LAPORAN OBSERVASI PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
LAPORAN HASIL OBSERVASI
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DI SD NEGERI 215/IX TANJUNG SARI KECAMATAN BAHAR SELATAN KABUPATEN MUARO JAMBI
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah pembelajaran kelas rangkap
Disusun oleh :
Musliman
NIM. 825 785 388
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
2018
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DI SD NEGERI 215/IX TANJUNG SARI KECAMATAN BAHAR SELATAN KABUPATEN MUARO JAMBI
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah pembelajaran kelas rangkap
Disusun oleh :
Musliman
NIM. 825 785 388
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah Ta’ala atas rahmat serta petunjuk-Nya sehingga saya bisa menyelesaikan laporan hasil observasi yang telah terlaksana di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi. Di mana dalam pelaksanaan observasi, saya mendapat tambahan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan mengenai bagaimana pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap di SD. Selain itu, pengalaman saya juga bertambah bahwa ternyata dalam pelaksanaan PKR tidaklah mudah, guru harus bisa membagi waktu untuk melaksanakan pembelajaran di 2 kelas atau lebih, 2 ruang kelas yang berbebeda, bahkan dengan mata pelajaran yang berbeda pula.
Kegiatan yang saya laksanakan ini tidak lepas dari bimbingan berbagai pihak. Untuk itu dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada :
1. Dosen pengampu mata kuliah manajemen kelas, Bapak Aldi Mawardi, M.Pd
2. Kepala SD Negeri 215/IX Tanjung Sari,
3. Guru SD Negeri 215/IX Tanjung Sari,
Dalam penyusunan laporan hasil observasi ini saya telah berupaya sekuat tenaga dan semampu saya. Namun, saya tetap menyadari bahwa hasil laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran membangun sangat saya harapkan demi peningkatan kualitas kerja saya di waktu mendatang.
Harapan saya, mudah-mudahan laporan hasil observasi ini mempunyai dan manfaatnya.
Jambi, Nopember 2018
Observer,
Musliman
Observer,
Musliman
PENDAHULUAN
A. Latar BelakangPembelajaran kelas rangkap merupakan suatu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam waktu yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda. PKR juga mengandung arti bahwa, seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi murid-murid dengan kemampuan belajar yang berbeda.
Dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah, tidak selamanya guru SD atau guru kelas bisa terus mengajar. Ada kalanya, guru tersebut ada halangan yang menyebabkannya tidak bisa hadir menjalankan tugasnya sebagai guru yaitu melaksankan pembelajaran di sekolah. Akibat kekurangan guru mungkin saja akan menghambat pelaksanaan dan hak murid.
Maka dari itu, pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap tidak bisa dihindarkan. Untuk memenuhi hak siswa mendapatkan pembelajaran yang semestinya. Pembelajaran harus tetap berlangsung. Guru akan mendapatkan pemahaman bahwa PKR adalah suatu tantangan dan kenyataan tersebut harus dihadapai sebagai tugas guru SD. Di samping itu PKR, bukan saja sekedar kenyataan yang harus dihadapi oleh guru, tetapi PKR juga mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh guru yang tidak mengajar di kelas rangkap.
Dalam laporan ini akan dibahas dari teori mengenai PKR dengan pelaksanaan PKR di lapangan. Meskipun tidak berada di daerah terpencil ternyata pelaksanaan PKR masih dibutuhkan. Kita akan melihat bagaimana pelaksanaan PKR pada daerah yang ternyata kondisi sekolahnya masih bagus.
B. Rumusan Masalah
1. Apakah yang dimaksud pembelajaran PKR menurut guru SD Negeri 215/IX Tanjung Sari ?
2. Bagaimanakah model dan prinsip pengelolaan PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari ?
3. Bagaimanakah pengelolaan kelas dalam PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari ?
4. Bagaimanakah pengelolaan murid PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari ?
5. Bagaimanakah disiplin kelas dalam menerapkan PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari ?
6. Apakah keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari ?
7. Bagaimanakah penyusunan rencana pembelajaran kelas rangkap (RPKR) di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari ?
8. Bagaimanakah penilaian dalam pembelajaran kelas rangkap (PKR) di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari ?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui makna dari pembelajaran PKR menurut guru SD Negeri 215/IX Tanjung Sari .
