RPP Kelas Rangkap Kurikulum 2013
RPP KELAS RANGKAP
Satuan Pendidikan : SDN ………….
Mata Pelajaran / Tema : IPA / Lingkungan (Kelas 1)
B.Indonesia / Permainan (Kelas 2)
IPA / Pendidikan (Kelas 3)
Kelas / Semester : 1, 2 dan 3 / Genap
Model PKR : 3-3-1
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A. Standart Kompetensi
Lingkungan (Kelas 1) : 6. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
Permainan (Kelas 2) : 2. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Pendidikan (Kelas 3) : 6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
B. Kompetensi Dasar
Lingkungan (Kelas 1)
6.1 Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
Permainan (Kelas 2)
2.2 Mendeskripsikan benda benda langit disekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
Pendidikan (Kelas 3)
6.1 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Lingkungan (Kelas 1)
• Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
Permainan (Kelas 2)
• Menjelaskan ciri-ciri benda langit secara rinci dengan pilihan kata runtut.
• Mendeskripsikan ciri-ciri benda langit oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
Pendidikan (Kelas 3)
• Menyebutkan jenis – jenis awan.
• Mendeskripsikan ciri – ciri dari beberapa jenis awan.
D. Tujuan Pembelajaran
Lingkungan (Kelas 1)
• Dengan mengamati gambar beberapa benda langit dan tanya jawab, peserta didik mampu menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari secara peraya diri.
Permainan (Kelas 2)
• Dengan disediakan gambar beberapa benda langit serta pengerjaan tugas, peserta didik mampu menjelaskan ciri-ciri benda langit dengan pilihan kata runtut secara rinci.
• Dengan permainan “Tebak Aku”, peserta didik mampu mendeskripsikan ciri-ciri benda langit oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
Pendidikan (Kelas 3)
• Dengan bertukar informasi antar kelompok dalam pengerjaan LK, peserta didik mampu menyebutkan jenis – jenis awan dengan percaya diri.
• Dengan mencermati penjelasan yang disajikan pada buku peserta didik, peserta didik mampu mendeskripsikan ciri – ciri dari beberapa jenis awan dengan mandiri.
E. Materi Pembelajaran
Materi:
bintang kecil
bintang kecil di langit yang biru
amat banyak menghias angkasa
aku ingin terbang dan menari
jauh tinggi ke tempat kau berada
• Lingkungan (Kelas 1)
benda langit
di langit ada bintang dan bulan
di langit ada matahari
semua itu ciptaan
tuhan yang maha kuasa
semua ciptaan tuhan indah bentuknya
mari kita ucapkan syukur
• Permainan (Kelas 2)
Deskripsi Benda Langit
Malam ini tampak terang.
Anak – anak bermain di halaman
Aku tampak di langit, aku bulat dan bersinar
Ayo coba tebak! Apakah aku ?
Jawaban atas pertanyaan tersebut : aku adalah Bulan
Bentuklah kelompok dengan 2-3 siswa untuk mendeskripsikan benda langit yang ada di sekitar kalian! Deskripsi tersebut digunakan sebagai bahan permaianan “ Tebak Aku”
Mainkan permainan “Tebak Aku” bersama 2 atau 3 teman kalian !
• Pendidikan (Kelas 3)
F. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 jam pelajaran)
G. Metode Pembelajaran
Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
H. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Guru melakukan presensi dan menanyakan kehadiran siswa
3. Guru melakukan apersepsi dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa bernyanyi dan bertepuk dinamika lagu “Bintang Kecil”
4. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan lagu “Bintang Kecil” dengan melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan benda langit.
a. Apa nama benda langit yang ada pada lagu tadi?
b. Kapan kalian dapat melihat bintang?
c. Apa saja benda langit yang ada di sekitarmu ?
d. Kapan kalian melihat benda langit tersebut ?
e. Apakah kalian pernah memanfaatkan benda langit tersebut ?
