SILABUS KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013
SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019
Nama Sekolah : .............
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (satu)
Tema1 : Indahnya Kebersamaan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Sub Tema 1 PB 1
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019
Nama Sekolah : .............
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1 (satu)
Tema1 : Indahnya Kebersamaan
Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Sub Tema 1 PB 1
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
▪ Berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tentang isi dari paragraf satu.
▪ Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Mengidentifikasi keberagaman yang ada di Sekitar ▪ Berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia
▪ Mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi ▪ Beberapa siswa diminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.)
▪ Melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
▪ Menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.
Sub Tema 1 PB 2
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Mengidentifikasi keberagaman yang ada disekitar ▪ Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat. Guru memotivasi siswa untuk menguatkan nilainilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
▪ Guru menanyakan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa)
▪ Pada sesi kali ini, siswa akan belajar tari daerah. Tari yang dipelajari adalah Bungong Jeumpa atau tarian daerah lainnya.
▪ Mendiskusikan dasar-dasar gerakan tarian.
▪ Mempraktikkan satu persatu dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan posisi tubuh setiap dasar gerakan.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah
Sub Tema 1 PB 3
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf ▪ Diingatkan kembali tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.
▪ Membaca kembali teks berjudul “Sigap Membantu Sesama” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya.
▪ Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia.
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat Percobaan yang berbeda tentang sifatbunyi merambat.
Berdiskusi membuat pertanyaan tentang sifat bunyi merambat.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Sub Tema 1 PB 4
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks
▪ Membaca teks Tari Kipas Pakarena yang ada di buku siswa. Siswa membaca teks tersebut dengan membaca senyap.
▪ Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Mendemostrasikan pentingnya persatuandan kesatuan Membaca teks dan melakukan simulasi tentang makna persatuan dan kesatuan pada buku siswa.
Menyimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan memberi manfaat
Bersatu membuat sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi kuat.
Bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.
Mengidentifikasi sikap-sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Sub Tema 1 PB 5
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa)
Mendiskusikan dan memperagakan gerakan dasar tari Bungong Jeumpa setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, menyaksikan peragaan dari guru.
Menyampaikan bahwa tari Bungong Jeumpa adalah satu dari sekian banyak tarian yang ada di Indonesia. Kita semestinya bersyukur dan menghargai keberagaman tersebut. Ketika kita saling menghargai dalam keanekaragaman sosial dan budaya, maka akan tercipta kehidupan yang harmonis.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Menyajikan keberagaman yang terdapat di sekitar Guru menyampaikan bahwa warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.
Siswa membaca teks tentang Suku Minang dalam hati (membaca senyap).
Mencari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi mereka masing-masing.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Sub Tema 1 PB 6
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Menyajikan keberagaman yang terdapat di wilayah sekitar
Guru menyampaikan bahwa warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama
Membaca informasi di buku siswa.
Membaca kembali teks tentang Suku Minang.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual. Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks
Menemukan dan menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk setiap paragraf pada diagram yang terdapat dalam buku siswa
Menuliskan kesimpulan tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung di buku siswa.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Sub Tema 2 PB 1
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Gagasan pokok dan
pendukung dari teks tulis
Menemukan gagasan pokok dan
pendukung dari teks tulis
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Melakukan percobaan
Diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi.
Melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang asal sumber bunyi hingga sampai ke telinga pendengar.
Melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang sumber bunyi berdasarkan instruksi yang terdapat di buku.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Mendiskusikan pentingnya kerjasama dan saling menghargai dalam keberagaman Membaca senyap teks tentang sikap toleransi dan kerja sama antar pemeluk agama yang berbeda.
Mendiskusikan sikap yang bisa ditauladani dari isi cerita tersebut
Memberikan penguatan tentang pentingnya mempraktikkan sikap toleransi dan kerja sama antar teman yang berbeda agama.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Sub Tema 2 PB 2
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Mendiskusikan pentingnya kerjasama
Membaca senyap teks tentang Tong Sampah Gotong Royong.
Mengidentifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya. Siswa menuliskan hasilnya pada diagram yang ada di buku siswa.