2. Untuk menggambarkan model dan prinsip pengelolaan PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari .
3. Untuk menggambarkan pengelolaan kelas dalam PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
4. Untuk menggambarkan pengelolaan murid PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
5. Untuk menggambarkan disiplin kelas dalam menerapkan PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
6. Untuk menggambarkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
7. Untuk mengetahui penyusunan rencana pembelajaran kelas rangkap di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
8. Untuk mengetahui penilaian dalam PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari
D. Manfaat Observasi
1. Memberi gambaran mengenai bagaimana pelaksanaan PKR di lapangan.
2. Memberikan pengetahuan bagaimana suatu sekolah menerapkan pendekatan dan pola pembelajaran kelas rangkap
3. Memberikan gambaran pengelolaan kelas dan kegiatan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap.
4. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa PGSD sebagai calon guru agar lebih professional ketika terjun ke sekolah dan melakukan pembelajaran kelas rangkap.
E. Tempat Pelaksanaan
Kegiatan observasi dilakukan di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari yang berada di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.
F. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Observasi dilaksanakan di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari pada hari Sabtu17 Nopember 2018
G. Metode Pengumpulan Data
Dalam pelaksanaan observasi di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari , saya memperoleh data sebagai bahan laporan observasi melalui metode wawancara, yaitu metode pengumpulan data dengan cara tanya jawab dengan pihak terkait sehubungan data yang akan diambil. Kegiatan wawancara dilakukan oleh observer kepada salah seorang guru kelas IV di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari .
LANDASAN TEORI
A. PEMBELAJARAN KELAS RANGKAPPKR adalah suatu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam waktu yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda.
Ciri-ciri pembelajaran kelas rangkap (PKR) adalah:
1. Seorang guru
2. Menghadapi dua kelas atau lebih yang berbeda kemampuan.
3. Membimbing belajar dalam satu mata pelajaran/topik atau lebih
4. Dalam satu atau lebih dari satu ruangan
5. Pada jam pelajaran yang bersamaan
Ada beberapa alasan penting perlunya PKR dilaksanakan, yaitu:
1. Alasan Geografis
2. Alasan Demografis
3. Kekurangan Guru
4. Keterbatasan Ruang Kelas
5. Kehadiran guru
Tujuan, fungsi, dan manfaat PKR dapat kita kaji dari aspek berikut.
1. Kuantiti (jumlah) terbatas dan ekutiti (pemerataan) layanan pendidikan.
2. Ekonomis anggaran biaya
3. Pedagogis untuk meningkatkan kemandirian murid.
4. Keamanan karena sekolah mudah dijangkau oleh anak.
Prinsip umum PKR adalah kegiatan belajar terjadi dengan atau tanpa guru dalam berbagai situasi. PKR mempunyai prinsip khusus sebagai berikut.
1. Keserempakan Kegiatan Pembelajaran
2. Kadar Waktu Keaktifan Akademik (WKA) tinggi.
3. Kontak Psikologis guru dan murid yang berkelanjutan
4. Pemanfaatan Sumber Secara Efisien
B. MODEL DAN PRINDIP PENGELOLAAN PKR
Tiga model pembelajaran kelas rangkap dan pengelolaannya sebagai berikut.
1. Model PKR 221
Seorang guru mengajar dua kelas misalkan kelas 5 dan kelas 6, dengan dua mata pelajaran IPS dan IPA, dalam satu ruangan.
2. Model PKR 222
Guru menghadapi dua kelas, roses pembelajaran berlangsung dalam dua ruangan berdekatan yang berhubungan dengan pintu, dan pada dua mata pelajaran yang berbeda.
3. Model PKR 333
Guru menghadapi tiga kelas untuk mengajarkan tiga mata pelajaran dalam tiga ruangan. Guru harus memiliki daya gerak paedagogis tinggi karena pengelolaannya yang rumit.
