Contoh Format Pengusulan Judul Skripsi
FORMAT PENDAFTARAN JUDUL SKRIPSI
Nama Mahasiswa : Siti Nurjanah
NIM : 1402907269
Semester : 4
I. Identifikasi masalah dalam PTK
a. Kemukakan masalah-masalah yang anda hadapi ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( yang berkaitan dengan penggunaan media,strategi,modek, system penilaian , implementasi kurikulum ).
1. Mata pelajaran Bahasa Indonesia sering diremehkan oleh sebagian besar siswa bahkan dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan, khususnya dalam aspek menulis.seperti yang terjadi pada siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
2. Rendahnya minat siswa pada mata pelajaran IPA dapat diminimalisir dengan menggunakan suatu pendekatan yang inovatif dalam pembelajaran. Dalam hal ini dapat menggunakan pendekatan kontekstual, seperti yang terjadi pada siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
3. Bahasa merupakan komponen yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui bahasa, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain, Akan tetapi pada kenyatannya sebagian besar masyarakat kita, khususnya anak-anak dan remaja lebih suka menggunakan Bahasa Indonesia yang sudah mendapatkan pengaruh dari bahasa lain, atau yang lebih dikenal dengan bahasa “gaul”. Sedangkan Bahasa Indonesia hanya digunakan oleh orang-orang tertentu dan dalam situasi tertentu pula. Dengan demikian tanpa disadari Bahasa Indonesia akan semakin terpinggirkan dengan sendirinya.
4. Pada umumnya mata pelajaran Matematika kurang diminati oleh sebagian besar siswa.Hal tersebut dikarenakan kurangnya pendekatan guru dalam menggunakan metodologi pembelajaran sehingga siswa merasa bahwa Matematika merupakan suatu pelajaran yang paling sulit dan kurang di minati baik dalam pembelajaran maupun ketika mengerjakan soal.seperti yang terjadi pada siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
5. Kenyataan di lapangan terutama tempat penulis bekerja tepatnya kelas II SD Negeri Tambakrejo 01,Kec.Gayamsari,Semarang.khususnya mata pelajaran IPA motivasi dan hasil belajar siswa sangat rendah, aktivitas siswa kurang semangat,terbukti dengan hasil taraf serap dalam tes formatif rata-rata 5,8.
b. Pilih salah satu masalah yang menurut anda paling mendesak untuk dipecahkan
1. Mata pelajaran Bahasa Indonesia sering diremehkan oleh sebagian besar siswa bahkan dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan, khususnya dalam aspek menulis.seperti yang terjadi pada siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
c. Berikan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk segera di carikan pemecahannya!
1. Bahasa merupakan komponen yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui bahasa, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain, sehingga hubungan antar sesama dapat terjalin dengan baik. Selain itu, bahasa juga dapat menunjukkan pribadi seseorang bahkan pribadi suatu bangsa. Sebagian besar anggota masyarakat beranggapan bahwa orang yang santun dalam berbahasa pasti memiliki kepribadian yang baik pula.
2. Bahasa Indonesia bagi sebagian sekolah merupakan bahasa pengantar yang dipakai untuk menyampaikan materi pelajaran yang lain. Pembelajaran bahasa Indonesia berfungsi membantu peserta didik untuk mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat dengan menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif
d. Faktor-faktor penyebab munculnya yang dirumuskan tersebut!
1. Penjelasan guru kurang menarik karena hanya dengan membaca materi lewat buku cetak.
2. Penjelasan guru tidak menggunakan model atau alat peraga.
3. Kesulitan siswa dalam menulis biasanya dilihat ketika siswa diminta untuk menulis sebuah karangan sederhana,mendeskripsikan suatu benda ataupun ketika menuliskan puisi,mereka sering mengeluh dan terlihat bingung dengan apa yang ingin mereka tulis.
e. Dapatkan satu alternatif pemecahan masalah untuk memecahan masalah urgent yang anda hadapi tersebut ! Alternatif pemecahan masalah itu bertolak dari analisis dan di dasarkan pada teori tertentu.
1. Penggunaan alat peraga / model,media berupa gambar binatang sebagai media dalam pembelajaran individu.
2. Penjelasan yang sistematis sesuai kurikulum untuk meningkatkan perhatian dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
3. Dilakukan dengan suatu pembelajaran yang inovatif dan diyakini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
f. Tuliskan lokasi penelitian anda !
SD Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang.
II. Judul PTK
Tulis judul PTK yang anda usulkan !
“ PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSI SECARA TERTULIS SISWA KELAS II SEMESTER II SDN TAMBAKREJO 01 KOTA SEMARANG “
Semarang, 23 Maret 2009
Divalidasi Tanggal . . . . . . . Peneliti
Tim Dewan Skripsi,
Siti Nurjanah
NIP. NIM 1402907269
Nama Mahasiswa : Siti Nurjanah
NIM : 1402907269
Semester : 4
I. Identifikasi masalah dalam PTK
a. Kemukakan masalah-masalah yang anda hadapi ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( yang berkaitan dengan penggunaan media,strategi,modek, system penilaian , implementasi kurikulum ).
