RPP 1 LEMBAR KELAS 1 SEMESTER 2 REVISI TERBARU
SDN215 - sesuai dengan perintah menteri pendidikan dan kebudayaan bahwa administrasi guru atau rpp disederhanakan menjadi satu lembar. acuan penyusunan surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. komponen-komponen yang terlalu banyak dalam rpp kini telah disederhanakan menjadi 3 komponen saja, ketiga komponen adalah Tujuan, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilian (Asesment).
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD ......................
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Sub Tema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 1
Muatan Pelajaran : PPKn (3.1, 4.1) B. Indo (3.8,4.8), SBDP (3.2,4.2)
TUJUAN PEMBELAJARAN
• Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
• Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
• Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
• Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
• Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
 Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
 Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
 Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
 Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
 Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
 Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
 Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
 Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
 Siswa diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya
 Guru berkeliling melihat dan membimbing tentang materi yang didiskusikannya
 Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
 Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
 Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan
Kegiatan Bersama Orang Tua
 Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog ......................
Kegiatan Penutup
 Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
 Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
 Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
 Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN .......................... Guru Kelas
.......................... ..................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD ......................
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 5 : Pengalamanku
Sub Tema 1 : Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran : 1
Muatan Pelajaran : PPKn (3.1, 4.1) B. Indo (3.8,4.8), SBDP (3.2,4.2)
TUJUAN PEMBELAJARAN
• Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
• Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
• Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
• Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
• Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
 Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
 Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
 Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
 Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)
Kegiatan Inti
 Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
 Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
 Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
 Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
 Siswa diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya
 Guru berkeliling melihat dan membimbing tentang materi yang didiskusikannya
 Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
 Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
 Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan
Kegiatan Bersama Orang Tua
 Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog ......................
Kegiatan Penutup
 Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
 Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
 Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
 Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN .......................... Guru Kelas
.......................... ..................................
0 Response to "RPP 1 LEMBAR KELAS 1 SEMESTER 2 REVISI TERBARU"
Post a Comment