Mengidentifikasi keberagaman dan kerjasama yang ada di lingkungannya. Siswa juga menuliskannya di buku siswa. Produk ini akan dinilai dengan penilai 1. Guru menjelaskan rubrik yang diharapkan. Siswa bisa menuliskan dalam bentuk grafik yang disiapkan.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tarian daerah (Bongong Jeumpa) Mengamati formasi gerakan tarian Bungong Jeumpa yang ada di buku siswa.
Ketika sudah lancar, siswa mempraktikkan formasi dengan dengan iringan musik dan hitungan dari guru. Jika sudah sangat lancar hanya diiringi dengan musik.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Sub Tema 2 PB 3
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Menemukan gagasan pokok dan
pendukung dari teks tulis Membaca senyap teks berjudul “Tong Sampah Gotong Royong” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya.
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia.
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran. Melakukan percobaan
Diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga sampai ke indera pendengar.
Menyimpulkan hasil diskusi tentang pentingnya merawat indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Sub Tema 2 PB 4
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Kerjasamadalam keberagaman
Mendiskusikan pentingnya kerjasamadalam keberagaman
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
Menemukan gagasan pokok dan
pendukung dari teks
Membaca teks yang ada di buku siswa.
Guru meminta setiap siswa untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Siswa membaca setiap paragraf dengan hati-hati.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Sub Tema 2 PB 5
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tarian daerah Bungong Jeumpa Berdiskusi tentang gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya
Siswa memperagakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut.
Setelah cukup menguasai gerakan, siswa diajak berlatih secara berkelompok dengan iringan musik.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Menceritakan perayaan hari besar agama
Guru memberikan penguatan terhadap nilai-nilai yang berkaitan dengan sikap peduli dan menghargai keragaman budaya.
Setelah berlatih menari, siswa diajak untuk merenungkan bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita saling mengenal dan saling menghargai. Kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan menciptakan keselarasan di tengah-tengah perbedaan
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Sub Tema 2 PB 6
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Menceritakan pengalaman bekerja sama
Menceritakan secara tertulis pengalaman mereka bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Bahasa Indonesia
3.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual Meringkas teks “Perbedaan Bukanlah
Penghalang”
▪ Membuat ringkasan dari cerita Perbedaan BukanlahPenghalang.
▪ Membaca cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Sub Tema 3 PB 1
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual. Menemukan gagasan pokok danpendukung dari teks lisan.
Menyimak cerita tentang tentang seorang ibu pembuat dodol, makanan tradisional Betawi, yang dilisankan oleh guru.
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf tersebut.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Melakukan percobaan. Diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi.
Melakukan percobaan yang sama dengan menggunakan bahan-bahan yang berbeda, yaitu kayu, logam, dan kapas.
Kemudian mendiskusikan hasil percobaan.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia. Menceritakan pengalaman diribekerjasama dalam keberagaman.
Diingatkan kembali tentang pembelajaran sebelumya tentang Keragaman Budaya Indonesia, seperti alat musik dan permainan tradisional. Salah satu jenis keragaman yang memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia adalah makanan tradisional.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Sub Tema 3 PB 2
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Mendiskusikan pentingnya kerjasamadalam keberagaman. Diminta menuliskan pengalamannya bekerjsama dalam perbedaan.
Hal-hal yang ditulis:
1. Jenis kerjasama.
2. Perbedaan yang ada.
3. Manfaat dari kerjasama dalam perbedaan.
4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tarian daerah (Bongong Jeumpa).
Kembali berlatih tarian Tari Bungong Jeumpa dengan kelompoknya.
Berlatih dengan gerakan dasar dan formasi yang benar.
Berlatih dengan iringan musik tanpa aba-aba hitungan.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Sub Tema 3 PB 3
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual. Menemukan gagasan pokok danpendukung dari teks lisan.
Menyimak cerita tentang tentang permainan tradisional lainnya yaitu Fahombo Batu atau lompat batu dari kepulauan Nias.
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf tersebut.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar tulisan.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Melakukan percobaan. Membaca informasi tentang bunyi memantul dan menyerap yang biasanya terjadi di area lapangan yang luas. Bunyi pantul juga terdapat pada beberapa jenis alat musik seperti gendang dan angklung.