Prinsip-prinsip didaktik-metodik dan prosedur dasar PKR adalah:
1. Konsep-konsep pembelajaran yang relevan dan perlu diterapkan dalam PKR sehingga membentuk suatu sistem.
2. Keterampilan prosedural pembelajaran, khususnya berkenaan hal berikut.
a. Membuka Pelajaran
Hal ini berkenaan bagaimana guru menciptakan interaksi belajar-mengajar yang berhasil, menarik dan menyenangkan.
b. Menutup Pelajaran
Untuk menutup pelajaran sebaiknya dilakukan secara bersama-sama dimana semua murid dari kelas yang dirangkap hadir dalam satu ruangan atau satu tempat.
c. Mendorong Belajar Aktif dan Membiasakan Belajar Mandiri
Proses pembelajaran yang baik adalah proses yang memungkinkan murid belajar secara mandiri. Agar murid aktif, guru PKR perlu menguasai keterampilan berikut:
1) Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
2) Mengajar kelompok kecil dan perorangan
3) Mengadakan Variasi media, dumber, dan pola interaksi
d. Mengelola Kelas PKR dengan Baik
Keterampilan mengelola kelas mencakup kemampuan guru untuk:
a. Menciptakan dan memelihara situasi kelas yang optimal
b. Mengendalikan kondisi belajar yang optimal.
C. PENGELOLAAN KELAS DALAM PKR
1. Penataan ruang kelas
e. Papan tulis
f. Bangku dan kursi
g. Meja guru
h. Sudut aktivitas
Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
e. Daerah pajangan
f. Kemudahan bergerak
g. Sinar atau cahaya
h. Panas dan ventilasi
2. Pengaturan denah
Guru PKR perlu memperhatikan pengaturan untuk membantu guru melakukan supervise dan umpan balik secara individual.
3. Mengatur pajangan
Pajangan dapat berbentuk gambar, grafik, hasil karya murid yang mengandung pesan kependidikan. Kelas tanpa pajangan akan tampak kosong dan menyedihkan.
D. PENGELOLAAN MURID
Kelompok belajar adalah sekumpulan murid (5-6 orang) yang diorganisasiakn untuk mencapai tujuan belajar secara bersama dan dalam waktu yang telah ditetapkan (dimodifikasi dari J. Snyder, 1986 : 211). Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah.
1. Pembentukan kelompok belajar
a. Kelompok belajar berdasarkan persamaan kemampuan.
b. Kelompok berdasarkan kemampuan yang berbeda.
c. Pengelompokan Sosial
2. Merencanakan Kegiatan Kelompok Belajar
Merencanakan kegiatan dalam kelompok merupakan suatu keharusan, agar kelompok tersebut berhasil dan dapat menentukan waktu dan program yang tepat..
3. Meningkatkan keterampilan belajar kelompok
Morris(Cohen, 1986) memberikan ilustrasi tentang jenis keterampilan yang diperlukan sebagai panduan agar semua murid aktif berpartisipasi.
4. Memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar
Sekolah dan guru dapat berhubungan dengan lingkungannya, dan sumber belajar yang lain yang dapat digunakan.
5. Lembar Kerja Murid
LKM ini berisi tuntunan langkah-langkah dalam melakukan pengamatan, percobaan, demonstrasi atau simulasi.
6. Memanfaatkan Pusat Sumber Belajar
Pusat Sumber Belajar (PSB) adalah cara yang baik untuk memantapkan dan memperkaya belajar murid-murid.
7. Tutor sebagai organisator kelas
Apabila tutor dipilih dari murid, tentu saja murid yang lebih pandai dari murid lain, meskipun begitu bukan berarti harus murid yang paling pandai.
E. DISIPLIN KELAS
Disiplin kelas adalah guru menciptakan aturan dan kegiatan agar murid terikat oleh kegiatan belajar sehingga mereka tidak sempat lagi melakukan kegiatan-kegiatan yang mengganggu ketertiban dan disiplin kelas.
1. Aturan Rutin Kelas (ARK)
Aturan Rutin Kelas (ARK) adalah aturan-aturan dan prosedur yang
dirumuskan oleh guru serta dimengerti oleh murid, untuk mengatur kegiatan dan
perilaku sehari-hari(Ian Collingwood, h. 79), terutama dalam kegiatan belajar.
Berikut ini contoh ARK bagi guru.
a. Papan tulis harus sudah dibersihkan sebelum pelajaran dimulai.
b. Memeriksa persediaan kapur tulis, penggaris dan penghapus.
c. Sumber bahan disiapkan.
d. Tutor
ARK yang efektif adalah yang memungkinkan murid untuk dapat memulai
kegiatannya secara cepat dan terarah. Murid sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan dan kerjakan, tugas Anda selanjutnya untuk memotivasi belajar murid.