5. Peserta didik menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
a. Kelas 1 : menyebutkan benda langit yang terlihat saat siang dan malam hari
b. Kelas 2 : melakukan permainan “Tebak Aku” yang berhubungan dengan benda langit
c. Kelas 3 : menyebutkan jenis dan ciri awan melalui gambar yang disajikan
d. Kegiatan Inti (60 menit)
No Kelas 1 Kelas 2 Kelas 3 Alokasi Waktu
1. Peserta didik dibimbing untuk membentuk kelompok kerja
2. Eksplorasi 25 menit
Guru membimbing dan meminta peserta didik mengaitkan lagu “ Bintang Kecil” dengan benda langit pada pengamatan gambar mereka. (5 menit) Peserta didik dalam kelompoknya, menuliskan beberapa ciri dari benda-benda langit sebagai bahan permainan “Tebak Aku” Setiap kelompok kerja mengamati gambar awan. Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasikan ciri dan jenis awan pada gambar tersebut (10 menit)
Peserta didik dalam kelompoknya diminta untuk memilah beberapa nama dari gambar benda langit disekitarnya berdasarkan yang terlihat saat malam atau siang hari (20 menit) Setiap peserta didik dalam kelompoknya, menuliskan minimal 3 ciri dari benda langit tersebut (15 menit) Peserta didik bersama kelompoknya dengan bimbingan guru, menuliskan hasil pengamatan mereka pada kolom hasil pengamatan. (5 menit)
3. Elaborasi 20 menit
Peserta didik memajang hasil kerja kelompok mereka bersama kelompok-kelompok lain di dinding kelas seperti sebuah galeri lukisan
(5 menit) Peserta didik bersama kelompoknya dengan bimbingan guru, menuliskan hasil kerja mereka pada kartu “Tebak Aku” (10 menit) Peserta didik memajangkan hasil pengamatan dan diberi kesempatan untuk membandingkan hasil pengamatannya dengan hasil pengamatan temannya (10 menit)
Salah satu peserta didik dari salah satu kelompok tampil didepan kelas untuk menceritakan hasil kerja kelompok mengenai benda langit yang terlihat saat siang dan malam hari (10 menit) Peserta didik dapat bermainlah bersama 2-3 teman menggunakan kartu “Tebak Aku” (10 menit) Peserta didik melengkapi hasil pengamatannya dengan menggunakan hasil perbandingan pengamatan temannya (5 menit)
Kelompok lain dapat memberikan tambahan atau sanggahan dari hasil kerja kelompok yang tampil (5 menit) Peserta didik memajangkan hasil pengamatan dan belanja ilmu untuk ditanggapi oleh guru ( 5 menit)
4. Konfirmasi 15 menit
Guru memberikan penguatan tentang benda langit yang terlihat saat siang dan malam hari (5 menit) Peserta didik diminta untuk kembali ke tempat duduk semula dan guru menanyakan hal – hal yang belum dipahami siswa pada permainan “Tebak Aku” yang telah dilakukan oleh peserta didik (5 menit) Peserta didik merangkum materi tentang jenis awan yang telah dipelajari (5 menit)
Peserta didik menyalin materi tentang benda langit yang ada pada siang atau malam hari (10 menit) Guru memberikan penguatan dan tanggapan pada permainan “Tebak Aku” yang telah dilakukan oleh peserta didik (10 menit) Peserta didik melakukan tes akhir pembelajaran (10 menit)
e. Kegiatan Penutup (5 menit)
1. Peserta bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2. Guru melakukan refleksi dengan menggunakan kartu senyum, untuk mengetahui ketertarikan siswa pada pelajaran yang telah berlangsung.
3. Peserta didik menempelkan bintang prestasi dengan percaya diri
4. Guru memberikan penghargaan kepada siswa dan kelompok terbaik dalam mengikuti proses pembelajaran.
5. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini.
6. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
7. Salam dan do’a penutup
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber: Diri anak, dan Lingkungan sekolah. Buku BSE.
Media: Buku, Kartu “Tebak Aku”, Teks bacaan tentang jenis awan dan cuaca, gambar-gambar yang berkaitan dengan topik pembelajaran, kartu senyum, bintang prestasi.
G. Penilaian
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
Indikator pencapaian kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
Pendidikan (Kelas 3)
• Mendeskripsikan ciri – ciri dari beberapa jenis awan.
