CONTOH PROPOSAL ALAT LABORATORIUM IPA
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
1. Teori belajar dan pentingnya media pembelajaran.
Menurut Albert Bandura (dalam Wartono, dkk:2004) dalam teori belajar sosial, ada empat fase dalam belajar yaitu; attensional fase, retention fase, production fase dan motivational fase. Untuk mendapatkan atensi atau perhatian siswa dengan sukarela, guru harus mampu menyuguhkan sesuatu yanag menarik dan menantang dengan peralatan atau media yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan karakteristik peserta didik.
Menurut Jarome Bruner ( Wartono, 2004:7), dalam pengembangan teori belajarnya mengemukakan bahwa pengajaran seharusnya dimulai dari pengalaman langsung (enactive) menuju representasi ikonik, dan baru menuju representasi simbolik (seperti pengguaan kata – kata atau persamaan matematis). Berdasarkan teori tersebut, dalam pembelajaran IPA, alat dan bahan Laboratorium IPA sangat diperlukan karena peserta didik masih berada dalam tahap perkembangan intelektual operasional formal, sehingga untuk mendapatkan pengalaman dan menguasai kompetensi masih sangat memerlukan benda – benda kongkrit.
2. Media Pembelajaran dan CTL
CTL ( Contextual Teaching dan Learning ) merupakan salah satu model pembelajaran yang diharapkan mampu mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan karena siswa belajar sesuai dengan konteksnya. ( Sugiyanto, 2007:3). sedangkan menurut Nurhadi (2003) CTL adalah konsep belajar yang mendorong guru menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sehingga siswa memiliki kompetensi sesuai yang diharapkan, sangat diperlukan media pembelajaran atau alat peraga. Media Pembelajaran dalam Laboratorium IPA yang diperlukan terdiri dari alat dan bahan praktek.
B. Visi dan Misi
Visi
CERDAS, BERAKHLAK MULIA, dan PEDULI LINGKUNGAN
Misi
- Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil dan berakhlak mulia.
- Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap.
- Mewujudkan penyelenggaraan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.
- Mewujudkan Organisasi Sekolah yang harmonis.
- Mewujudkan disiplin, bersikap jujur dan berakhlak mulia kepada seluruh warga sekolah.
- Mewujudkan perlengkapan sarana dan prasarana untuk peningkatan prestasi akademik dan non akademik.
- Mewujudkan pemberdayaan lingkungan yang ASRI (Aman, Sehat, Rapi dan Indah).
- Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan.
- Mewujudkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sosial warga sekolah.
- Mewujudkan 5S ( Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun ) sesama warga sekolah.
Mewujudkan penghijauan sekolah demi kenyamanan dan ketentraman warga sekolah
C. Tujuan
1. Menyediakan peralatan IPA untuk mendukung proses pembelajaran IPA yang berkualitas.
2. Meningkatkan pencapaian kompetensi (prestasi ) siswa.
3. Mewujudkan penyelenggaraan sekolah yang mandiri berdasarkan prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah ( MBS).
4. Mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan nasional yang bermutu melalui pencapaian Standar Nasional Pendidikan.
D. Hasil Yang di Harapkan
1. Pembelajaran IPA berjalan dengan lancar dan berkualitas.
2. Prestasi siswa meningkat.
3. Menjadi sekolah yang mandiri
4. Sekolah dapat memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan.
RENCANA PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN
LABORATORIUM IPA
1. Pentingnya Pemanfaatan dan Pengembangan Laboratorium IPAUntuk meningkatkan mutu pendidikan yang optimal dan untuk mempermudah pengajaran serta pemahaman siswa dalam memahami suatu materi pelajaran dengan beberapa proses pendekatan pembelajaran yang ada maka dirasa sangat perlu dan sangat penting adanya sarana laboratorium IPA di sekolah. Oleh karena itu sangat perlu diadakannya pengembangan serta melengkapi alat-alat laboratorium yang dirasa sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran.
2. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Jangka Panjang Dengan tersedianya alat-alat laboratorium akan dapat memacu prestasi siswa dan menumbuhkembangkan kreativitas siswa, misalnya dalam mengikuti lomba karya ilmiah remaja, lomba siswa berprestasi, dan Olimpiade Sains (IPA)
3. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Jangka Menengah Dengan tersedianya alat-alat laboratorium akan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa.
4. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan 2008 Untuk mempermudah proses pembelajaran dan memberikan inovasi yang baru pada proses pemahaman siswa, serta memberikan motivasi bagi laboran, dan mempermudah proses pengajaranbagi guru, dan sebagai sumber belajar bagi siswa supaya tercipta proses pembelajaran yang menyenangkan.
A. Latar Belakang
1. Teori belajar dan pentingnya media pembelajaran.
Menurut Albert Bandura (dalam Wartono, dkk:2004) dalam teori belajar sosial, ada empat fase dalam belajar yaitu; attensional fase, retention fase, production fase dan motivational fase. Untuk mendapatkan atensi atau perhatian siswa dengan sukarela, guru harus mampu menyuguhkan sesuatu yanag menarik dan menantang dengan peralatan atau media yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan karakteristik peserta didik.