Melakukan percobaan sederhana membunyikan beragam benda yang dpat menghasilkan bunyi seperti botol, ember, gelas atau kaleng.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Sub Tema 3 PB 4
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Menceritakan pengalaman diribekerjasama dalam keberagaman.
Memperhatikan keberagaman yang ada, misalkan cara berpendapat, sifat dan lainlain.
Diusahakan dalam satu kelompok tampak keberagamannya. Kali ini guru akan mengamati bagaimana siswa bekerjasama dengan teman-teman yang berbeda.
Siswa diberikan masalah mengenai Ibu Mimip penjaga kantin. Siswa membacanya di buku siswa.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
BAHASA INDONESIA
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual. Menemukan gagasan pokok danpendukung dari teks. Mendengarkan dengan seksama. Guru membacakan satu-persatu paragraf.
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf yang didengarnya.
Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
Sub Tema 3 PB 5
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Mempresentasikan keragaman sosial dan
budaya. Melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar
Melengkapi hasil wawancara mereka dengan berbagai sumber bacaan, seperti buku perpustakaan, surat kabar, atau berbagai sumber dari internet.
Menuliskan informasi yang mereka peroleh secara terperinci.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tari Bungong Jeumpa.
Berdiskusi tentang gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Sub Tema 3 PB 6
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Menceritakan sikap kerja sama.
Menyampaikan bahwa Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, mulai dari keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri.
Menunjukkan sikap yang santun dan peduli kepada orang yang memiliki latar belakang yang berbeda dengan kita adalah merupakan hal terpuji.
Menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
BAHASA INDONESIA
3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Meringkas teks lisan Wedang Jahe.
▪ Membaca cerita yang berjudul “Wedang Jahe”.
Membuat catatan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung dari cerita tersebut.
Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung beserta ringkasan pada diagram yang terdapat di dalam buku siswa
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Mengetahui, .................., ...... Juli 2018
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
................................ ................................
NIP. ........................ NIP. ........................
▪ Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, guru memberikan penguatan tentang strategi dalam menemukan isi cerita yang biasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/ pokok pikiran, dari suatu paragraf.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Mengidentifikasi keberagaman yang ada di Sekitar ▪ Berdiskusi tentang Keragaman Budaya Indonesia
▪ Mendapatkan beragam informasi tentang keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi ▪ Beberapa siswa diminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan tentang cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.)
▪ Melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya.
▪ Menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.
Sub Tema 1 PB 2
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Mengidentifikasi keberagaman yang ada disekitar ▪ Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberikan pendapat. Guru memotivasi siswa untuk menguatkan nilainilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
▪ Guru menanyakan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa)
▪ Pada sesi kali ini, siswa akan belajar tari daerah. Tari yang dipelajari adalah Bungong Jeumpa atau tarian daerah lainnya.
▪ Mendiskusikan dasar-dasar gerakan tarian.
▪ Mempraktikkan satu persatu dasar-dasar gerakan tarian. Guru menjelaskan posisi tubuh setiap dasar gerakan.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah
Sub Tema 1 PB 3
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf ▪ Diingatkan kembali tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.
▪ Membaca kembali teks berjudul “Sigap Membantu Sesama” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya.
▪ Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia.
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat Percobaan yang berbeda tentang sifatbunyi merambat.
Berdiskusi membuat pertanyaan tentang sifat bunyi merambat.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Sub Tema 1 PB 4
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks
▪ Membaca teks Tari Kipas Pakarena yang ada di buku siswa. Siswa membaca teks tersebut dengan membaca senyap.
▪ Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Mendemostrasikan pentingnya persatuandan kesatuan Membaca teks dan melakukan simulasi tentang makna persatuan dan kesatuan pada buku siswa.
Menyimpulkan bahwa persatuan dan kesatuan memberi manfaat
Bersatu membuat sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi kuat.
Bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.
Mengidentifikasi sikap-sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Sub Tema 1 PB 5
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa)
Mendiskusikan dan memperagakan gerakan dasar tari Bungong Jeumpa setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, menyaksikan peragaan dari guru.
Menyampaikan bahwa tari Bungong Jeumpa adalah satu dari sekian banyak tarian yang ada di Indonesia. Kita semestinya bersyukur dan menghargai keberagaman tersebut. Ketika kita saling menghargai dalam keanekaragaman sosial dan budaya, maka akan tercipta kehidupan yang harmonis.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Menyajikan keberagaman yang terdapat di sekitar Guru menyampaikan bahwa warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.
