SILABUS KELAS 3 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 - sdn215tjsari

SILABUS KELAS 3 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013

silabus kelas 3 semester 1

                             Kompetensi Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran
                                                                 SUB TEMA 1 PB 1       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks tentang ciri-ciri makhluk hidup.
    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
    Menulis ciri-ciri makhluk hidup.
        Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar. Critical Thinking and Problem Solving
    Berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup.
    Menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar. Mandiri

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
MTK       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.        Menulis nama dan lambang bilangan.
    Mengurutkan bilangan.        Mengenal nama dan lambang bilangan ribuan. Communication
    Berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
    Berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SBdP       
3.2 Mengetahui bentuk danvariasi pola irama dalamlagu.        Menyanyi lagu yang memiliki pola irama sederhana.
    Membaca pola irama sederhana pada lagu.
        Mengenal lagu Cicak di Dinding.
    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu. Critical Thinking and Problem Solving
    Mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.
    Mengamati tanda       dan          yang ada pada syair lagu.
    Berlatih menyanyi secara bergantian.
4.2 Menampilkan bentuk danvariasi irama melalui lagu.    
   
SUB TEMA 1 PB 2       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Membaca dan mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
    Membuat kalimat berdasarkan kosa kata yang diberikan.
        Mengamati ciri kedua makhluk hidup yaitu bernapas. Siswa berdiskusimengenai cara tumbuhan bernapas. Jika memungkinkan lakukan kegiatanpercobaan untuk membuktikan tumbuhan bernapas.Creativity and Innovation
    Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup lainnya, yaitu tumbuh. Sejak kelas 1sampai dengan kelas 3 tentunya ada banyak perubahan pada siswa. Begitupunpada makhluk hidup lainnya. Kucing, ayam, dan tumbuhan akan tumbuh dari kecilmenjadi besar.Critical Thinking and Problem Solving
    Berlatih menuliskan berbagai cara berkembang biak hewan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Berdiskusi tentang cara memenangkan sebuah perlombaan dan sikap yang harus dilakukan.
Bercerita tentang pengalaman mempraktikkan sikap bersyukur.        Membaca teks tentang Bersyukur kepada Tuhan.
    Menuliskan cara-cara bersyukur atas rahmat Tuhan terutama berkaitandengan karunia keragaman makhluk hidup dan alat geraknya.Critical Thinking and Problem Solving
    Menuliskan pada tempat yang tersedia.Mandiri
    Menceritakan hasil tulisan di depan teman-teman.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.       
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.       
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.       
PJOK       
3.1 Memahami kombinasigerak dasar lokomotorsesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.        Mempraktikkan berbagai macam cara berjalan dan berlari.
    Mempraktikkan gerak kombinasi jalan dan lari.
        Mempraktikkan berbagai cara berjalan dan berlari. Berjalan danberlari merupakan cara manusia bergerak dan berpindah tempat.Creativity and Innovation
    Mencoba melakukan berbagai cara berlari secara perkelompok danperorangan.
    Mencoba kegiatan kombinasi berlari dan berjalan melalui permainanlomba jalan dan lari.Creativity and Innovation
4.1 Mempraktikkan kombinasigerak dasar lokomotorsesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.       
SUB TEMA 1 PB 3       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar.
    Menemukan hubungan antar kedua gambar.
    Menceritakan hasil perbandingan.
        Mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang adapada gambar.
    Menuliskan hasil pengamatan pada tempat yang tersedia pada buku.Mandiri
    Mengamati gambar keluarga Siti sedang makan bersama dan gambarinduk, telur, serta anak ayam.
    Berlatih menuliskan informasi yang dapat diperoleh dari gambar tersebut,dan menuliskan.Critical Thinking and Problem Solving
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.        Berlatih membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.
    Berlatih mengurutkan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.
    Berlatih menentukan nilai tempat bilangan.        Diingatkan kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca namadan lambang bilangannya.
    Mengamati contoh suatu data hasil dari sebuh peternakan.
    Berlatih menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan.Critical Thinking and Problem Solving
4.1 Menyelesaikan masalahyang melibatkanpenggunaan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.       
SBdP       
3.2 Mengetahui bentuk danvariasi pola irama dalamlagu.
        Menyanyikan lagu Anak Ayam.
    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada lagu Anak Ayam.
    Mengidentifikasi pola irama sederhana pada lagu.

