(DOC) RPP KELAS 4 TEMA 1 KURIKULUM 2013 - sdn215tjsari

(DOC) RPP KELAS 4 TEMA 1 KURIKULUM 2013

                                         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

rpp kelas 4 tema 1 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi


Sekolah                          :SDN 215/IX TANJUNG SARI
Kelas /Semester          :  IV/1(satu)
Tema                               :  1. Indahnya Kebersamaan
Subtema                         : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran ke-         : 1
Fokus Pembelajaran    :  Bahasa Indonesia, IPS, dan IPA
Alokasi Waktu                :6 x 35 menit(6 JP)

KOMPETENSI INTI (KI)
1.Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,guru, dan tetangga.
3.Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan     dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam     tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.    
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan.   
 4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

IPS
Kompetensi Dasar    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.    
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.    
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

IPA
Kompetensi Dasar    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.     
3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda di sekitar dengan lengkap.
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi.    
4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyidari beragam benda di sekitar dengan sistematis.
TUJUAN PEMBELAJARAN
    Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok    dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
    Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
    Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
    Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya,etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesiasecara lisan dan tulisan dengan sistematis.
    Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyidari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
    Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasilpengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda disekitar dengan sistematis.

    MATERI PEMBELAJARAN
    Gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf.
    Keragaman sosial dan budaya di Indonesia.
    Sikap menghargai keragaman.
    Cara menghasilkan bunyi dari alat musik tradisional dan benda-benda sekitar.
    Sumber bunyi.
    Faktor yang mempengaruhi perbedaan bunyi (amplitudo, frekuensi, resonansi).
    Sifat-sifat perambatan bunyi.

    METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran    :     Saintifik.
Metode Pembelajaran    :    Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

  

    MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat    :1. Teks bacaan.
2. Alat musik tradisional daerah masing-masing.
3. Beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.
Bahan    : -
Sumber Belajar    :1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 1: IndahnyaKebersamaan, Subtema 1: Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran 1. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
   
    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan    Deskripsi    Alokasi Waktu
Pendahuluan        Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
    Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
    Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
    Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
    Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
    Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
    Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
    Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
    Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.    15 menit
Kegiatan inti        Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali.Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengembangkan literasi.
    Siswa diajak untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional, dan makanannya.
    Siswa menyimak penjelasan guru, bahwa hari ini mereka akan belajar banyak tentang budaya Indonesia.
    Siswa diajak berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka tentang asal suku siswa (Sunda, Jawa, Minang, dan seterusnya).
    Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan tentang asal suku mereka kepada teman di sebelahnya. Jika mayoritas siswa berasal dari suku yang sama, siswa diminta menceritakan suku lainnya yang mereka ketahui.
    Hasil diskusi siswa dibahas secara klasikal dan disimpulkan bersama.
    Siswa dibagi menjadi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Setiap kelompok diminta membaca teks ‘Pawai Budaya’ pada Buku Siswa (BS) T1 ST1 P1 halaman 1-2.Siswa diminta menandai paragraf 1-5.
    Siswa difasilitasi untuk mendiskusikan sikap yang harus ditunjukkan dalam bekerja kelompok.
    Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi paragraf satu.
    Setiap kelompok diminta untuk membacakan hasil diskusi tentang isi paragraf satu di depan kelompok yang lain. Siswa dari kelompok lain diminta untuk memberikan masukan. Setiap siswa diminta mencatat masukan dan komentar sebagai bahan untuk perbaikan dari hasil diskusi mereka.
    Siswa masih dalam kelompok diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf kedua.
    Siswa menyimak penjelasan guru mengenaigagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf.
    Siswa secara mandiri diminta untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks ‘Pawai Budaya’ pada BS dan menuliskannya dalampeta pikiran yang tersediapada BS halaman 4-6.Sebelum mengisi peta pikiran, siswa mendapatkan penjelasan cara mengisinya dari guru. Kegiatan ini untuk menumbuhkan karakter.
    Selama siswa mengerjakan peta pikiran, guru berkeliling memberikan penguatan dan memeriksa pekerjaan siswa denganrubrik.
    Siswa kembali diingatkan pada kegiatan di awal pembelajaran tentang keragaman suku dari teman-teman di kelas. Siswa diajak melihat animasi keragaman suku dan budaya Indonesia dari Rumah Juara untuk menarik minat siswa.