Siswa membaca teks tentang Suku Minang dalam hati (membaca senyap).
Mencari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi mereka masing-masing.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Sub Tema 1 PB 6
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Menyajikan keberagaman yang terdapat di wilayah sekitar
Guru menyampaikan bahwa warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama
Membaca informasi di buku siswa.
Membaca kembali teks tentang Suku Minang.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Link Download :
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual. Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks
Menemukan dan menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk setiap paragraf pada diagram yang terdapat dalam buku siswa
Menuliskan kesimpulan tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung di buku siswa.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Sub Tema 2 PB 1
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Gagasan pokok dan
pendukung dari teks tulis
Menemukan gagasan pokok dan
pendukung dari teks tulis
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Melakukan percobaan
Diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi.
Melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang asal sumber bunyi hingga sampai ke telinga pendengar.
Melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang sumber bunyi berdasarkan instruksi yang terdapat di buku.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Mendiskusikan pentingnya kerjasama dan saling menghargai dalam keberagaman Membaca senyap teks tentang sikap toleransi dan kerja sama antar pemeluk agama yang berbeda.
Mendiskusikan sikap yang bisa ditauladani dari isi cerita tersebut
Memberikan penguatan tentang pentingnya mempraktikkan sikap toleransi dan kerja sama antar teman yang berbeda agama.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Sub Tema 2 PB 2
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Mendiskusikan pentingnya kerjasama
Membaca senyap teks tentang Tong Sampah Gotong Royong.
Mengidentifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya. Siswa menuliskan hasilnya pada diagram yang ada di buku siswa.
Mengidentifikasi keberagaman dan kerjasama yang ada di lingkungannya. Siswa juga menuliskannya di buku siswa. Produk ini akan dinilai dengan penilai 1. Guru menjelaskan rubrik yang diharapkan. Siswa bisa menuliskan dalam bentuk grafik yang disiapkan.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tarian daerah (Bongong Jeumpa) Mengamati formasi gerakan tarian Bungong Jeumpa yang ada di buku siswa.
Ketika sudah lancar, siswa mempraktikkan formasi dengan dengan iringan musik dan hitungan dari guru. Jika sudah sangat lancar hanya diiringi dengan musik.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Sub Tema 2 PB 3
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Menemukan gagasan pokok dan
pendukung dari teks tulis Membaca senyap teks berjudul “Tong Sampah Gotong Royong” yang terdapat pada pembelajaran sebelumnya.
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada teks tersebut dan menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia.
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran. Melakukan percobaan
Diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga sampai ke indera pendengar.
Menyimpulkan hasil diskusi tentang pentingnya merawat indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Sub Tema 2 PB 4
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Kerjasamadalam keberagaman
Mendiskusikan pentingnya kerjasamadalam keberagaman
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
Menemukan gagasan pokok dan
pendukung dari teks
Membaca teks yang ada di buku siswa.
Guru meminta setiap siswa untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Siswa membaca setiap paragraf dengan hati-hati.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Sub Tema 2 PB 5
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tarian daerah Bungong Jeumpa Berdiskusi tentang gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya
Siswa memperagakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut.
Setelah cukup menguasai gerakan, siswa diajak berlatih secara berkelompok dengan iringan musik.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Menceritakan perayaan hari besar agama
Guru memberikan penguatan terhadap nilai-nilai yang berkaitan dengan sikap peduli dan menghargai keragaman budaya.
Setelah berlatih menari, siswa diajak untuk merenungkan bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita saling mengenal dan saling menghargai. Kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga dan menciptakan keselarasan di tengah-tengah perbedaan
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Sub Tema 2 PB 6
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Menceritakan pengalaman bekerja sama
Menceritakan secara tertulis pengalaman mereka bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
Bahasa Indonesia
3.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual Meringkas teks “Perbedaan Bukanlah
Penghalang”
▪ Membuat ringkasan dari cerita Perbedaan BukanlahPenghalang.
