Contoh APKG Kelas Rangkap
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU II (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
1. Nama Guru/Mahasiswa : ............................................................................................
2. NIM : ............................................................................................
3. Tempat Menggajar : ............................................................................................
4. Model PKR : 221/222
5. Kelas/Semester : ............................................................................................
6. Mata Pelajaran : 1..........................................................................................
2..........................................................................................
7. Waktu : ............................................................................................
8. Tanggal : ............................................................................................
9. Kelompok Belajar : Karanganyar D
10. UPBJJ-UT : Surakarta
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampua guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang di ajarkan.
1. Melaksanakan pembelajaran.
a. Melaksanakan tugas rutin kelas.
b. Memulai kegiatan pembelajaran.
c. Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi dan lingkungan.
d. Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok dan klasikal.
e. Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan.
f. Menggunakan media belajar yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan.
g. Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien.
h. Mengakhiri kegiatan.
Rata-rata butir 1 = P
2. Mengelola interaksi kelas.
a. Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa.
b. Memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
c. Melakukan komunikasi secara efektif.
Rata-rata buitir 2 = Q
3. Mendemostrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran kelas rangkap (isi yang sesuai dengan RP PKR yang dinilai)
a. Bahasa Indonesia
1) Mendemostarasikan penguasaan materi bahasa Indonesia.
2) Memberikan latihan keterampilan berbahasa.
3) Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar.
Rata – rata butir 3.a = R
b. Matematika
1) Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulatif.
2) Menguasai simbol-simbol matematika.
3) Memberi latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Rata – rata butir 3.b = R
c. IPA
1) Mendemontrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung.
2) Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung.
3) Menampilkan penguasaan IPA.
Rata – rata butir 3.c = R
d. IPS
1) Mengembangkan pemahaman konsep waktu.
2) Mengembangkan pemahaman konsep ruang.
3) Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity).
Rata – rata butir 3.d = R
e. PKn
1) Ketepatan penggunaan istilah –istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan.
2) Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan.
3) Menerapkan kosep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari – hari.
Rata – rata butir 3.e = R
4. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar.
a. Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran.
b. Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran.
Rata-Rata butir 4 = S
5. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap.
a. Peka terhadap kemampuan berbahasa.
b. Penampilan guru dalam pembelajaran kelas rangkap.
c. Keefektifan pembelajaran kelas rangkap.
Rata-Rata butir 5 = T
Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran kelas rangkap, serta saran perbaikan.
Nilai APKG 2 = P+Q+R+S+T
5
=
Karanganyar, ... April 2015.
Pengamat.
..............................................................
NIP: .....................................................
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
1. Nama Guru/Mahasiswa : ............................................................................................
2. NIM : ............................................................................................
3. Tempat Menggajar : ............................................................................................
4. Model PKR : 221/222
5. Kelas/Semester : ............................................................................................
6. Mata Pelajaran : 1..........................................................................................
2..........................................................................................
7. Waktu : ............................................................................................
8. Tanggal : ............................................................................................
9. Kelompok Belajar : Karanganyar D
10. UPBJJ-UT : Surakarta
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampua guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang di ajarkan.
1. Melaksanakan pembelajaran.
a. Melaksanakan tugas rutin kelas.
b. Memulai kegiatan pembelajaran.
c. Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi dan lingkungan.
d. Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok dan klasikal.
e. Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan.
f. Menggunakan media belajar yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan.
g. Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien.
h. Mengakhiri kegiatan.
Rata-rata butir 1 = P
2. Mengelola interaksi kelas.
a. Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa.
b. Memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
c. Melakukan komunikasi secara efektif.
Rata-rata buitir 2 = Q
3. Mendemostrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran kelas rangkap (isi yang sesuai dengan RP PKR yang dinilai)
a. Bahasa Indonesia
1) Mendemostarasikan penguasaan materi bahasa Indonesia.
2) Memberikan latihan keterampilan berbahasa.
3) Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar.
Rata – rata butir 3.a = R
b. Matematika
1) Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulatif.
2) Menguasai simbol-simbol matematika.
3) Memberi latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Rata – rata butir 3.b = R
c. IPA
1) Mendemontrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung.
2) Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung.
3) Menampilkan penguasaan IPA.
Rata – rata butir 3.c = R
d. IPS
1) Mengembangkan pemahaman konsep waktu.
2) Mengembangkan pemahaman konsep ruang.
3) Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity).
Rata – rata butir 3.d = R
e. PKn
1) Ketepatan penggunaan istilah –istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan.
2) Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan.
3) Menerapkan kosep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari – hari.
Rata – rata butir 3.e = R
4. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar.
a. Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran.
b. Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran.
Rata-Rata butir 4 = S
5. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap.
a. Peka terhadap kemampuan berbahasa.
b. Penampilan guru dalam pembelajaran kelas rangkap.
c. Keefektifan pembelajaran kelas rangkap.
Rata-Rata butir 5 = T
Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran kelas rangkap, serta saran perbaikan.
LINK DOWNLOAD :
Nilai APKG 2 = P+Q+R+S+T
5
=
Karanganyar, ... April 2015.
Pengamat.
..............................................................
NIP: .....................................................
main poker dengan banyak penghasilan
ReplyDeleteayo segera hubungi kami
WA : +855969190856
terima kasih
ReplyDelete