    Setiap siswa diminta untuk mencari informasi dengan cara mewawancarai paling sedikit delapan teman di kelas. Informasi yang harus dicari adalah tentang daerah asal dan ciri khas dari daerah tersebut. Siswa menuliskan informasi pada tabel yang tersedia pada BS halaman 8.
    Selama siswa melakukan wawancara, guru dapat melakukan pendampingan sekaligus memastikan siswa bersikap sopan, berbahasa santun, dansaling menghargai saat wawancara berlangsung.
    Usai kegiatan wawancara, siswa kembali ke tempat duduk masing-masing untuk mendapatkan pengarahan pada tugas berikutnya.Guru mengajukan pertanyaan terbuka:
    Bagaimana sikap kalian kepada teman yang berasal dari suku yang berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda?
    Ceritakan satu pengalaman yang berkesan bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/kepercayaan yang berbeda!
    Beberapa siswa diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari guru.
    Siswa kemudian secara berpasangan dapat saling menceritakan pengalaman masing-masing bersama teman yang berasal dari suku berbeda dan memiliki agama/ kepercayaan yang berbeda.
    Siswa menyimak saat guru memberikan penguatan tentang pentingnya sikap mensyukuri keragamaan budaya, suku,dan agama dengan saling menghargai dalam keragaman serta menjadikan keragaman tersebut sebagai identitas bangsa Indonesia.
    Siswa menjawab pertanyaan dan mengisi tabel tentang sikap saling menghargai yang terdapat pada BS halaman 8-9 secara mandiri.
    Siswa akan saling berbagi jawaban tentang pengalaman melaksanakan sikap saling menghargai dan contoh sikap tidak menghargai secara berpasangan bersama teman di sebelahnya.
    Siswa dapat mendiskusikan pengalaman yang menurut mereka menarik.
    Siswa mendengarkan saat guru menampilkan satu alat musik tradisional dari daerah asal sekolah.
    Siswa diajak berdiskusi tentang cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dan sebagainya.)
    Siswa membaca teks tentang beragam alat musik tradisional yang ada padaBS halaman 10, kemudian mengisi tabel yang tersedia pada BS halaman 11 secara mandiri.
    Siswa diajakmembunyikan benda-benda yang terdapat di kelas dan sekitarnya. Siswa diingatkan untuk memilih benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara yang berbeda.
    Siswa diminta mengisi tabel dan pertanyaan yang tersedia pada BS halaman 12 berdasarkan hasil eksplorasi.
    Siswa menyimak saat guru memberikan penguatan tentang bunyi berasal dari benda yang bergetar, sumber bunyi, dan sifat-sifat perambatan bunyi.
    Siswa dibagi dalam kelompok besar yang terdiri dari 8-10 siswa. Siswa dapat menentukan kelompok secara mandiri berdasarkan jenis alat musik yang disukai.
    Setiap kelompok diminta untuk menciptakan satu kombinasi bunyi dari beragam benda.
    Setiap kelompok dapat menampilkan hasil karya ansambel bunyi mereka secara bergantian.
    Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat pada BS halaman 14-15 berdasarkan hasil kerja sama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
    Siswa menyimpulkan kegiatan belajar bersama guru bahwa menghargai perbedaan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan. salat satu cara menghargai perbedaan yaitu dengan hidup rukun.    180 menit
Penutup        Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
    Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
    Apa yang akan dilakukan untuk menghargai perbedaan di sekitar?
    Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
    Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: meminta orang tua untuk menceritakan pengalamannya menghargai perbedaan di lingkungan sekitar rumah lalu menceritakan hasilnya kepada guru.
    Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin.
    Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
    Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.    15 menit

    PENILAIAN
    Teknik Penilaian
    Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap disiplin.



    Penilaian Pengetahuan
Muatan    Indikator    Teknik Penilaian    Bentuk Instumen
Bahasa Indonesia    3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.    Tes tertulis    Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
IPS    3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.    Tes tertulis    Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
IPA    3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.    Tes tertulis    Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian
    Unjuk Kerja
Muatan    Indikator    Teknik Penilaian    Bentuk Instumen
Bahasa Indonesia    4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.    Diskusi dan unjuk hasil    Rubrik penilaian pada BG halaman 13-14.
IPS    4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.    Unjuk hasil    Rubrik penilaian pada BG halaman 15.
IPA    4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.    Unjuk kerja dan hasil    Rubrik penilaian pada BG halaman 16-17.

    Remedial
Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat diberikan contoh-contoh tambahan teks sebagai latihan tambahan. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung.

    Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.

    Bentuk Instrumen Penilaian
    Jurnal Penilaian Sikap
No.    Tanggal    Nama Siswa    Catatan Perilaku    Butir Sikap    Tindak Lanjut
1.                   
2.                   
3.                   
4.                   
5.                   