2. Kegiatan Siap (KS)
Kegiatan siap adalah suatu kegiatan yang sudah disiapkan guru jauh sebelumnya, dan apabila ditemukan masalah maka KS dapat digunakan. Berikut ini adalah KS yang dapat digunakan dalam kelas PKR, apabila murid telah menyelesaikan suatu pelajaran, sementara perhatian guru masih pada murid lain yang selesai, maka murid ini sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan.
3. Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
Winataputra (1999) menyebutkan bahwa bila dirinci sumber belajar meliputi :
a. Lingkungan sosial atau manusia
b. Lingkungan hidup seperti flora dan fauna
c. Lingkungan alam seperti tanah, air, udara, awan, hujan
d. Lingkungan budaya seperti pranata sosial, pengetahuan, dan teknologi
e. lingkungan religius seperti kitab suci dan acara keagamaan
F. KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN DALAM PKR
Keterampilan mengajar kelompok kecil adalah kemampuan guru
membimbing murid dalam belajar secara kelompok dengan jumlah berkisar antara 3
hingga 5 orang atau paling banyak 8 orang untuk setiap kelompoknya.
Keterampilan dalam pengajaran perorangan atau pengajaran individual adalah kemampuan guru dalam membimbing murid dalam belajar secara individual terutama bagi murid yang mengalmi kesulitan belajar atau bermasalah.
Penggunaan variasi pengorganisasian dimaksudkan agar murid terhindar dari
perasaan jenuh dan membosankan, yang menyebabkan perasaan malas menjadi muncul. Dalam mengorganisasi sepantasnya tidak monoton. Variasi pengorganisasian mencakup :
1. Variasi pengelompokan murid
a. Pengelompokan murid berdasarkan rombongan belajar
b. Pengelompokkan murid berdasarkan kesamaan kemampuan
c. Pengelompokan murid berdasarkan kemampuan campuran
d. Pengelompokkan murid berdasarkan kesamaan usia
e. Pengelompokkan berdasarkan kompatibilitas murid
f. Pengelompokkan murid sesuai kebutuhan pembelajaran
2. Variasi penataan ruang
Penataan ruangan dalam hal ini tempat duduk murid dapat papan tulis diatur atas dasar kemudahan guru dalam mengelola secara bergilir kedua atau ketiga ruangan tersebut.
3. Variasi sumber belajar
Sumber belajar mencakup segala sesuatu seperti manusia, benda, alam sekitar, masyarakat, kepustakaan, dan hasil kebudayaan yang berpotensi memberi informasi.
4. Variasi model implementasi
Dalam model 1 ini, setelah pertemuan kelas, murid diberikan kesempatan untuk memilih kegiatan dengan bekerja dalam kelompok atau bekerja secara perorangan.
Hal yang perlu diperhatikan dalam mengajar kelompok kecil dan perorangan.
1. Pembelajaran dilakukan berdasarkan perbedaan individual
2. Memperhatikan dan melayani kebutuhan murid
3. Mengupayakan proses belajar mengajar yang aktif dan efektif
4. Merangsang tumbuh-kembangnya kemampuan optimal murid
5. Pergeseran dari pengajaran klasikal ke pengajaran kelompok kecil dan perorangan.
6. Langkah pengajaran kelompok kecil dan perorangan
7. Menggunakan berbagai variasi dalam pengorganisasiannya
G. MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (RPKR)
Proses belajar yang efektif dan bermakna dapat terjadi dalam situasi pembelajaran merangkap kelas jika seorang guru melakukan perencanaan yang baik. Dalam perencanaan ini tercakup serangkaian kegiatan yaitu menggukan Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP), merumuskan tujuan belajar, memilih bahan belajar, dan menyusun rancangan kegiatan belajar.
Rancangan kegiatan pembelajaran adalah kerangka piker yang melukiskan bentuk penataan interaksi guru-murid-sumber belajar dalam rangka pencapaian tujuan belajar. Pengaturan interaksi ini mencakup urutan prosedur atau langkah yang akan dilalui oleh guru dan murid sert jenis dan bobot isi kegiatan yang akan berlangsung pada setiap langkah prosedur tersebut.