        Mengamati guru menyanyikan lagu Anak Ayam.
    Berlatih menyanyi lagu Anak Ayam.
    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu AnakAyam.
    Mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu Anak Ayamdengan cara memberi simbol bunyi panjang dan bunyi pendek pada syair lagu.Critical Thinking and Problem Solving
    Berlatih membuat pola bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu AnakAyam.
    Menyanyikan lagu Anak Ayam dengan pola yang telah dibuat.
4.2 Menampilkan bentuk danvariasi irama melalui lagu.       
SUB TEMA 1 PB 4       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Berdiskusi pentingnya menjaga kesehatan.
        Mendengarkan penjelasan guru tentang ciri makhluk hidup lainnya yaitu tumbuh. Communication
    Pertumbuhan artinya bertambah ukuran baik berat maupun tingginya.
    Pertumbuhan juga dipengaruhi kebiasaan berolahraga.

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Mengidentifikasi cara bersyukur.
    Menulis dan menceritakan pengalaman sikap bersyukur.        Membaca teks tentang Bersyukur kepada Tuhan.
    Menuliskan cara-cara bersyukur atas rahmat Tuhan terutama berkaitandengan karunia keragaman makhluk hidup dan alat geraknya.Critical Thinking and Problem Solving
    Menuliskan pada tempat yang tersedia.Mandiri
    Menceritakan hasil tulisan di depan teman-teman.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.       
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.     
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.       
PJOK       
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.        Bermain kuda-kudaan.
    Berdiskusi manfaat berolahraga melalui kegiatan bermain kuda-kudaan.
        Siswa akan berolahraga melalui permainan kuda-kudaan.
    Sebelum bermain, siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu.
    Bermain kuda-kudaan adalah salah satu kegiatan olahraga. Karena permainan kuda-kudaan dapat membantu memperkuat tangan dan kaki siswa.
    Berdiskusi mengenai manfaat olahraga melalui permainan kuda-kudaan. Communication
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.       
SUB TEMA 1 PB 5       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi kegiatan pada setiap gambar berseri.
    Membuat cerita berdasarkan gambar berseri.
        Mengamati gambar berseri.
    Menuliskan cerita berdasarkan gambar tersebut.
    Berdiskusi tentang salah satu siswa yang ada pada gambar berseri.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Mengidentifkasi kebiasaan baik yang harus dilakukan sebelum dan sesudah makan.
    Menceritakan kebiasaan baik yang harus dilakukan sebelum dan sesudah makan.
        Berdiskusi mengenai hal-hal yang mengakibatkan siswa tersebut sakit. Critical Thinking and Problem Solving
    Salah satu hal yang menyebabkan dia sakit adalah karena makan sebelum cuci tangan. Setelah bermain tanah, tentunya banyak kuman yang hinggap ditangannya.
    Saat dia makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, menyebabkan ia mudah untuk sakit.
    Menuliskan kebiasaan baik yang biasa dilakukan sebelum makan.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.       
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.       
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
        
Link Download :
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
        Berlatih menyelesaikan soal penjumlahan dengan cara susun ke bawah.
    Berlatih menyelesaikan soal cerita penjumlahan.        Berlatih menyelesaikan persoalan yang diberikan. Critical Thinking and Problem Solving
    Memberikan tambahan soal untuk latihan siswa.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SUB TEMA 1 PB 6       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
    Menuliskan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar dan sikap yang harus dilakukan.
        Mengingat kembali ciri-ciri makhluk hidup.
    Mengamati gambar, lalu mengidentifikasiciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.
    Mengidentifikasi sikap yang erkaitan dengan gambar tersebut.Critical Thinking and Problem Solving


4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
        Menyelesaikan soal penjumlahan.
    Berlatih membuat soal cerita.        Mengingat kembali teknik penjumlahan susun ke bawah yang sudahdipelajari sebelumnya.
    Menjawab pertanyaan tentang soal penjumlahan yang diberikan guru.Mandiri
    Menyelesaikan soal yang ada pada gambar ikan.Critical Thinking and Problem Solving
    Berlatih membuat soal cerita penjumlahan, lalu meminta teman lain menjawab pertanyaan yang dibuatnya. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian. Collaboration