Lingkungan (Kelas 1)
• Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
Permainan (Kelas 2)
• Mendeskripsikan ciri-ciri benda langit oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
Tes tertulis
Tes Kinerja
Tes Unjuk Kerja Pilihan ganda
Pendidikan (Kelas 3)
1. Keadaan cuaca dapat ditunjukkan dari ....
a. keadaan udara
b. keadaan air
c. bentuk awan
d. keadaan matahari
Lingkungan (Kelas 1)
• Apakah kalian pernah melihat benda-benda langit tersebut?
• Gunting dan pilih gambar benda langit tersebut sesuai dengan waktu munculnya!
• Tempelkan hasil kerja kalian pada kertas manila !
• Permainan “ Tebak Aku”
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
3. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil kerja kelompok dan pasangan )
No Aspek Kriteria Skor
1. Konsep • Semua benar
• Sebagian besar benar
• Sebagian kecil benar
• Semua benar 4
3
2
1
2. Performasi
No Aspek Kriteria Skor
1. Kerja sama Bekerja sama
Kadang-kadang kerja sama
Tidak bekerjasama
Aktif berpatisipasi
Kadang-kadang aktif
Tidak aktif 4
2
1
4
2
1
3. Lembar Penilaian
No Nama Siswa Performen produk Jumlah Skor Nilai
Kerja sama Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah Skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
................, 30 Maret 2016
Guru Kelas
Kelas 2
LK Kartu “Tebak Aku”
Tulislah ciri -ciri salah satu benda langit bersama teman sebangku untuk digunakan sebagai bahan pertanyaan pada permainan “Tebak Aku”!
Kelas 3
LK (Kelompok)
Kelompok :
Nama Anggota :
1. ....................
2. ....................
3. ....................
Kerjakan bersama kelompok kalian !
Bandingkan beberapa bentuk awan dibawah ini !
*) below…. Feet = di bawah … kaki
Tahukah kalian apa saja jenis – jenis awan pada gambar tersebut ?
Adakah perbedaan dari beberapa jenis awan pada gambar terebut ?
Identifikasilah 3 jenis awan dengan mengisi tabel berikut ini !
No Jenis Awan Ciri – Ciri
1 ……………………….. ……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
2 ……………………….. ……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
3 ……………………….. ……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
Kelas 1
LK ( Berpasangan)
Nama Siswa :
1. ....................
2. ....................
Amati bersama teman sebangku kalian!
Perhatikan beberapa gambar benda-benda langit !
Apakah kalian pernah melihat benda-benda langit tersebut?
Kapan kalian bisa melihat benda langit tersebut
Gunting dan pilih gambar benda langit tersebut sesuai dengan waktu munculnya!
Tempelkan hasil kerja kalian pada kertas manila !
KELAS 3
LEMBAR TES AKHIR PEMBELAJARAN
Selesaikan Persamaan Berikut Ini !
1. Keadaan cuaca dapat ditunjukkan dari ....
a. keadaan udara
b. keadaan air
c. bentuk awan
d. keadaan matahari
2. Awan yang menunjukkan tanda-tanda akan turun hujan ialah ....
a. sirus c. stratus
b. kumulus d. Tirus
3. Langit berwarna hitam menandakan ....
a. cuaca cerah
b. cuaca berawan
c. akan datangnya hujan
d. cuaca mendungan
4. Awan berasal dari ….
a. penguapan air di permukaan bumi
b. hujan pada permukaan bumi
c. penguapan uap pabrik
d. tetesan air
5. Awan yang berada pada ketinggian dibawah 18.000 kaki ialah ….
a. sirus c. stratus
b. kumulus d. Tirus
Kelas 2
Lembar Evaluasi Akhir Pembelajaran
ayo warnai gambar di bawah ini
lalu beri nama benda langit pada masing – masing gambar kalian !
Bintang Prestasi (sebagai pengukur prestasi individu dan kelompok)
prestasi individu
prestasi kelompok
Kartu Senyum (sebagai bahan refleksi)
jika tidak menarik jika menarik
Satuan Pendidikan : SDN ………….
