bola voli, bisa cepat mengerti, memahami dan menyerap materi dengan baik. Dari segi keaktifannya individu ini sangat baika apalagi Teknik service dan smashnya juga sangat baik.
d. Dayat
Mempunyai potensi yang baik dalam permainan bola voli, Cukup bisa mengerti, memahami dan menyerap materi dengan baik. Yang perlu dikembangkan dan di tingkatkan lagi adalah teknik service dan passing.
e. Leo
Mempunyai potensi yang baik dalam permainan bola voli, Cukup bisa mengerti, memahami dan menyerap materi dengan baik. Yang perlu ditingkatan lagi adalah keberaniannya didalam teknik smash
f. Arif
Mempunyai potensi cukup dalam permainan bola voli, Cukup bisa mengerti, memahami dan menyerap materi dengan baik. Yang perlu dikembangkan lagi adalah teknik passing kepada teman.
g. Abi
Mempunyai potensi yang baik dalam permainan bola voli, Cukup bisa mengerti, memahami dan menyerap materi dengan baik. Yang perlu ditingkatkan lagi adalah keberaniannya didalam umpan smash dan smash.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Generasi muda merupakan penerus pembangunan bangsa yang perlu dibina, untuk itu diperlukan konsep yang tepat untuk menumbuhkembangkan motivasi dan kreatifitas nya. Selama kegiatan pelatihan, 7 warga belajar yang mengikuti sangat antusias, bersemangat, aktif dalam melakukan permainan bola voli.
Selama ini belum pernah diberikan pelatihan kepada pemuda untuk mengembangkan bakat meraka dalam bidang olahraga terutama bola volley Setelah mengikuti pelatihan ini pemuda di Desa Tanjung Sari Kecamatan Bahar Selatan berharap bisa mengembangkan prestasi mereka dalam olahraga, jadi tidak hanya sekedar mendapatkan tubuh yang sehat akan tetapi juga bisa mendapatkan prestasi dan membanggakan desa mereka dan tidak menutup kemungkinan meraka akan menjadi atlet nasional.
B. SARAN
a. Untuk Warga Belajar / pemuda
• Jangan pernah malas untuk berolahraga
• Tingkatkan kreatifitas dan kembangkan potensi dalam diri
• Terus berprestasi dalam bidang olahraga khususnya bola voli.
b. Untuk Kepala Desa
Karang taruna merupakan Organisasi Kepemudaan yang berada ditingkat desa. Diharapkan kepada kepala desa tanggap dan mendukung peran aktif Karang Taruna. Karena melalui Karang Taruna, potensi kepemudaan desa setempat bisa terangkat dan potensinya bisa terarah positif. Kepala Desa diharapkan bisa mengalokasikan dana untuk Karang Taruna sehingga bisa menunjang kegiatan dan opersional organisasi kepemudaan ini.
c. Untuk Ketua Karang Taruna
Didalam mengembangan dan mengoptimalkan sumberdaya masyarakat dan pemuda tidak lepas dari peran aktif dari tenaga organisasi karang taruna. Ketua karang taruna sangat dibutuhkan peran aktifnya didalam organisasi kepemudaan Karang Taruna. Yaitu sebagai penggerak dan pihak yang mengawasi aktifitas para pemuda yang belajar berkembang melalui Karang Taruna.
Apabila para pemuda mengikuti pelatihan dan praktek langsung, maka para pemuda akan lebih mudah menyerap materi dan teori yang telah disampaikan. Ketua karang taruna jangan diharapkan dapat menggerakkan organisasi ini, karena organisasi karang taruna bertujuan mengoptimalkan keterampilan, bakat dan tenaga kepemudaan di tingkat desa.