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SBdP       
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
        Mengidentifikasi cara bersyukur.
    Menuliskan sikap bersyukur yang pernah dilakukan.
        Mengerjakan latihan tentang cara bersyukur.
    Cara bersyukur atas karunia kaki untuk berjalan bisa dilakukan dengan caramemelihara kaki. Menggunakan sepatu atau sandal agar terhindar dari bendaberbahaya. Menggunakan untuk hal yang baik.
    Mensyukuri badan yang tumbuh besar dengan cara menjaga asupan makanan.Badan yang kuat membuat energi makin kuat. Kekuatan digunakan untukmelindungi atau membantu yang lain.
    Mensyukuri karena memiliki makanan dan minuman dengan cara berdoa sebelumdan sesudah makan.
    Mensyukuri kemampuan bernapas dengan ikut menjaga lingkungan. Sehinggaudara yang dihirup selalu bersih dan sehat untuk tubuh.
    Bersyukur atas keluarga yang menyayangi dengan cara menyayangi kembalisemua anggota keluarga.
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.       
SUB TEMA 2 PB 1       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan manusia.
    Membuat pertanyaan untuk mewawancarai orang tua.
        Membaca teks tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia.
    Menjawab pertanyaan guru tentang pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan teks yang dibaca. Mandiri
    Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan dirinya. Untuk melengkapi informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan dirinya, siswa diminta untuk membuat pertanyaan yang akan disampaikan pada orang tuanya. Mandiri
4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.        Berlatih menyelesaian soal penjumlahan tanpa teknik menyimpan.        Mengingat kembali cara penyelesaian soal penjumlahan.
    Mengamati penjelasan tentang cara penyelesaian soal penjumlahan dengan nilai bilangan ribuan.
    Dikenalkan dengan cara penjumlahan dengan teknik menyimpan.

4.1 Menyelesaikan masalahyang melibatkanpenggunaan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.       
SBdP       
3.3 Mengetahui dinamikagerak tari.        Berlatih menari dengan gerakan lambat pada tangan.
        Berlatih mempraktikkan gerak lemah dan kuat dalam sebuah tarian
4.3 Meragakan dinamika geraktari.       
SUB TEMA 2 PB 2       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.        Menulis tentang pertumbuhan dan perkembangan diri.
        Mengidentifikasi informasi apa saja yang diterima dari orang tua mengenaiproses pertumbuhan dan perkembangan yang dialaminya. Misalnya, berat badansaat lahir, usia saat pertama kali bisa merangkak atau berjalan, dan lain-lain.Critical Thinking and Problem Solving
    Menuliskan kembali informasi tersebut menjadi sebuah cerita tentangpertumbuhan dan perkembangan dirinya.Mandiri
4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Menuliskan sikap baik dalam menerima perbedaan.        Membaca teks tentang “Menghargai Perbedaan”.
    Berlatih menuliskan pendapatnya jika melihat perbedaan yang ada disekitar.Mandiri
    Menyampaikan pendapatnya di depan teman-teman.Communication
    Diingatkan kembali tentang contoh–contoh sikap yang merupakanpengamalan Pancasila. Saling menghormati dan menyayangi antarsesamatermasuk pengamalan sila kedua Pancasila.Creativity and Innovation
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.       
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
       
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.       
PJOK       
3.1 Memahami kombinasigerak dasar lokomotorsesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.        Bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
        Perkembangan kekuatan dan kecepatan juga berbeda-beda.
    Siswa diajak bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.
    Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda.
    Kekuatan ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya, perbedaanpertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan anugerah Tuhan, kita wajibmensyukurinya.
4.1 Mempraktikkan kombinasigerak dasar lokomotorsesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.       
SUB TEMA 2 PB 3       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi makanan yang baik untuk dikonsumsi.
    Menuliskan syarat makanan yang baik untuk dikonsumsi.
        Membaca teks tentang pentingnya makanan untuk kesehatan.
    Berdiskusi setelah membaca teks yang ada pada buku tentang jenis-jenismakanan, syarat makanan sehat, dan juga kandungannya.
    Mengamati gambar berbagai makanan, lalu memberikan pendapat danmenuliskan pendapat mengenai makanan yang bisa dimakan setiap hari dansesekali terkait kandungan yang ada pada makanan tersebut.Critical Thinking and Problem Solving
    Menuliskan pendapat pada tempat yang disiapkan.Mandiri
4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.        Menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan.        Berlatih kembali untuk menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknikmenyimpan.Critical Thinking and Problem Solving
4.1 Menyelesaikan masalahyang melibatkanpenggunaan sifat-sifatoperasi hitung padabilangan cacah.       
SBdP       
3.3 Mengetahui dinamikagerak tari.
        Menari dengan gerakan kuat dan lemah pada tangan.
        Mengingat kembali gerakan tari yang sudahdipelajari pada pertemuan sebelumnya.
    Pada pertemuan ini, siswa diajak mempraktikkangerakan tari yang digabungkan dengan sebuah nyanyian.
    Setelah berlatih menari, siswa berdiskusi mengenai perasaan saat menari.Communication
    Siswa secara berkelompok berlatih menciptakan gerak kuat dan lemah dalamsuatu tarian.Collaboration
    Siswa dapat menggunakan lagu yang sama ataupun lagu lainnya.
4.3 Meragakan dinamika geraktari.       
SUB TEMA 2 PB 4       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.        Mengidentifkasi pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan manusia.