Menurut Jarome Bruner ( Wartono, 2004:7), dalam pengembangan teori belajarnya mengemukakan bahwa pengajaran seharusnya dimulai dari pengalaman langsung (enactive) menuju representasi ikonik, dan baru menuju representasi simbolik (seperti pengguaan kata – kata atau persamaan matematis). Berdasarkan teori tersebut, dalam pembelajaran IPA, alat dan bahan Laboratorium IPA sangat diperlukan karena peserta didik masih berada dalam tahap perkembangan intelektual operasional formal, sehingga untuk mendapatkan pengalaman dan menguasai kompetensi masih sangat memerlukan benda – benda kongkrit.
2. Media Pembelajaran dan CTL
CTL ( Contextual Teaching dan Learning ) merupakan salah satu model pembelajaran yang diharapkan mampu mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan karena siswa belajar sesuai dengan konteksnya. ( Sugiyanto, 2007:3). sedangkan menurut Nurhadi (2003) CTL adalah konsep belajar yang mendorong guru menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sehingga siswa memiliki kompetensi sesuai yang diharapkan, sangat diperlukan media pembelajaran atau alat peraga. Media Pembelajaran dalam Laboratorium IPA yang diperlukan terdiri dari alat dan bahan praktek.
B. Visi dan Misi
Visi
CERDAS, BERAKHLAK MULIA, dan PEDULI LINGKUNGAN
Misi
- Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil dan berakhlak mulia.
- Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap.
- Mewujudkan penyelenggaraan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan.
- Mewujudkan Organisasi Sekolah yang harmonis.
- Mewujudkan disiplin, bersikap jujur dan berakhlak mulia kepada seluruh warga sekolah.
- Mewujudkan perlengkapan sarana dan prasarana untuk peningkatan prestasi akademik dan non akademik.
- Mewujudkan pemberdayaan lingkungan yang ASRI (Aman, Sehat, Rapi dan Indah).
- Mewujudkan kepramukaan yang menjadi suri tauladan.
- Mewujudkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sosial warga sekolah.
- Mewujudkan 5S ( Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun ) sesama warga sekolah.
Mewujudkan penghijauan sekolah demi kenyamanan dan ketentraman warga sekolah
C. Tujuan
1. Menyediakan peralatan IPA untuk mendukung proses pembelajaran IPA yang berkualitas.
2. Meningkatkan pencapaian kompetensi (prestasi ) siswa.
3. Mewujudkan penyelenggaraan sekolah yang mandiri berdasarkan prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah ( MBS).
4. Mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan nasional yang bermutu melalui pencapaian Standar Nasional Pendidikan.
D. Hasil Yang di Harapkan
1. Pembelajaran IPA berjalan dengan lancar dan berkualitas.
2. Prestasi siswa meningkat.
3. Menjadi sekolah yang mandiri
4. Sekolah dapat memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan.
RENCANA PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN
LABORATORIUM IPA
1. Pentingnya Pemanfaatan dan Pengembangan Laboratorium IPAUntuk meningkatkan mutu pendidikan yang optimal dan untuk mempermudah pengajaran serta pemahaman siswa dalam memahami suatu materi pelajaran dengan beberapa proses pendekatan pembelajaran yang ada maka dirasa sangat perlu dan sangat penting adanya sarana laboratorium IPA di sekolah. Oleh karena itu sangat perlu diadakannya pengembangan serta melengkapi alat-alat laboratorium yang dirasa sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran.
2. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Jangka Panjang Dengan tersedianya alat-alat laboratorium akan dapat memacu prestasi siswa dan menumbuhkembangkan kreativitas siswa, misalnya dalam mengikuti lomba karya ilmiah remaja, lomba siswa berprestasi, dan Olimpiade Sains (IPA)
3. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan Jangka Menengah Dengan tersedianya alat-alat laboratorium akan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa.
4. Rencana Pemanfaatan dan Pengembangan 2008 Untuk mempermudah proses pembelajaran dan memberikan inovasi yang baru pada proses pemahaman siswa, serta memberikan motivasi bagi laboran, dan mempermudah proses pengajaranbagi guru, dan sebagai sumber belajar bagi siswa supaya tercipta proses pembelajaran yang menyenangkan.
PENUTUP
Dengan tersedianya alat-alat laboratorium yang memadai dan mendekati Standar Nasional Pendidikan maka akan membawa dampak yang sangat besar bagi sekolah kami dalamrangka melaksanakan program pengajaran dan dapat meningkatkan mutu pendidikan baik secara akademis maupun non akademis. Demikian proposal ini kami buat dan untuk diajukan dan direalisasikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih
Tanjung Sari, 14 Oktober 2014
Komite Kepala,
SMP Negeri 48 Muaro Jambi SMP Negeri 48 Muaro Jambi
S U K A R A, BB SYAHRUL YANI, S.Pd
NIP.197203152007011008
0 Response to "CONTOH PROPOSAL ALAT LABORATORIUM IPA"
Post a Comment