Mata Pelajaran / Tema : IPA / Lingkungan (Kelas 1)
B.Indonesia / Permainan (Kelas 2)
IPA / Pendidikan (Kelas 3)
Kelas / Semester : 1, 2 dan 3 / Genap
Model PKR : 3-3-1
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A. Standart Kompetensi
Lingkungan (Kelas 1) : 6. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
Permainan (Kelas 2) : 2. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
Pendidikan (Kelas 3) : 6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
B. Kompetensi Dasar
Lingkungan (Kelas 1)
6.1 Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
Permainan (Kelas 2)
2.2 Mendeskripsikan benda benda langit disekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
Pendidikan (Kelas 3)
6.1 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Lingkungan (Kelas 1)
• Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
Permainan (Kelas 2)
• Menjelaskan ciri-ciri benda langit secara rinci dengan pilihan kata runtut.
• Mendeskripsikan ciri-ciri benda langit oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
Pendidikan (Kelas 3)
• Menyebutkan jenis – jenis awan.
• Mendeskripsikan ciri – ciri dari beberapa jenis awan.
D. Tujuan Pembelajaran
Lingkungan (Kelas 1)
• Dengan mengamati gambar beberapa benda langit dan tanya jawab, peserta didik mampu menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari secara peraya diri.
Permainan (Kelas 2)
• Dengan disediakan gambar beberapa benda langit serta pengerjaan tugas, peserta didik mampu menjelaskan ciri-ciri benda langit dengan pilihan kata runtut secara rinci.
• Dengan permainan “Tebak Aku”, peserta didik mampu mendeskripsikan ciri-ciri benda langit oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
Pendidikan (Kelas 3)
• Dengan bertukar informasi antar kelompok dalam pengerjaan LK, peserta didik mampu menyebutkan jenis – jenis awan dengan percaya diri.
• Dengan mencermati penjelasan yang disajikan pada buku peserta didik, peserta didik mampu mendeskripsikan ciri – ciri dari beberapa jenis awan dengan mandiri.
E. Materi Pembelajaran
Materi:
bintang kecil
bintang kecil di langit yang biru
amat banyak menghias angkasa
aku ingin terbang dan menari
jauh tinggi ke tempat kau berada
• Lingkungan (Kelas 1)
benda langit
di langit ada bintang dan bulan
di langit ada matahari
semua itu ciptaan
tuhan yang maha kuasa
semua ciptaan tuhan indah bentuknya
mari kita ucapkan syukur
• Permainan (Kelas 2)
Deskripsi Benda Langit
Malam ini tampak terang.
Anak – anak bermain di halaman
Aku tampak di langit, aku bulat dan bersinar
Ayo coba tebak! Apakah aku ?
Jawaban atas pertanyaan tersebut : aku adalah Bulan
Bentuklah kelompok dengan 2-3 siswa untuk mendeskripsikan benda langit yang ada di sekitar kalian! Deskripsi tersebut digunakan sebagai bahan permaianan “ Tebak Aku”
Mainkan permainan “Tebak Aku” bersama 2 atau 3 teman kalian !
• Pendidikan (Kelas 3)
F. Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 jam pelajaran)
G. Metode Pembelajaran
Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
H. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Guru melakukan presensi dan menanyakan kehadiran siswa
3. Guru melakukan apersepsi dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa bernyanyi dan bertepuk dinamika lagu “Bintang Kecil”
4. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan lagu “Bintang Kecil” dengan melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan benda langit.
a. Apa nama benda langit yang ada pada lagu tadi?
b. Kapan kalian dapat melihat bintang?
c. Apa saja benda langit yang ada di sekitarmu ?
d. Kapan kalian melihat benda langit tersebut ?
e. Apakah kalian pernah memanfaatkan benda langit tersebut ?