1. Mata pelajaran Bahasa Indonesia sering diremehkan oleh sebagian besar siswa bahkan dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan, khususnya dalam aspek menulis.seperti yang terjadi pada siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
2. Rendahnya minat siswa pada mata pelajaran IPA dapat diminimalisir dengan menggunakan suatu pendekatan yang inovatif dalam pembelajaran. Dalam hal ini dapat menggunakan pendekatan kontekstual, seperti yang terjadi pada siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
3. Bahasa merupakan komponen yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui bahasa, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain, Akan tetapi pada kenyatannya sebagian besar masyarakat kita, khususnya anak-anak dan remaja lebih suka menggunakan Bahasa Indonesia yang sudah mendapatkan pengaruh dari bahasa lain, atau yang lebih dikenal dengan bahasa “gaul”. Sedangkan Bahasa Indonesia hanya digunakan oleh orang-orang tertentu dan dalam situasi tertentu pula. Dengan demikian tanpa disadari Bahasa Indonesia akan semakin terpinggirkan dengan sendirinya.
4. Pada umumnya mata pelajaran Matematika kurang diminati oleh sebagian besar siswa.Hal tersebut dikarenakan kurangnya pendekatan guru dalam menggunakan metodologi pembelajaran sehingga siswa merasa bahwa Matematika merupakan suatu pelajaran yang paling sulit dan kurang di minati baik dalam pembelajaran maupun ketika mengerjakan soal.seperti yang terjadi pada siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
5. Kenyataan di lapangan terutama tempat penulis bekerja tepatnya kelas II SD Negeri Tambakrejo 01,Kec.Gayamsari,Semarang.khususnya mata pelajaran IPA motivasi dan hasil belajar siswa sangat rendah, aktivitas siswa kurang semangat,terbukti dengan hasil taraf serap dalam tes formatif rata-rata 5,8.
b. Pilih salah satu masalah yang menurut anda paling mendesak untuk dipecahkan
1. Mata pelajaran Bahasa Indonesia sering diremehkan oleh sebagian besar siswa bahkan dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan, khususnya dalam aspek menulis.seperti yang terjadi pada siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
c. Berikan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk segera di carikan pemecahannya!
1. Bahasa merupakan komponen yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui bahasa, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain, sehingga hubungan antar sesama dapat terjalin dengan baik. Selain itu, bahasa juga dapat menunjukkan pribadi seseorang bahkan pribadi suatu bangsa. Sebagian besar anggota masyarakat beranggapan bahwa orang yang santun dalam berbahasa pasti memiliki kepribadian yang baik pula.
2. Bahasa Indonesia bagi sebagian sekolah merupakan bahasa pengantar yang dipakai untuk menyampaikan materi pelajaran yang lain. Pembelajaran bahasa Indonesia berfungsi membantu peserta didik untuk mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat dengan menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif
d. Faktor-faktor penyebab munculnya yang dirumuskan tersebut!
1. Penjelasan guru kurang menarik karena hanya dengan membaca materi lewat buku cetak.
2. Penjelasan guru tidak menggunakan model atau alat peraga.
3. Kesulitan siswa dalam menulis biasanya dilihat ketika siswa diminta untuk menulis sebuah karangan sederhana,mendeskripsikan suatu benda ataupun ketika menuliskan puisi,mereka sering mengeluh dan terlihat bingung dengan apa yang ingin mereka tulis.
e. Dapatkan satu alternatif pemecahan masalah untuk memecahan masalah urgent yang anda hadapi tersebut ! Alternatif pemecahan masalah itu bertolak dari analisis dan di dasarkan pada teori tertentu.
1. Penggunaan alat peraga / model,media berupa gambar binatang sebagai media dalam pembelajaran individu.
2. Penjelasan yang sistematis sesuai kurikulum untuk meningkatkan perhatian dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
3. Dilakukan dengan suatu pembelajaran yang inovatif dan diyakini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang.
f. Tuliskan lokasi penelitian anda !
SD Negeri Tambakrejo 01 Kota Semarang.
II. Judul PTK
Tulis judul PTK yang anda usulkan !
“ PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSI SECARA TERTULIS SISWA KELAS II SEMESTER II SDN TAMBAKREJO 01 KOTA SEMARANG “
Semarang, 23 Maret 2009
Divalidasi Tanggal . . . . . . . Peneliti
Tim Dewan Skripsi,
Siti Nurjanah
NIP. NIM 1402907269
0 Response to "Contoh Format Pengusulan Judul Skripsi"
Post a Comment