C. TINDAK LANJUT
Kegiatan pembinaan dan pelatihan olahraga bola voli ini dilaksanakan secara terprogram dan terencana secara terpadu dan diharapkan berkelanjutan. Program pelatihan ini diharapkan bisa mendayagunakan dan mengoptimalkan bakat dan kreatifitas pemuda. Melalui pelatihan ini diharapkan pemuda bisa berprestasi dikemudian hari serta menjadi atlet nasional.
Link Download :
PEMERINTAH KABUPATEN MUARO JAMBI
KECAMATAN BAHAR SELATAN
DESA TANJUNG SARI
Alamat : Desa Tanjung Sari Kode Pos : 36366
SURAT REKOMENDASI KEGIATAN
Nomor :
Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa Tanjung Sari Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi, memberikan rekomendasi kepada :
Nama : MUSLIMAN
NIM : 825785388
Program Studi : S1 PGSD
Pokjar : Kota Jambi
Alamat : Desa Tanjung Sari Kec. Bahar Selatan Kab. Muaro Jambi
Untuk melaksanakan kegiatan Kepemudaan “Mengembankan Bakat Pemuda Tanjung Sari Desa Tanjung Sari Dalam Bidang Olahraga Bermain Bola Voli” guna memenuhi tugas kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan, Semester VII S1 PGSD Universitas Terbuka di Desa Tanjung Sari Kecamatan Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi.
Demikianlah Surat Rekomendasi ini dibuat untuk dapat dipergunakan sesuai ketentuan.
Tanjung Sari, Oktober 2018
Kepala Desa
Bakhori Lubis,SE
Lampiran 1
FORMAT IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KEGIATAN KEPEMUDAAN
Nama Mahasiswa : MUSLIMAN
NIM : 825 785 388
POKJAR : Kota Jambi
UPBJJ-UT : Jambi
No Nama Pemuda Identitas Minat Kegiatan Kepemudaan Cita-cita
Jenis Kelamin Usia Pendidikan
1. Wawan L 30 SMA Bola Voli -
2. Jamal L 21 SMP Jalan-jalan TNI
3. Erwin L 27 D3 Sepak Bola Perawat
4. Dayat L 19 SMA Membaca Polisi
5. Leo L 18 SMP Bola Voli Pilot
6. Arif L 26 SMA Makan Wiraswasta
7. Abi L 17 SMA Membaca Dokter
Kepala Desa
Bakhori Lubis, SE Tanjung Sari, Oktober 2018
Ketua Karang Taruna
Syamsul Bahri, S.Pt
Tutor PBK
Rosidah, M.Pd
NIP. 198606042009032004
PROGRAN PELATIHAN BOLA VOLI
Penilaian Hasil Praktek Bola Voli Warga Belajar
NO N A M A PRAKTEK JML KET
Passing Umpan Smash Smash Service
A B C D E F G H
1. Wawan 15 25 20 25 85 SANGAT BAIK
2. Jamal 15 15 15 15 50 CUKUP
3. Erwin 25 25 25 20 95 SANGAT BAIK
4. Dayat 25 20 20 20 85 SANGAT BAIK
5. Leo 20 20 15 25 80 BAIK
6. Arif 15 15 15 15 60 CUKUP
7. Abi 15 15 20 15 65 BAIK
Lampiran II
NO NAMA PERTEMUAN KET
I II III
7-3-2012 8-3-2012 10-3-2012
1. Wawan
2. Jamal
3. Erwin
4. Dayat
5. Leo
6. Arif
7. Abi
DAFTAR HADIR WARGA BELAJAR
MENGETAHUI
Kepala Desa
Bakhori Lubis,SE
Lampiran III
Foto Kegiatan Warga Peserta
Gambar 1
Lapangan dan Bola Voli
Gambar 2.
Proses Kegiatan Sosialisai dan pengenalan permainan bola voli
Gambar 3
Pratikan mempraktekkan teknik yang sudah dipelajari
Gambar 4.
Praktikan melaukan permainan bola voli
0 Response to "(DOC) Laporan Pembinaan Kepemudaan tentang olahraga voli"
Post a Comment