5. Peserta didik menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
a. Kelas 1 : menyebutkan benda langit yang terlihat saat siang dan malam hari
b. Kelas 2 : melakukan permainan “Tebak Aku” yang berhubungan dengan benda langit
c. Kelas 3 : menyebutkan jenis dan ciri awan melalui gambar yang disajikan
d. Kegiatan Inti (60 menit)
No Kelas 1 Kelas 2 Kelas 3 Alokasi Waktu
1. Peserta didik dibimbing untuk membentuk kelompok kerja
2. Eksplorasi 25 menit
Guru membimbing dan meminta peserta didik mengaitkan lagu “ Bintang Kecil” dengan benda langit pada pengamatan gambar mereka. (5 menit) Peserta didik dalam kelompoknya, menuliskan beberapa ciri dari benda-benda langit sebagai bahan permainan “Tebak Aku” Setiap kelompok kerja mengamati gambar awan. Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasikan ciri dan jenis awan pada gambar tersebut (10 menit)
Peserta didik dalam kelompoknya diminta untuk memilah beberapa nama dari gambar benda langit disekitarnya berdasarkan yang terlihat saat malam atau siang hari (20 menit) Setiap peserta didik dalam kelompoknya, menuliskan minimal 3 ciri dari benda langit tersebut (15 menit) Peserta didik bersama kelompoknya dengan bimbingan guru, menuliskan hasil pengamatan mereka pada kolom hasil pengamatan. (5 menit)
3. Elaborasi 20 menit
Peserta didik memajang hasil kerja kelompok mereka bersama kelompok-kelompok lain di dinding kelas seperti sebuah galeri lukisan
(5 menit) Peserta didik bersama kelompoknya dengan bimbingan guru, menuliskan hasil kerja mereka pada kartu “Tebak Aku” (10 menit) Peserta didik memajangkan hasil pengamatan dan diberi kesempatan untuk membandingkan hasil pengamatannya dengan hasil pengamatan temannya (10 menit)
Salah satu peserta didik dari salah satu kelompok tampil didepan kelas untuk menceritakan hasil kerja kelompok mengenai benda langit yang terlihat saat siang dan malam hari (10 menit) Peserta didik dapat bermainlah bersama 2-3 teman menggunakan kartu “Tebak Aku” (10 menit) Peserta didik melengkapi hasil pengamatannya dengan menggunakan hasil perbandingan pengamatan temannya (5 menit)
Kelompok lain dapat memberikan tambahan atau sanggahan dari hasil kerja kelompok yang tampil (5 menit) Peserta didik memajangkan hasil pengamatan dan belanja ilmu untuk ditanggapi oleh guru ( 5 menit)
4. Konfirmasi 15 menit
Guru memberikan penguatan tentang benda langit yang terlihat saat siang dan malam hari (5 menit) Peserta didik diminta untuk kembali ke tempat duduk semula dan guru menanyakan hal – hal yang belum dipahami siswa pada permainan “Tebak Aku” yang telah dilakukan oleh peserta didik (5 menit) Peserta didik merangkum materi tentang jenis awan yang telah dipelajari (5 menit)
Peserta didik menyalin materi tentang benda langit yang ada pada siang atau malam hari (10 menit) Guru memberikan penguatan dan tanggapan pada permainan “Tebak Aku” yang telah dilakukan oleh peserta didik (10 menit) Peserta didik melakukan tes akhir pembelajaran (10 menit)
e. Kegiatan Penutup (5 menit)
1. Peserta bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2. Guru melakukan refleksi dengan menggunakan kartu senyum, untuk mengetahui ketertarikan siswa pada pelajaran yang telah berlangsung.
3. Peserta didik menempelkan bintang prestasi dengan percaya diri
4. Guru memberikan penghargaan kepada siswa dan kelompok terbaik dalam mengikuti proses pembelajaran.
5. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini.
6. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
7. Salam dan do’a penutup
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber: Diri anak, dan Lingkungan sekolah. Buku BSE.
Media: Buku, Kartu “Tebak Aku”, Teks bacaan tentang jenis awan dan cuaca, gambar-gambar yang berkaitan dengan topik pembelajaran, kartu senyum, bintang prestasi.
G. Penilaian
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
Indikator pencapaian kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
Pendidikan (Kelas 3)
• Mendeskripsikan ciri – ciri dari beberapa jenis awan.