    Rubrik Penilaian Diskusi
Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai menggunakan rubrik.
Kriteria    Baik Sekali
(4)    Baik
(3)    Cukup
(2)    Perlu Pendampingan
(1)
Mendengarkan    Selalumendengarkanteman yang sedang berbicara.    Mendengarkanteman yangberbicara, namunsesekali masihperlu diingatkan.    Masih perludiingatkan untukmendengarkanteman yang sedang berbicara.    Sering diingatkan untukmendengar-kanteman yang sedang berbicaranamun tidakmengindahkan.
Komunikasi nonverbal (kontakmata, bahasatubuh, postur,ekspresi wajah,suara)    Merespon dan
menerapkan
komunikasi nonverbal dengantepat.    Merespon dengantepat terhadapkomunikasi nonverbal yangditunjukkanteman.    Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.    Membutuhkanbantuan dalammemahamibentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkanteman.
Partisipasi(menyampaikanide, perasaan,pikiran)    Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalumendukungdan memimpinteman lainnyasaat diskusi.    Berbicara danmenerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.    Berbicara dan
menerangkan
secararinci,namunterkadang merespon kurangsesuai dengantopik.    Jarang berbicara
Selamaproses diskusiberlangsung.
Penilaian (penskoran): (total nilai siswa)/(total nilai maksimal)×10

    Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria    Baik Sekali
(4)    Baik
(3)    Cukup
(2)    Perlu Pendampingan
(1)
Gagasan pokok    Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.    Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.    Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.    Belum dapat menemukan gagasan pokok.
Gagasan pendukung    Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.    Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.    Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.    Belum dapat menemukan gagasan pendukung.
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukung  dalam peta pikiran    Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.    Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.    Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.    Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.
Sikap: Mandiri    Tugas diselesai-kan dengan mandiri.    Sebagian besar tugas diselesai-kan dengan mandiri.    Tugas diselesai-kan dengan motivasi dan bimbingan guru.    Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.
Penilaian (penskoran): (total nilai siswa)/(total nilai maksimal)×10

    Rubrik Penilaian IPS
Tugas siswa menemukan danmenuliskan informasi tentang keragaman budaya, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria    Baik Sekali
(4)    Baik
(3)    Cukup
(2)    Perlu Pendampingan
(1)
Informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama    Menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasar-kan hasil wawancara dengan lengkap    Menuliskan sebagian besar informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara cukup lengkap.    Menuliskan sebagian kecil informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara kurang lengkap.    Belum dapat menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara.
Komunikasi lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama    Mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara dengan sistematis.    Mengomunikasikan secara lisan sebagian besar keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara cukup sistematis.    Mengomunikasi-kan secara lisan sebagian kecil keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara kurang sistematis.    Belum dapat mengomunikasikansecara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara.
Sikap kerja sama    Menunjukkan sikap kerja sama dengan semua teman secara konsisten.    Menunjukkan sikap kerja sama dengan semua teman namun belum konsisten.    Menunjukkan sikap kerja sama hanya dengan beberapa teman.    Perlu dimotivasi untuk dapat bekerja sama.
Santun dan saling menghargai    Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman secara konsisten.    Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman namun belum konsisten.    Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai hanya dengan beberapa teman.    Perlu dimotivasi untuk bersikap santun dan saling menghargai dengan semua teman.
Penilaian (penskoran): (total nilai siswa)/(total nilai maksimal)×10

    Rubrik Penilaian IPA
    Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria    Baik Sekali
(4)    Baik
(3)    Cukup
(2)    Perlu Pendampingan
(1)
Cara menghasilkan bunyi    Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan lengkap.    Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup lengkap.    Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang lengkap.    Belum dapat menemukan menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi.
Laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi    Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis.    Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis.    Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis.    Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi.
Sikap rasa ingin tahu    Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.    Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.    Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.    Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.


Penilaian (penskoran): (total nilai siswa)/(total nilai maksimal)×10

    Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria    Baik Sekali
(4)    Baik
(3)    Cukup
(2)    Perlu Pendampingan
(1)
Penerapan konsep    Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampai-kan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.    Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari.    Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.    Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari.
Komunikasi    Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.    Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.    Hasil percobaan disampaikan dengan jelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.    Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.
Prosedur dan strategi    Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilaku-kan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.    Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilaku-kan secara sistematis namun masih membutuh-kan bimbingan dalam menemu-kan strategi agar percobaan berhasil.    Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru.    Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat.
Penilaian (penskoran): (total nilai siswa)/(total nilai maksimal)×10




Mengetahui,                                                      Tanjung Sari, ...................201...
Kepala SDN 215/IX TANJUNG SARI                    Guru Kelas IV




NASARUDDIN, S.Pd                                            WARIDAH, S.Pd
NIP. 197007071997031002                            NIP. 197206152005012008   






0 Response to "(DOC) RPP KELAS 4 TEMA 1 KURIKULUM 2013"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2