        Membaca teks yang ada pada buku.
    Mendiskusikan mengenai teks. Teks menjelaskan mengenai pentingnya sarapan dengan makanan sehat sebelum pergi ke sekolah. Communication
    Berlatih menjawab latihan sesuai dengan teks yang dibacanya. Mandiri

4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
        Menghargai perbedaan.
        Mengamati contoh sikap dalam menghadapi perbedaan.

2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
       
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
       
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.       
PJOK       
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
        Bermain Kijang dan Rusa.
        Berlatih menguji kekuatan melalui kegiatan bermain Kijang dan Rusa. Creativity and Innovation
    Berdiskusi tentang pengalaman bermain Kijang dan Rusa. Communication
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.       
SUB TEMA 2 PB 5       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.        Menjelaskan faktor olahraga dan rekreasi pada proses pertumbuhan dan perkembangan.
    Mewawancara teman mengenai olahraga kesukaan.
        Berlatih menyampaikan hasil wawancara di depan kelas-kelasnya.
    Mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya berolahraga dan rekreasi dalam proses perkembangan dan pertumbuhan. Communication

4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
        Menghargai perbedaan kesukaan.
    Menceritakan olahraga kesukaan.
        Kegiatan dilanjutkan dengan membandingkan perbedaan kesukaan antarteman dan cara menghargai perbedaan.
    Menjawab pertanyaan tentang pentingnya menghargai perbedaan dan manfaat bekerja sama. Critical Thinking and Problem Solving
    Berlatih menanyakan olahraga kesukaan pada teman-temannya.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
   
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
       
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
        Menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.        Menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SUB TEMA 2 PB 6       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakatadalam teks tentangkonsep ciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yang ada dilingkungan setempat yangdisajikan dalam bentuklisan, tulis, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.        Menjelaskan tidur sebagai faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan.
    Menuliskan cerita tentang kebiasaan baik sebelum tidur sesuai gambar.
        Mengamati gambar berseri yang ada di buku.
    Berlatih membuat cerita sesuai gambar.Mandiri
    Gambar menunjukkan cerita tentang kegiatan Siti sebelum tidur.
4.4 Menyajikan laporantentang konsepciri-ciri, kebutuhan(makanan dan tempathidup), pertumbuhan,dan perkembanganmakhluk hidup yangada di lingkungansetempat secara tertulismenggunakan kosakatabaku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Mengidentifikasi cara berdoa pada setiap agama.
    Menghargai perbedaan cara berdoa.
    Menceritakan cara berdoa.
        Cara berdoa setiap agama berbeda-beda. Kita harus menghargai perbedaan.
    Mengamati cara berdoa setiap agama melalui gambar.
    Berlatih menceritakan cara berdoa sesuai agama yang dianutnya.
    Menulis pada tempat yang tersedia.Mandiri
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
       
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
       
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
        Menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam.        Mengingat kembali cara menyelesaikan soal pengurangan dengan teknikmeminjam.Critical Thinking and Problem Solving
    Berlatih memasangkan soal dengan jawaban.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SUB TEMA 3 PB 1       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
        Mengidentifikasi pertumbuhan ayam.
    Menuliskan tahapan pertumbuhan dan perkembangan ayam.
        Mengamati gambar pertumbuhan dan perkembangan ayam.
    Berdiskusi tentang pengalaman dan pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan ayam. Communication
    Menuliskan beberapa hewan yang memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan ayam misalnya badannya berbulu, memiliki paruh, memiliki sayap, kakinya dua, dan berkembang biak dengan cara bertelur. Mandiri
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.        Menyelesaikan soal perkalian.        Mengingat kembali mengenai cara menyelesaikan soal-soal perkalian.