Lingkungan (Kelas 1)
• Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
Permainan (Kelas 2)
• Mendeskripsikan ciri-ciri benda langit oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
Tes tertulis
Tes Kinerja
Tes Unjuk Kerja Pilihan ganda
Pendidikan (Kelas 3)
1. Keadaan cuaca dapat ditunjukkan dari ....
a. keadaan udara
b. keadaan air
c. bentuk awan
d. keadaan matahari
Lingkungan (Kelas 1)
• Apakah kalian pernah melihat benda-benda langit tersebut?
• Gunting dan pilih gambar benda langit tersebut sesuai dengan waktu munculnya!
• Tempelkan hasil kerja kalian pada kertas manila !
• Permainan “ Tebak Aku”
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
3. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil kerja kelompok dan pasangan )
No Aspek Kriteria Skor
1. Konsep • Semua benar
• Sebagian besar benar
• Sebagian kecil benar
• Semua benar 4
3
2
1
2. Performasi
No Aspek Kriteria Skor
1. Kerja sama Bekerja sama
Kadang-kadang kerja sama
Tidak bekerjasama
Aktif berpatisipasi
Kadang-kadang aktif
Tidak aktif 4
2
1
4
2
1
3. Lembar Penilaian
No Nama Siswa Performen produk Jumlah Skor Nilai
Kerja sama Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah Skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
................, 30 Maret 2016
Guru Kelas
LINK DOWNLOAD :
Kelas 2
LK Kartu “Tebak Aku”
Tulislah ciri -ciri salah satu benda langit bersama teman sebangku untuk digunakan sebagai bahan pertanyaan pada permainan “Tebak Aku”!
Kelas 3
LK (Kelompok)
Kelompok :
Nama Anggota :
1. ....................
2. ....................
3. ....................
Kerjakan bersama kelompok kalian !
Bandingkan beberapa bentuk awan dibawah ini !
*) below…. Feet = di bawah … kaki
Tahukah kalian apa saja jenis – jenis awan pada gambar tersebut ?
Adakah perbedaan dari beberapa jenis awan pada gambar terebut ?
Identifikasilah 3 jenis awan dengan mengisi tabel berikut ini !
No Jenis Awan Ciri – Ciri
1 ……………………….. ……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
2 ……………………….. ……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
3 ……………………….. ……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
Kelas 1
LK ( Berpasangan)
Nama Siswa :
1. ....................
2. ....................
Amati bersama teman sebangku kalian!
Perhatikan beberapa gambar benda-benda langit !
Apakah kalian pernah melihat benda-benda langit tersebut?
Kapan kalian bisa melihat benda langit tersebut
Gunting dan pilih gambar benda langit tersebut sesuai dengan waktu munculnya!
Tempelkan hasil kerja kalian pada kertas manila !
KELAS 3
LEMBAR TES AKHIR PEMBELAJARAN
Selesaikan Persamaan Berikut Ini !
1. Keadaan cuaca dapat ditunjukkan dari ....
a. keadaan udara
b. keadaan air
c. bentuk awan
d. keadaan matahari
2. Awan yang menunjukkan tanda-tanda akan turun hujan ialah ....
a. sirus c. stratus
b. kumulus d. Tirus
3. Langit berwarna hitam menandakan ....
a. cuaca cerah
b. cuaca berawan
c. akan datangnya hujan
d. cuaca mendungan
4. Awan berasal dari ….
a. penguapan air di permukaan bumi
b. hujan pada permukaan bumi
c. penguapan uap pabrik
d. tetesan air
5. Awan yang berada pada ketinggian dibawah 18.000 kaki ialah ….
a. sirus c. stratus
b. kumulus d. Tirus
Kelas 2
Lembar Evaluasi Akhir Pembelajaran
ayo warnai gambar di bawah ini
lalu beri nama benda langit pada masing – masing gambar kalian !
Bintang Prestasi (sebagai pengukur prestasi individu dan kelompok)
prestasi individu
prestasi kelompok
Kartu Senyum (sebagai bahan refleksi)
jika tidak menarik jika menarik
ayo daftarkan diri anda di AJOQQ :D
ReplyDeletemenangkan jackpot dengan sebanyak-banyaknya :D
terima kasih
ReplyDelete