▪ Membaca cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Sub Tema 3 PB 1
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual. Menemukan gagasan pokok danpendukung dari teks lisan.
Menyimak cerita tentang tentang seorang ibu pembuat dodol, makanan tradisional Betawi, yang dilisankan oleh guru.
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf tersebut.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran Melakukan percobaan. Diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi.
Melakukan percobaan yang sama dengan menggunakan bahan-bahan yang berbeda, yaitu kayu, logam, dan kapas.
Kemudian mendiskusikan hasil percobaan.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia. Menceritakan pengalaman diribekerjasama dalam keberagaman.
Diingatkan kembali tentang pembelajaran sebelumya tentang Keragaman Budaya Indonesia, seperti alat musik dan permainan tradisional. Salah satu jenis keragaman yang memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia adalah makanan tradisional.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Sub Tema 3 PB 2
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Mendiskusikan pentingnya kerjasamadalam keberagaman. Diminta menuliskan pengalamannya bekerjsama dalam perbedaan.
Hal-hal yang ditulis:
1. Jenis kerjasama.
2. Perbedaan yang ada.
3. Manfaat dari kerjasama dalam perbedaan.
4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tarian daerah (Bongong Jeumpa).
Kembali berlatih tarian Tari Bungong Jeumpa dengan kelompoknya.
Berlatih dengan gerakan dasar dan formasi yang benar.
Berlatih dengan iringan musik tanpa aba-aba hitungan.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Sub Tema 3 PB 3
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual. Menemukan gagasan pokok danpendukung dari teks lisan.
Menyimak cerita tentang tentang permainan tradisional lainnya yaitu Fahombo Batu atau lompat batu dari kepulauan Nias.
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf tersebut.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar tulisan.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
Melakukan percobaan. Membaca informasi tentang bunyi memantul dan menyerap yang biasanya terjadi di area lapangan yang luas. Bunyi pantul juga terdapat pada beberapa jenis alat musik seperti gendang dan angklung.
Melakukan percobaan sederhana membunyikan beragam benda yang dpat menghasilkan bunyi seperti botol, ember, gelas atau kaleng.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
Sub Tema 3 PB 4
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Menceritakan pengalaman diribekerjasama dalam keberagaman.
Memperhatikan keberagaman yang ada, misalkan cara berpendapat, sifat dan lainlain.
Diusahakan dalam satu kelompok tampak keberagamannya. Kali ini guru akan mengamati bagaimana siswa bekerjasama dengan teman-teman yang berbeda.
Siswa diberikan masalah mengenai Ibu Mimip penjaga kantin. Siswa membacanya di buku siswa.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
BAHASA INDONESIA
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual. Menemukan gagasan pokok danpendukung dari teks. Mendengarkan dengan seksama. Guru membacakan satu-persatu paragraf.
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf yang didengarnya.
Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
Sub Tema 3 PB 5
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Mempresentasikan keragaman sosial dan
budaya. Melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar
Melengkapi hasil wawancara mereka dengan berbagai sumber bacaan, seperti buku perpustakaan, surat kabar, atau berbagai sumber dari internet.
Menuliskan informasi yang mereka peroleh secara terperinci.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
SBdP
3.3 Memahami dasar-dasar gerak tari daerah.
Menari tari Bungong Jeumpa.
Berdiskusi tentang gerakan dasar tari Bungong Jeumpa untuk mengingatkan mereka tentang keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya.
4.3 Meragakan dasar-dasar gerak tari daerah.
Sub Tema 3 PB 6
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Menceritakan sikap kerja sama.
Menyampaikan bahwa Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, mulai dari keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri.
Menunjukkan sikap yang santun dan peduli kepada orang yang memiliki latar belakang yang berbeda dengan kita adalah merupakan hal terpuji.
Menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
BAHASA INDONESIA
3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Meringkas teks lisan Wedang Jahe.
▪ Membaca cerita yang berjudul “Wedang Jahe”.
Membuat catatan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung dari cerita tersebut.
Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung beserta ringkasan pada diagram yang terdapat di dalam buku siswa
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Mengetahui, .................., ...... Juli 2018
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
................................ ................................
NIP. ........................ NIP. ........................
0 Response to "SILABUS KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013"
Post a Comment