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SBdP       
3.1 Memahami unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.
        Menggambar hewan sesuai imajinasi.
        Mengamati gambar dekoratif hewan.
    Sebelum siswa berlatih menggambar dekoratif dengan tema ayam dan induk ayam, siswa berlatih membuat garis lengkung dan zigzag terlebih dahulu dengan cara menebalkan garis.
    Berlatih menggambar induk dan anak ayam.
    Mewarnai gambar hasil karyanya.
4.1 Membuat karya dekoratif.       
SUB TEMA 3 PB 2       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan kucing.
    Menjawab pertanyaan tentang pertumbuhan dan perawatan kucing sesuai teks.
    Berdiskusi tentang perbedaan warna anak kucing.
    Menulis hewan yang memiliki kemiripan dengan kucing.
        Berdiskusi mengenai salah satu isi teks yang menyampaikan bahwaanak kucing Siti berwarna macam-macam.Communication
    Menyebutkan berbagai hewan yang memiliki kesamaan ciri dengankucing.Mandiri
    Kucing memiliki ciri-ciri kulit berambut, berkembang biak dengan cara melahirkan,menyusui, dan berkaki empat.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Memberikan pendapat tentang sikap saling membantu teman.        Menyampaikan pendapat tentang sikap yang harus dilakukan saat melihatperbedaan di depan teman-temannya.Communication
    Diingatkan bahwa saling menghargai dan menyayangi adalah sikap yangharus dilakukan.
    Semua perbedaan ini diciptakan oleh Tuhan yang harus kita syukuri sebagaiucapan terima kasih kita padaNya.
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
PJOK       
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.        Berlatih mempraktikkan gerak kombinasi lari dan lompat.
        Berlatih menirukan gerak kuda saat berlari dan melompat.
    Mengevaluasi diri masing-masing mengenai batas kemampuan melompat.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.       
SUB TEMA 3 PB 3       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi dan menuliskan jenis ikan dan ciri-cirinya.
        Membaca teks tentang ciri-ciri ikan.
    Berdiskusi mengenai berbagai jenis ikan yang pernah dilihatnya.Communication
    Menuliskan minimal 5 informasi tentang jenis-jenis ikan dan ciri-cirinya.Mandiri
    Menceritakan hasil wawancara terhadap teman tentang jenis-jenis ikanyang pernah dilihatnya.Communication
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
Matematika        
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.        Menyelesaikan soal perkalian.        Mengingat kembali langkah-langkah dalam menyelesaikan soal pembagian.
    Berlatih dengan soal yang diberikan guru.Critical Thinking and Problem Solving
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SBdP       
3.1 Memahami unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.
        Menghias gambar dekoratif ikan dengan menggunakan garis.
        Mengamati contoh gambar dekoratif hewan.Communication
    Mengamati garis dan warna yang ada pada gambar dekoratif ikan.
    Brlatih menghias gambar ikan dengan berbagai macam garis mengikuticontoh.Creativity and Innovation
    Mewarnai gambar agar lebih menarik.
4.1 Membuat karya dekoratif.       
SUB TEMA 3 PB 4       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
        Mengidentifkasi pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu.
    Menulis setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu.
        Membaca teks tentang pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu. Communication
    Mengamati gambar daur hidup kupu-kupu.
    Berbagi cerita pengalaman melihat tahapan-tahapan pada daur hidup kupu-kupu tersebut.
    Mendengarkan tahapan dan proses yang terjadi selama daur hidup kupukupu.
    Menuliskan tahapan perkembangan/daur hidup kupu-kupu dengan bahasanya sendiri. Mandiri
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
       
PPKn       
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Menuliskan saran untuk teman sebagai bentuk menghargai.        Berlatih menulis saran tentang kemampuan gerak tersebut. Creativity and Innovation
    Berlatih menyampaikan sarannya.
    Menceritakan pengalaman memberi saran kepada temannya.
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
PJOK       
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.        Menirukan gerak tahapan daur hidup kupu-kupu.
        Berlatih menirukan gerak sesuai contoh.
    Melakukan pemanasan terlebih dahulu seperti berlari mengelilingi lapangan.
    Bercerita mengenai pengalaman menirukan gerak daur hidup kupu-kupu. Communication
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.       
SUB TEMA 3 PB 5       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan katak.
        Mengamati gambar daur hidup katak.
    Membaca teks tentang daur hidup katak.Communication
    Mengamati kembali tahapan daur hidup katak, lalu menganalisa tahapanyang paling penting.Critical Thinking and Problem Solving

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Menuliskan saran kepada teman agar saling menghargai.
    Memberi saran kepada teman agar bersikap saling menghargai.
        Pentingnya untuk saling menyayangi dan menghargai, agar dapat bertemandengan baik dan disukai semua teman.
    Berlatih menuliskan saran tentang hal tersebut.
    Berlatih menyampaikan saran.