Bruce Joyce dan Marsha Weil tahun 1986 menyebut rancangan ini dengan istilah ‘’model’’. Sebanyak empat kelompok besar model pembelajaran yakni; Model Pengolahan Informasi, Model Sosial, Model Personal, dan Model Pengubahan Perilaku
diperkenalkan dalam bukunya. Hampir semua model tersebut dirancang untuk
pembelajaran kelas tunggal, namun dalam banyak hal dapat disesuaikan untuk PKR.
H. PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR)
Dalam penilaian kelas, guru perlu memperhatikan prinsip : valid, edukatif, obyektif
transparan, berkesinambungan, menyeluruh, dan bermakna
.
HASIL OBSERVASI
A. PEMBELAJARAN KELAS RANGKAPKetika observer bertanya kepada guru kelas IV tentang PKR, beliau tidak mengetahui apa yang hakikat atau yang dimaksud Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) dan pelaksanaanya. Namun, setelah observer menjelaskan sedikit ilustrasi mengenai pembelajaran kelas rangkap akhirnya guru tersebut paham mengenai PKR.
Pelaksanaan PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari tidak setiap hari dilakukan. Mengingat daerahnya juga bukan daerah terpencil dengan jumlah guru yang cukup serta ruang kelas yang cukup pula untuk menampung semua murid.
Guru-guru di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari , mayoritas sudah golongan IVA namun tidak pernah ada guru yang cuti karena hamil. Namun, kadang-kadang guru juga melaksanakan pembelajaran kelas rangkap. Hal ini disebabkan hal-hal berikut:
1. Guru kelas tersebut melaksanakan Pendidikan Latihan dan Profesi Guru (PLPG) seperti bulan Juli lalu di UNJA.
2. Mengikuti penataran tematik
3. Mengikuti penataran koperasi
4. Ada guru yang keluarganya sakit atau meninggal dunia.
5. Guru mengikuti latihan menyanyi di kecamatan
6. Guru mengikuti rapat BOS
Tujuan pelaksanaan PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari adalah.
Karena guru kelas tersebut berhalangan hadir seperti yang telah dikemukakan di atas. Bukan berarti pembelajaran juga tidak ada. Maka, agar pembelajaran tetap berlangsung seperti sebagaimana mestinya, guru yang hadir/guru lain perlu menerapkan PKR, yaitu dengan mengajar kelasnya sendiri dan mengajar kelas yang ditinggalkan guru tersebut.
Prinsip umum PKR adalah kegiatan belajar terjadi dengan atau tanpa guru dalam berbagai situasi namun guru sudah memberikan bimbingan dan apa yang harus dilakukan murid sebelum kelas tersebut ditinggalkan untuk mengajar di kelas lain.
PKR mempunyai prinsip khusus sebagai berikut.
1. Keserempakan Kegiatan Pembelajaran
Dalam waktu yang sama guru di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari melaksanakan pembelajaran meskipun pada ruang kelas dan tingkatan kelas yang berbeda. Dengan kata lain, guru harus berpindah-pindah ruangan.
2. Kadar Waktu Keaktifan Akademik (WKA) tinggi.
Hal inilah yang sulit dilakukan guru di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari ketika melaksanakan PKR. Guru kurang maksimal dalam memanfaatkan waktu terutama ketika harus berpindah-pindah ruang, tentu saja hal ini akan memakan waktu pula.
3. Kontak Psikologis guru dan murid yang berkelanjutan
Kontak psikologis tidak selamanya dapat dilakukan ketika pembelajaran berlangsung. Guru harus membagi waktu dengan murid dalam 2 ruang kelas dengan tingkatan kelas yang berbeda.
4. Pemanfaatan Sumber Secara Efisien
Ketika mengajar kelas yang lain atau kelas yang bukan tanggung jawabnya, guru memakai buku LKS saja sebagai sumber belajar. Murid mengerjakan soal-soal yang ada di dalam LKS sesuai materi yang harus dipelajari.
B. MODEL DAN PRINDIP PENGELOLAAN PKR
Model PKR yang guru terapkan tidak selalu sama, karena kadang-kadang hari ini ada satu guru yang tidak masuk, tetapi kadang ada dua guru, tiga guru, bahkan ada empat guru yang tidak masuk karena ada alasana tertentu. Maka, model yang dipilih pun juga bervariasi atau berbeda-beda setiap melaksanakan PKR.
