SILABUS KELAS 2 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013
SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Nama Sekolah : ...............
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Sub Tema I PB 1
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun • Menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
• Menirukan ungkapan pada teks percakapan • Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru. ( Literasi )
• Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
• Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret • Bilangan tiga angka dengan menggunakan gambar.
• Bilangan tiga angka sampai 999 Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa. ( Communication )
• Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka. ( Creativity and Innovation )
SBDP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak • Membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak.
• Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak • Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama sama dengan guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.
• Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang diamati adalah percaya diri
Sub Tema I PB 2
PPKn
1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila. • Memasangkan simbol dengan bunyi sila pada Pancasila.
• Menyebutkan bunyi sila yang sesuai dengan gambar pengamalannya • Siswa dibimbing guru untuk memahami simbol-simbol Pancasila
• Siswa menceritakan pengalamannya dalam menerapkan sila pertama Pancasila dalam kehidupannya. ( Literasi )
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun • Menentukan isi teks yang termasuk ungkapan Siswa membaca teks percakapan yang terdapat Buku Siswa. Teks tersebut digunakan untuk mencapai muatan PPKn dan Bahasa Indonesia. ( Literasi )
• Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan diskusi di dalam kelompoknya. ( Critical Thinking and Problem Solving )
PJOK
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional • Menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana.
• Melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa memperhatikan guru memperagakan gerak dasar berjalan (mengamati, menanya, dan menggali informasi). ( Communication )
Siswa memperagakan sesuai contoh guru (mencoba, menalar). (Mandiri)
• Gerak dasar berjalan dikembangkan dengan berjalan berpasangan atau jalan beregu. (Gotong-royong)
Sub Tema I PB 3
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun Menyebutkan ungkapan dalam teks lagu tentang hidup rukun.
Menuliskan ungkapan dalam teks lagu Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan makna ungkapan melalui kalimat yang ditulisnya. Guru bisa menambahkan ungkapan yang lain.
• Siswa menyebutkan arti ungkapan dalam kalimat tersebut (Rubrik Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret Menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu.
Membaca bilangan cacah sampai 999.
Menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan objek Siswa berlatih membaca bilangan melalui kegiatan memasangkan gabungan gambar kubus dengan bilangan yang sesuai.
• Semakin banyak bilangan yang bisa dibuat oleh siswa, semakin bagus skornya. Target minimal siswa mendapatkan nilai baik bila dapat menentukan dan membaca bilangan tiga angka sebanyak 10 bilangan dengan benar.
SBDP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak Membedakan panjang pendek bunyi pada lagu.
Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu.
Menentukan kuat lemah bunyi pada lagu Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.
• Sambil menyanyi, siswa memberi tanda panjang dan pendek bunyi
• Kuat lemahnya bunyi berhubungan dengan irama. ( Communication )
Sub Tema I PB 4
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Nama Sekolah : ...............
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Sub Tema I PB 1
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun • Menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
• Menirukan ungkapan pada teks percakapan • Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru. ( Literasi )
• Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
• Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret • Bilangan tiga angka dengan menggunakan gambar.
• Bilangan tiga angka sampai 999 Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa. ( Communication )
• Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka. ( Creativity and Innovation )
SBDP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak • Membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak.
• Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak • Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama sama dengan guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.
• Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang diamati adalah percaya diri
Sub Tema I PB 2
PPKn
1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila. • Memasangkan simbol dengan bunyi sila pada Pancasila.
• Menyebutkan bunyi sila yang sesuai dengan gambar pengamalannya • Siswa dibimbing guru untuk memahami simbol-simbol Pancasila
• Siswa menceritakan pengalamannya dalam menerapkan sila pertama Pancasila dalam kehidupannya. ( Literasi )
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun • Menentukan isi teks yang termasuk ungkapan Siswa membaca teks percakapan yang terdapat Buku Siswa. Teks tersebut digunakan untuk mencapai muatan PPKn dan Bahasa Indonesia. ( Literasi )
• Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan diskusi di dalam kelompoknya. ( Critical Thinking and Problem Solving )
PJOK
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional • Menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana.
• Melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa memperhatikan guru memperagakan gerak dasar berjalan (mengamati, menanya, dan menggali informasi). ( Communication )
Siswa memperagakan sesuai contoh guru (mencoba, menalar). (Mandiri)
• Gerak dasar berjalan dikembangkan dengan berjalan berpasangan atau jalan beregu. (Gotong-royong)
Sub Tema I PB 3
Bahasa Indonesia
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun Menyebutkan ungkapan dalam teks lagu tentang hidup rukun.
Menuliskan ungkapan dalam teks lagu Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan makna ungkapan melalui kalimat yang ditulisnya. Guru bisa menambahkan ungkapan yang lain.
• Siswa menyebutkan arti ungkapan dalam kalimat tersebut (Rubrik Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret Menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu.
Membaca bilangan cacah sampai 999.
Menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan objek Siswa berlatih membaca bilangan melalui kegiatan memasangkan gabungan gambar kubus dengan bilangan yang sesuai.
• Semakin banyak bilangan yang bisa dibuat oleh siswa, semakin bagus skornya. Target minimal siswa mendapatkan nilai baik bila dapat menentukan dan membaca bilangan tiga angka sebanyak 10 bilangan dengan benar.
SBDP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak Membedakan panjang pendek bunyi pada lagu.
Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu.
Menentukan kuat lemah bunyi pada lagu Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.
• Sambil menyanyi, siswa memberi tanda panjang dan pendek bunyi
• Kuat lemahnya bunyi berhubungan dengan irama. ( Communication )
Sub Tema I PB 4
Link Download :
0 Response to "SILABUS KELAS 2 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013"
Post a Comment