2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
       
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
       
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
        Berlatih soal perkalian.        Berlatih menyelesaikan soal perkalian.
    Berlatih membuat soal cerita.Mandiri

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
       
SUB TEMA 3 PB 6       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
        Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan nyamuk.
    Membuat poster ajakan menghindari penyakit demam berdarah.
        Membaca teks yang ada pada buku.
    Berdiskusi tentang berbagai penyakit yangdisebabkan oleh nyamuk. Communication
    Berdikusi tentang cara dan tempat nyamukberkembang biak.
    Berdiskusi cara menjaga lingkungan untuk mencegah berbagai penyakityang disebabkan nyamuk.
    Mencoba membuat poster sebagai ajakan untuk menjaga lingkungan agarterhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.Creativity and Innovation

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Berlatih menuliskan saran.
        Melanjutkan kegiatan untuk berlatih memberi saran pada tetangga.

2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
       
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
       
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.        Berlatih soal perkalian.        Berlatih menyelesaikan soal perkalian.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SUB TEMA 4 PB 1       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi daun.
        Membaca teks.
    Mengamati berbagai cara pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, lebih baik jika siswa mengamati langsung berbagai tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi.
    Berdiskusi tentang berbagai jenis tumbuhan sesuai dengan cara berkembangbiak. Communication
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
        Menyelesaikan soal pembagian.        Berlatih soal pembagian.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SBdP       
3.1 Mengetahui unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.        Membuat kerajinan mozaik.
        Mengamati salah satu contoh kerajinan mozaik.
    Berlatih menghias gambar dengan tempelan daun kering yang disebut dengan kerajinan mozaik. Creativity and Innovation
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.
       
4.1 Membuat karya dekoratif.
       
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung.       
SUB TEMA 4 PB 2       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi tumbuhan yang berkembang biak dengan biji.
    Menuliskan tahapan pertumbuhan tanaman yang berkembang biak dengan biji.
        Membaca dan menjawab pertanyaan gurutentang pertumbuhan tumbuhan yang berkembangbiak dengan biji. Communication
    Berdiskusi tentang bagian-bagian biji yang merupakan calon tumbuhanbaru.
    Menggali informasi mengenai pengetahuan mereka tentang jenis-jenistumbuhan yang berkembang biak dengan biji.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Memahami pentingnya bekerjasama.        Salah satu hal yang perlu diperhatikan agar permainan dapat berjalan denganbaik adalah kerja sama.
    Kerja sama yang baik antara sesama pemegang bambu, agar gerakan harmonisdan tidak membahayakan pemain yang sedang melompat.Gotong Royong
    Untuk bekerja sama dengan baik perlu dilatih berkomunikasi yang baik. Berdiskusisebelum permainan, berlatih bersama, saling memberi saran dengan bahasa yangsantun adalah bagian dari kerja sama.
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
       
PJOK       
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.        Bermain lompat bambu.
        Mendiskusikan berbagai manfaat bambu.
    Salah satu manfaat bambu adalah untuk permainan.
    Mempraktikkan permainan lompat bambu dengan tahapan seperti berikut.
    Mendiskusikan pengalaman saat bermain lompat bambu.
    Berdiskusi tentang cara bermain yang baik.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.       
SUB TEMA 4 PB 3       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Mengidentifikasi berbagai macam bunga.
    Mendeskripsikan salah satu bunga.
        Mendengarkan penjelasan guru tentang bagian-bagian bunga, terutamaputik dan benangsari.Communication
    Membaca teks tentang bunga kebanggan Indonesia.
    Menulis deskripsi tentang salah satu bunga pilihan dan mencari informasitentang cara perkembangbiakan tumbuhan tersebut.Mandiri
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
        Menyelesaikan soal pembagian.        Mengingat kembali teknik penyelesaian soal pembagian seperti contoh.Critical Thinking and Problem Solving