Dengan adanya beberapa alasan yang telah dikemukakan di atas, maka pembelajaran kelas rangkap pun perlu diterapkan agar pembelajaran dan materi yang sesuai dengan tuntutan kurikulum bisa dikuasai murid. Model PKR yang pernah dilaksanakan yaitu Model 221, Model 222. Bahkan ada guru yang pernah melaksanakan PKR pada 4 kelas sekaligus. Karena guru tersebut ada kepentingan:
1. Dua guru kelas sedang mengikuti latihan menyanyi (guru kelas 1 dan kelas 3)
2. Satu guru kelas mengikuti rapat BOS (kelas 5)
3. Satu kelas yang dikelola adalah kelas sendiri (kelas 4).
Namun, guru tetap santai dengan hal tersebut. Dalam pelaksanaan PKR guru menjelaskan sedikit mengenai materi yang akan dipelajari, kemudian memberinya tugas. Tugas ini misalnya mengerjakan soal-soal dalam buku LKS. Kemudian, guru berpindah ke kelas lain dan melakukan hal yang sama, yaitu menerangkan sebentar lalu menyuruh murid mengerjakan soal-soal dalam LKS.
Prinsip-prinsip didaktik-metodik dan prosedur dasar PKR adalah:
1. Konsep-konsep pembelajaran yang relevan dan perlu diterapkan dalam PKR sehingga membentuk suatu sistem. Pelaksanaan PKR dilakukan sesuai materi pemeblajaran pada hari itu juga sehingga adanya kesinambungan ketika pembelajaran dilakukan guru sendiri atau guru PKR lain.
2. Keterampilan prosedural pembelajaran, khususnya berkenaan hal berikut.
a. Membuka Pelajaran
Guru sudah melakukan dengan baik ketika melaksanakan PKR meskipun dalam ruangan kelas yang berbeda.
b. Menutup Pelajaran
Untuk menutup pelajaran tetap dilaksanakan pada ruangan yang berbeda pula seperti saat membuka pembelajaran.
c. Mendorong Belajar Aktif dan Membiasakan Belajar Mandiri
Murid diarahkan untuk belajar mandiri karena memang pembagian perhatian dari guru kepada murid tidak maksimal seperti ketika hanya mengajar dalam satu kelas.
e. Mengelola Kelas PKR dengan Baik
Meskipun pembelajaran sudah terlaksana, namuan untuk mengelola kelas PKR kurang baik mengingat pelaksanaan PKR tidak dilakukan setiap hari. Murid sering ramai sendiri di kelas karena tidak ada pengawasan dari guru. Inilah yang menjadi hambatan guru dalam melaksanakan PKR.
C. PENGELOLAAN KELAS DALAM PKR
1. Penataan ruang kelas
Tidak ada perubahan antara penataan kelas PKR atau pun dengan penataan kelas nonPKR. Bentuk kelas pun juga biasa. Daerah pajangan yang ada di dinding pun tidak berubah. Termasuk papan tulis, ventilasi, dan arah datangnya sinar matahari.
2. Pengaturan denah
Tempat duduk murid tidak berubah, masih berbentuk kotak. Kecuali ketika melaksankan kegiatan pembelajaran kelompok, maka tempat duduk bisa berubah agar mudah melaksanakan kegiatan diskusi.
3. Mengatur pajangan
Pajangan dapat berbentuk gambar, beberapa materi tentang pelajaran, dan hasil karya murid yang sangat bermakna.
D. PENGELOLAAN MURID
Pengelompokkan murid dilaksanakan dengan teman sebangku atau dengan teman yang berada di bangku dekatnya. Hal ini agar tidak membuang banyak waktu. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah.
1. Pembentukan kelompok belajar
Biasanya pembentukan kelompok dilaksanakan dengan teman yang berada di dekatnya.
2. Merencanakan Kegiatan Kelompok Belajar
Kegiatan kelompok belajara sudah direncanakan guru, sehingga murid siap mengerjakannya secara bersama-sama.
3. Meningkatkan keterampilan belajar kelompok
Guru memberikan stimulus agar murid aktif. Ketua kelas dapat diberi tanggung jawab untuk mengawasi pelaksanaan kegiatan kelompok jika ada murid yang mengganggu kelompok lainnya.
4. Memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar
Guru kurang mampu memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Ketika melaksanakan PKR, murid hanya terpaku dalam mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam LKS.
5. Lembar Kerja Murid
Guru kurang kreatif dalam membuat dan memodifikasi LKM/LKS agar pembelajaran menyenangkan, murid mengerjakan LKM yang terdapat dalam buku saja dan terpaku duduk di kursi saja.
6. Memanfaatkan Pusat Sumber Belajar
Yang menjadi pusat sumber belajar adalah buku LKS, buku paket, dan guru sendiri. Namun, dalam pelaksanaan PKR guru saja tidak bisa menjadi panutan dalam pembelajaran, mengingat guru tidak selamnya berada di kelas tersebut.
7. Tutor sebagai organisator kelas
Tutor yang dipilih adalah murid yang pandai, yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan murid yang lain untuk membantun temannya belajar.
Hambatan yang ditemui guru ketika melaksanakan pembelajaran kelas rangkap adalah murid akan sering rame, bermain sendiri di kelas, dan tidak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru pengganti. Mungkin hal itu disebabkan karena murid tidak terbiasa diajar oleh guru tersebut sehingga suasana belajar terlihat aneh atau tidak biasa. Kalau ramai sendiri di kelas, hal ini sudah biasa karena tidak ada guru yang menunggui murid dalam satu kelas. Kalau guru menunggui satu kelas saja, bagaimana keadaan murid yang lain? Maka, guru harus membagi perhatian kepada masing-masing kelas yang diajarnya.
E. DISIPLIN KELAS
Tidak ada disiplin kelas khusus yang diberikan guru dalam melaksankan PKR. Hanya aturan lisan saja agar murid mengerjakan soal LKS atau belajar mandiri.
1. Aturan Rutin Kelas (ARK)
Aturan Rutin Kelas (ARK) memang ada, namun hal aturan ini tidak dikhususkan ketika pelaksanaan PKR saja. Pembelajaran hari biasa juga ada.
Berikut ini contoh ARK di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari .
a. Murid melaksanakan tugas piket dan membersihkan papan tulis.
b. Murid membaca surat pendek dalam Al-Qur’an sekitar 10 menit pertama setelah bel berbunyi dan masuk kelas. Kegiatan ini dibimbing oleh temannya atau kakak kelas.
ARK sudah berjalan dengan efektif karena murid sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan dan kerjakan, dan memotivasi guru serta pertanyaan langsung dari guru mengenai pelaksanaan ARK tersebut.
2. Kegiatan Siap (KS)
Tidka ada agenda khusus dlaam kegiatan siap. Jika ternyata murid telah selesai mengerjakan tugasnya, maka ia diminta mereview atau mengecek kembali kebenaran jawabannya. Atau mungkin membaca buku-buku tertentu.
3. Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
Sumber belajar dipahami atau dijelaskan secara abstrak atau secara tidak langsung. Murid tidak mengetahui keadaan yang diterangkan secara nyata. Murid diberi pertanyaan untuk menghubungkan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman murid. Apalagi dalam PKR, murid akan minim memanfaatkan sumber belajar.
F. KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN DALAM PKR
Keterampilan mengajar kelompok kecil sangat penting dilaksanakan dalam PKR. Apalagi bimbingan dan perhatian guru dalam pelaksanaan PKR, hanya sedikit saja. Maka, melalui kelompok kecil ini, siswa akan lebih mudah mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru juga akan lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran dengan adanya kelompok kecil ini. Teman dari kelompok dapat membantu siswa sebagai tutor sebaya.
Keterampilan dalam pengajaran perorangan atau pengajaran individual dilakukan apabila siswa memiliki kesulitan belajar. Guru memberikan pengertian dan membantu siswa untuk memahami materi dan mengatasai masalah siswa yang lain.
Penggunaan variasi pengorganisasian diperlukan agar siswa tetap semangat dalam mengkuti pembelajaran. Hal ini juga akan membawa siswa dalam belajar dengan keadaan dan situasi yang baru. Variasi pengorganisasian mencakup :
1. Variasi pengelompokan murid
Pengelompokan murid juga perlu divariasi agar siswa bisa saling bertukar pikiran dengan teman yang berbeda-beda. Lebih akrab dengan teman-teman yang lain.
