SILABUS KELAS 5 SEMESTER 1 KURIKULUM 2103 - sdn215tjsari

SILABUS KELAS 5 SEMESTER 1 KURIKULUM 2103

SILABUS KELAS 5

                                                                                 SILABUS
                                                           TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nama Sekolah        :    SDN 215/IX TANJUNG SARI
Kelas / Semester   :    V / 1
Tema 1                      :    Organ Gerak Hewan dan Manusia
Kompetensi Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran
    SUB TEMA 1 PB 1   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.    
    Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
    Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
    Berdiskusi menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.    
    Mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.
    Mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan
    Berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.
IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.    
    Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia.    
    Membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan
    Mengetahui organ gerak manusia dan hewan.
    Mengetahui fungsi organ gerak.
    Mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan
    SUB TEMA 1 PB 2   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.    
     Membaca bacaan gerakan ikan dalam air.    
    Membaca teks tentang Gerak Ikan di Air.
    Menuliskan ide pokok dari masing-masing paragraf.
IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan. 
    Mengamati rangka organ gerak kelinci, burung, katak, ikan, dan kadal.
    Mengamati rangka organ gerak tulang pada hewan vertebrata beserta fungsi-fungsinya.
    Memahami organ gerak hewan vertebrata.
    Mencermati langkah-langkah kerja dan contoh yang ada pada buku siswa.
SBdP       
3.1 Memahami gambar cerita.
4.1 Membuat gambar cerita.    
    Mengamati gambar cerita tentang kelinci.
    Menceritakan gambar tentang kelinci.    
    Setelah memahami tentang gambar cerita, siswa mengamati rangkaian gambar untuk kemudian menyusun menjadi sebuah cerita.
    Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk berimajinasi dalam mengartikan gambar.
    SUB TEMA 1 PB 3   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.    
    Menentukan ide pokok dari cerita teman
    Menemukan dan menuliskan ide pokok tiap paragraf.

Link Download :

PPKn       
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.    
    Mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai denga nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila.
    Menganilisa sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pancasila.
    Membaca teks tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila
    Menganalisis sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pancasila.
IPS       
3.1   Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1   Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.    
    Menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia.
    Menyebutkan luas dan letak wilayah Indonesia
    Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris
    SUB TEMA 1 PB 4   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.    
    Menemukan ide pokok bacaan.
    Membaca teks yang berjudul Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan.
    Mencari dan menyebutkan ide pokok dari masing-masing paragraf.
PPKn       
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.    
    Mengidentifikasi perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
    Mengidentifikasi perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
    Membaca bacaan mengenai perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur dalam sila-sila Pancasila yaitu gotong royong.

IPS       
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.    
    Mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia.
    Menyebutkan kondisi geografis wilayah Indonesia.
    Menuliskan kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
    Setelah mengetahui kondisi geografis masing-masing pulau di Indonesia, siswa membuat kesimpulan mengenai kondisi geografis Indonesia secara umum.
    Selesai membuat informasi tentang kondisi geografis wilayah Indonesia dan pulau-pulau yang ada di Indonesia, siswa membuat gambar peta wilayah tempat tinggalnya.
    SUB TEMA 1 PB 5   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.    
    Menentukan ide pokok dari bacaan.
    Membaca teks berjudul "Siput Bukanlah Hewan Lemah".
    Menentukan dan menuliskan ide pokok masing-masing paragraf dari bacaan secara mandiri.
IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.    
    Menentukan perbedaan hewan vertebrata dan avertebrata.
    Membuat model hewan avertebrata dari plastisin.
    Memerhatikan gambar kelinci yang merupakan hewan vertebrata dan hewan siput yang merupakan hewan avertebrata.
    Menuliskan perbandingan karakteristik kelinci dengan siput.
    Mengamati rangka organ gerak berbagai hewan avertebrata secara seksama.
    Mengidentifikasi organ gerak hewan avertebrata beserta fungsinya.
SBdP       
3.1 Memahami gambar cerita.
4.1 Membuat gambar cerita.    
    Membuat gambar ilustrasi sesuai teks bacaan.
    Mempelajari beberapa hal mengenai beragam gaya gambar dan ilustrasi
    Membuat gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi dan informasi bacaan berjudul "Siput Bukanlah Hewan Lemah" dengan gaya atau corak yang telah dipelajari.
    SUB TEMA 1 PB 6   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.    
    Menyusun cerita dengan menentukan ide pokok terlebih dahulu.
    Menemukan ide pokok masing-masing paragraf.
    Membaca teks Gerak Kupu-Kupu.
    Mencari dan menuliskan ide pokok bacaan.

IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.    
    Menyebutkan organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata.
    Membandingkan organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata

SBdP       
3.1 Memahami gambar cerita.
4.1 Membuat gambar cerita.    
    Menggali informasi dari bacaan untuk dituangkan  ke dalam bentuk gambar cerita.
    Setelah mengamati gambar, siswa menyusun cerita berdasarkan gambar.
    Kegiatan menyusun cerita ini diawali dengan menentukan ide pokoknya terlebih dulu.
    SUB TEMA 2 PB 1   
Bahasa Indonesia       
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
    Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
    Membaca bacaan tentang kegiatan bersepeda dan manfaatnya.
    Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
    Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.

IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan. 
    Mengamati gambar yang berkaitan dengan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia.
    Mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan aktivitas fisik yang berkaitan dengan organ gerak.

    SUB TEMA 2 PB 2   
Bahasa Indonesia       
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual. 
    Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf.
    Membaca teks tentang Penyandang Cacat yang Sukses.
    Menentukan ide pokok dari setiap paragraf.
IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
    Organ gerak manusia.
    Mengamati gambar tulang sebagai salah satu organ gerak manusia.
    Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia.
    Diskusi untuk memahami fungsi masing-masing tulang pada manusia.
SBdP       
3.1 Memahami gambar cerita.
4.1 Membuat gambar cerita.
    Berkreasi membuat sampul buku.
    Menjelaskan salah satu jenis gambar ilustrasi, yaitu gambar cover.
    Memahami arti dan unsur-unsur gambar cover.
    Mencoba membuat gambar cover berdasarkan bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses.
    SUB TEMA 2 PB 3   
Bahasa Indonesia       
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.    
    Wawancara keberagaman penduduk di daerah tempat tinggalnya.
    Membaca dan menulis untuk menentukan ide pokok dari bacaan.
    Melakukan wawancara terhadap orang tua, perangkat RT dan RW, Kepala desa, atau tokoh masyarakat untuk menggali informasi tentang keberagaman penduduk di lingkungan tempat tinggalnya.
    Membaca bacaan berjudul Kerukunan Umat Beragama di Indonesia.
    Mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya
PPKN       
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Mengamati peta asal suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.
    Diskusi tentang daerah-daerah persebaran agama di Indonesia pada peta.
    Berdiskusi membandingkan nikai-nilai luhur setiap sila dalam Pancasila.

IPS       
3.1  Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
    Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia.
    Mengamati peta kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi.
    Mengamati gambar peta tentang kepadatan penduduk di Indonesia.
    Memberikan penjelasan mengenai kepadatan penduduk di Indonesia.
    Bertanya dan memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru.
    Menjawab pertanyaan pada buku siswa yang berkaitan dengan peta yang sudah diamatinya.
    SUB TEMA 2 PB 4   
Bahasa Indonesia       
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
    Dapat menemukan ide pokok bacaan.
    Membaca bacaan berjudul Beragamnya Flora dan Fauna Indonesia.
    Memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
    Menentukan ide pokok bacaan
PPKN       
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
    Mengamati gambar-gambar yang menujukkan perilaku orang-orang yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
    Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan perilaku yang nampak pada gambar sesuai ataukah tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

IPS       
3.1  Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
    Kenampakan alam buatan dan kenampakan alam.
    Mengamati gambar kenampakan alam buatan dan kenampakan alam.
    Menyebutkan bentang alam masing-masing pulau besar di Indonesia.
    Memahami kondisi iklim di Indonesia.
    Mengidentifikasi keragaman flora dan fauna di Indonesia.

    SUB TEMA 2 PB 5   
Bahasa Indonesia       
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
    Menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf.
    Membaca teks berjudul "Otot Manusia".
    Menentukan dan menuliskan ide pokok masing-masing paragraff dari bacaan secara mandiri.
IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
    Mengidentifikasi manfaat fungsi dan macam-macam otot manusia.
    Menyebutkan letak dan wujud jenis-jenis otot yang terdapat pada tubuh manusia.
    Membuat model sederhana rangka otot manusia dengan menggunakan bahan kawat.
    Mempelajari fungsi macam-macam otot manusia beserta fungsinya.
    Mengamati rangka otot sebagai salah satu organ gerak manusia.
SBdP       
3.1 Memahami gambar cerita.
4.1 Membuat gambar cerita.
    Membuat model sederhana dengan bahan styrofoam.
    Menjelasakan ragam desain gambar cover dengan mengunakan peraga contoh gambar cover.
     Membuat gambar cover bacaan yang berjudul Otot Manusia sesuai dengan imajinasi dan kreativitasnya masingmasing.
    SUB TEMA 2 PB 6   
Bahasa Indonesia       
3.1  Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
    Menemukan ide pokok masing-masing paragraf.
    Membaca bacaan "Ade Rai, Binaragawan Perkasa Indonesia".
    Mencari dan menuliksan ide pokok bacaan.

IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
    Menyebutkan macam-macam gerak otot.
    Membuat model sederhana dengan bahan styrofoam.
    Mengamati gambar dan mengidentifikasi bermacam-macam gerak
    Membuat model sederhana organ gerak manusia. Model sederhana ini dibuat dengan styrofoam.
SBdP       
3.1 Memahami gambar cerita.
4.1 Membuat gambar cerita.
    Membuat karya cover sesuai bacaan.
    Mengingat arti, unsur, dan ragam desain gambar cover.
    Menjelaskan arti, unsur, dan ragam desain gambar cover.
    Memahami arti, unsur, dan ragam desain gambar cover.
    SUB TEMA 3 PB 1   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
    Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan
    Membaca bacaan berjudul "Gerabah Dari Pulau Madura".
    Menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya. Siswa menulis bacaan berdasarkan ide-ide pokok yang ada pada buku siswa.
IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
    Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia.
    Membuat model penderita kelainan tulang.
    Mengamati gambar dan membaca penjelasan kelainan organ gerak tulang manusia.
    Membuat model sederhana gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat.
    SUB TEMA 3 PB 2   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
    Mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf.
    Membaca teks tentang "Posisi dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat".
    Menuliskan ide pokok dari masingmasing paragraf.

IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
    Menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia.
    Membuat model penderita kelainan tulang.
    Mengamati gambar dan membaca penjelasan kelainan organ gerak tulang manusia.
    Membuat model sederhana gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat.
SBdP       
3.1 Memahami gambar cerita.
4.1 Membuat gambar cerita.
    Mengamati gambar berbagai kelainan tulang sebagai salah satu organ gerak manusia.
    Mengamati contoh gambar cerita (komik) berdasarkan bacaan.
    Menarik kesimpulan tentang gambar komik berdasarkan hasil pengamatannya terhadap contoh.
    Merumuskan pengertian komik secara bersama-sama.
    Mencoba membuatnya dengan memilih salah satu tema yang telah ditentukan pada buku siswa.
    SUB TEMA 3 PB 3   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
    Membaca dan menulis, serta menentukan ide pokok dari bacaan.
    Membaca bacaan berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu
    Mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.

PPKN       
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Membuat laporan tentang perilaku yang seusai dengan nilai-nilai Pancasila.
    Menyebutkan perilaku-perilaku yang mencerminkan kesatuan sila-sila Pancasila
    Mengidentifikasikan perilaku-perilaku yang mencerminkan kesatuan sila-sila Pancasila.

IPS       
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
    Mengidentifikasi potensi kekayaan alam bangsa Indonesia.
    Mengidentifikasi kekayaan sumber daya alam dan manusia yang dimiliki oleh bangsa Indonesia seerta pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai Negara maritim terhadap kehidupan ekonomi masyarakat
    Menyebutkan berbagai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut.
    Membuat kliping pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.
    SUB TEMA 3 PB 4   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
    Menemukan ide pokok bacaan.
    Membaca teks tentang "Kapal Phinisi, Kapal Penjelajah Dunia".
    Menuliskan ide pokok dari masing-masing paragraf.

PPKN       
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
    Mengidentifikasi perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
    Mengamati perilaku orang-orang di sekitarnya yang menujukkan perilaku orang-orang yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
    Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
IPS       
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
    Mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap budaya masyarakat.
    Membaca bacaan berjudul "Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Budaya Masyarakat'.
    Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan gambar-gambar tersebut ke dalam budaya asli Indonesia dan budaya hasil percampuran dari negara lain.

    SUB TEMA 3 PB 5   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
    Menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf.
    Membaca teks berjudul "Salah Bantal".
    Menentukan dan menuliskan ide pokok masing-masing paragraf dari bacaan secara mandiri.
IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
    Mengidentifikasi macam-macam kelainan, gangguan, atau penyakit pada otot.
    Mengamati kelainan otot rangka sebagai salah satu organ gerak manusia.
    Menjelaskan tentang macam-macam kelainan, gangguan, dan jenis-jenis penyakit otot yang ada pada rangka tubuh manusia.
SBdP       
3.1 Memahami gambar cerita.
4.1 Membuat gambar cerita.
    Membuat komik.
    Menjelaskan secara interaktif mengenai ciri-ciri komik.
    Memahami ciri-ciri komik.
    Membuat komik tentang gerakangerakan yang dapat menyebabkan gangguan atau kelainan pada otot manusia sesuai dengan imajinasi dan kreativitas
    SUB TEMA 3 PB 6   
Bahasa Indonesia       
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
    Menemukan ide pokok masing-masing paragraf.
    Membaca bacaan berjudul "Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor".
    Mencari dan menuliskan ide pokok bacaan.

IPA       
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
    Menyebutkan macam-macam gerak otot.
    Mengingatkan kembali akan pentingnya menjaga kesehatan organ gerak.
    Mengamati gambar dan mengidentifikasi akibat-akaibat yang timbul karena melakukan gerakan-gerakan yang nampak seperti pada gambar.
SBdP       
3.1 Memahami gambar cerita.
4.1 Membuat gambar cerita.
    Menggambar gambar cerita.
    Menggambar komik sesuai teks.
    Mengingat arti, unsur, dan ragam desain gambar komik.
    Menjelaskan arti, unsur, dan ragam desain gambar komik.
    Memahami pengertian, dan ciri-ciri gambar komik.
    Membuat gambar komik berdasarkan bacaan yang berjudul "Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor".
   



Mengetahui
Kepala SDN 215/IX TANJUNG SARI                        Tanjung Sari, ……….………20….
                                                                                                       Guru Kelas V



           
NASARUDDIN, S.Pd                                                                WARIDAH, S.Pd
NIP. 197007071997031002                                              NIP. 19751205 201001 2 008



0 Response to "SILABUS KELAS 5 SEMESTER 1 KURIKULUM 2103"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2