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SBdP       
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.
        Menghias gambar bunga dengan potongan kertas yang dipotong-potong.
        Mengamati berbagai gambar bunga yang ada pada buku.
    Menggunting kertas warna-warni menjadi ukuran yang sangat kecil. Bentukguntingan sembarang, atau bisa dilakukan dengan cara merobek.Creativity and Innovation
    Berlatih mewarnai gambar bunga dengan potongan kertas warna-warniyang tersedia.
    Mewarnai dengan caramenempel potongan kertas pada gambar bunga yangtersedia sampai penuh.
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung.       
SUB TEMA 4 PB 4       
Bahasa Indonesia       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Menjelaskan tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi.
    Menyebutkan berbagi jenis umbi.
        Mengamati umbi-umbian dan makanan hasilolahan yang berasal dari umbi-umbian yang dibawaoleh guru.
    Menjawab pertanyaan tentang nama, rasa,dan makanan yang berasal dari umbi-umbian.Mandiri
    Mengamati berbagai umbi-umbian lalu membandingkan satu denganlainnya.
    Menuliskan hasil perbandingan di tempat yang disediakan.Critical Thinking and Problem Solving
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Menceritakan pengalaman bekerja sama.        Mengamati gambar Siti sedang bekerja sama membuat getuk. Getuk adalah makanan tradisional yang berbahan dasar umbi-umbian. Saat bekerja mereka membagi tugas dengan merata, sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan dalam waktu yang lebih singkat. Critical Thinking and Problem Solving
    Menulis pengalaman bekerja sama dengan teman pada tempat yangtersedia.Gotong Royong

2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
PJOK       
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.        Bermain lari dan lompat.
        Bermain lari dan lompat.

4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.       
SUB TEMA 4 PB 5       
Bahasa Indonesisa       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Berlatih membaca percakapan.
    Mencari kata-kata baru, lalu mencari artinya dalam kamus.
    Menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat.
        Membaca teks tentang perkembangbiakantumbuhan dengan spora.
    Berlatih membaca teks dialog secaraberpasangan.Collaboration
    Mendengarkan penjelasan guru tentang teks dialog.
    Berdiskusi tentang isi bacaan.Communication
    Menuliskan kata-kata baru yang ditemui dan mencari arti kata tersebutpada kamus.
    Berlatih membuat kalimat dari kata-kata baru yang ditemuinya.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
        Menulis cerita
        Untuk memantapan pemahaman mengenai perkembangbiakan dengan spora,siswa menuliskan kembali teks dialog yang dibaca dalam bentuk cerita.Mandiri
    Berlatih bekerja sama membersihkan lingkungan kelas secara berkelompok.Collaboration

2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
        Menyelesaikan soal pembagian.    Kegiatan terakhir, siswa berlatih menyelesaikan soal-soal pembagian sesuaicontoh yang diberikan.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       
SUB TEMA 4 PB 6       
Bahasa Indonesisa       
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.        Menjelaskan perkembanganbiakan tumbuhan dengan bantuan manusia.
    Menjawab pertanyaan sesuai teks.
    Mencari arti kata dalam kamus.
    Membuat kalimat
        Membaca teks tentang proses mencangkoktanaman. Jika ada contoh hasil proses cangkokdan ada narasumber yang memahami prosespencangkokan, lebih baik kegiatan diskusi danpengamatan langsung.Communication
    Berlatih menyelesaikan latihan soal terkait proses pencangkokan.Critical Thinking and Problem Solving
    Mengamati kata-kata baru yang ditemui, lalu menuliskan dan mencariartinya di kamus.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.       
PPKn       
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.        Menceritakan kegiatan kerjasama.        Berdiskusi tentang berbagai kegiatan kerja sama yang biasa dilakukan dirumah.Communication
    Menuliskan kegiatan kerja sama yang biasa dilakukan di rumah.
    Menuliskan pendapat tentang berbagai kegiatan kerja sama.
    menceritakan pendapatnya di depan teman-teman.Mandiri
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
       
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
4.4 Menyajikan bentukbentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.       
Matematika       
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
        Menyelesaikan soal pembagian.
        Berlatih menyelesaikan soal-soal pembagian sesuaicontoh yang diberikan.Critical Thinking and Problem Solving
    Berlatih membuat soal cerita pembagian.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.       

0 Response to "SILABUS KELAS 3 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2