2. Variasi penataan ruang
Penataan ruangan tidak dilakukan secara variasi. Setiap siswa hanya duduk pada tempat yang sama baik dalam pelaksanaan PKR atau pun hanya pembelajaran biasa.
3. Variasi sumber belajar
Yang menjadi sumber belajar adalah perpustakaan, lingkungan sekolah, dan juga buku-buku dalam perpustakaan sekolah. Semua itu dapat dimanfaatkan siswa untuk menunjang pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna.
4. Variasi model implementasi
Meskipun pelaksanaan PKR tidak setiap hari, guru juga perlu mengadakan variasi model pembelajaran sehingga siswa tidak bosan dengan kegiatan yang monoton.
G. MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (RPKR)
Penyususnan RPP PKR tidak jauh berbeda dengan penyususnan RPP pada pembelajaran biasa. Meskipun pada kenyataannya guru tidak selalu membuat RPP dalam setiap melaksanakan kegiatan pembelajaran. Begitu juga dalam pelaksanaan PKR, guru dapat mengajar beberapa kelas tanpa mempelajari bahkan tanpa membuat RPP. RPP didapat dengan membelinya di toko atau membuat sendiri hanya ketika ada peninjauan dari Dinas pendidikan.
Dalam melaksanakan pembelajaran kelas rangkap, guru tidak mempersiapkan RPP terlebih dahulu. Jangankan untuk PKR, dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari saja guru tidak membuat RPP. RPP baru akan dibuat apabila ada tinjauan dari dinas pendidikan.
Meskipun sudah mnegetahui akan melaksanakan PKR, guru tidak perlu mempersiapkan pembelajaran yang berarti. Guru bisa bertanya kepada murid sampai sejauh mana materi pelajaran telah dipelajari atau dibahas oleh guru yang tidak masuk tersebut. Kadang-kadang, guru juga bertanya kepada guru kelas yang bersangkutan untuk bertanya tentang materi pelajraran yang harus diajarakan.
H. PENILAIAN DALAM PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR)
Penilaian dilaksanakan dengan mengerjakan soal-soal evaluasi dalam buku LKS. Kemudian, guru membahas hasil kerja siswa atau hanya memberikan/menuliskan kunci jawaban di papan tulis selanjutnya siswa menukarkan lembar jawab dengan teman yang lain selanjutnya dicocokkan dengan kunci jawaban.
Jika tidak ada waktu untuk mencocokkan hasil kerja siswa, maka soal akan dicocokkan oleh guru kelasnya sendiri ketika sudah hadir. Atau dicocokkan oleh guru PKR pada pertemuan selanjutnya. Karena mungkin saja waktu yang digunakan dalam pelaksanaan PKR yang kurang.
PENUTUP
Simpulan
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, pelaksanaan PKR SD Negeri 215/IX Tanjung Sari adalah sebagai berikut.
1. Guru sudah melaksanakan PKR namun secara teori ternyata guru kurang memahaminya.
2. Model PKR yang sering digunakan yaitu 222, namun guru juga pernah melaksanakan PKR dalam 4 kelas dengan mata pelajaran yang berbeda dengan ruangan yang berbeda.
3. Guru kurang mampu dalam pengelolaan kelas PKR, kurang mampu memanfaatkan WKA.
4. Pengelolaan murid PKR di SD Negeri 215/IX Tanjung Sari kurang optimal, siswa hanya terpaku dalam mengerjakan soal-soal dalam buku LKS saja.
5. Disiplin kelas dalam menerapkan PKR sudah cukup baik, murid sudah mampu mandiri.
6. Keterampilan mengajar kelompok kecil dengan teman bangku yang berada di dekatnya sedangkan untuk mengajar perorangan dilakukan saat ada siswa yag mengalami kesulitan belajar atau suatu masalah yang berdampak dalam pembelajaran.
7. Penyusunan rencana RPP PKR tidak berbeda dengan RPP biasa, dengan kata lain tidak ada penggabungan pembuatan RPP dalam PKR.
8. Penilaian dalam PKR dilaksanakan apabila masih ada waktu untuk membahas hasil kerja siswa. Namun, apabila tidak ada waktu pembahasan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
0 Response to "LAPORAN OBSERVASI PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP"
Post a Comment