RPP SATU LEMBAR KELAS 1 TEMA 5 SD/MI SEMESTER 2
SDN215, sesuai dengan perintah menteri pendidikan dan kebudayaan bahwa administrasi guru atau rpp disederhanakan menjadi satu lembar. acuan penyusunan surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. komponen-komponen yang terlalu banyak dalam rpp kini telah disederhanakan menjadi 3 komponen saja, ketiga komponen adalah Tujuan, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilian (Asesment).
Kegiatan
Penutup
1. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
2. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
3. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
15
menit
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1 ,
……………………………… .....................................
NIP. ………………………… NIP. .................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Pengalamanku (Tema 5)
Sub Tema : Pengalaman Masa Kecil (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : B Ind, PPKn, SBDP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
4. Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
5. Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
7. Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
9. Dengan mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
10. Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
11. Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
12. Dengan mengamati intonasi dan cara membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnyA 10
menit
Kegiatan
Inti Ayo Bernyanyi
1. Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Bunda Piara” sambil bermain gitar. Sebagai alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu ”Bunda Piara”.
Ayo Mengamati
1. Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian (cerita dapat dibuat berdasarkan kreativitas guru).
2. Siswa diminta mengamati gambar garuda yang terdapat di ruang kelas.(Critical Thinking and Problem Solving)
Ayo Berlatih
1. Siswa diminta menyalin contoh kalimat atau ungkapan pujian yang terdapat dalam buku siswa.
2. Selain itu, siswa diminta menulis kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang telah mereka alami di waktu kecil.
3. Tunjukkan kepada siswa potongan-potongan kata (berukuran besar) dari sila ke-2 Pancasila.
4. Acak kartu tersebut dan minta siswa menyusun kembali bunyi dari sila ke-2 Pancasila.(Creativity and Innovation)
5. Setelah tersusun sesuai bunyi sila kedua, siswa diminta membaca bunyinya dengan lantang.(Literasi)
150
menit
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Pengalamanku (Tema 5)
Sub Tema : Pengalaman Masa Kecil (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : B Ind, PPKn, SBDP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
4. Dengan melakukan gerak berjalan di tempat, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Burung Kakaktua” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
5. Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
6. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
7. Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
8. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
9. Dengan mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
10. Dengan menirukan teks Pancasila yang diucapkan oleh guru, siswa mengetahui rumusan sila-sila Pancasila dengan tepat.
11. Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
12. Dengan mengamati intonasi dan cara membaca Pancasila dari berbagai sumber, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kedua Pancasila dengan benar.
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnyA 10
menit
Kegiatan
Inti Ayo Bernyanyi
1. Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Bunda Piara” sambil bermain gitar. Sebagai alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu ”Bunda Piara”.
Ayo Mengamati
1. Guru membacakan cerita yang berkaitan dengan pujian (cerita dapat dibuat berdasarkan kreativitas guru).
2. Siswa diminta mengamati gambar garuda yang terdapat di ruang kelas.(Critical Thinking and Problem Solving)
Ayo Berlatih
1. Siswa diminta menyalin contoh kalimat atau ungkapan pujian yang terdapat dalam buku siswa.
2. Selain itu, siswa diminta menulis kalimat pujian berdasarkan pengalaman yang telah mereka alami di waktu kecil.
3. Tunjukkan kepada siswa potongan-potongan kata (berukuran besar) dari sila ke-2 Pancasila.
4. Acak kartu tersebut dan minta siswa menyusun kembali bunyi dari sila ke-2 Pancasila.(Creativity and Innovation)
5. Setelah tersusun sesuai bunyi sila kedua, siswa diminta membaca bunyinya dengan lantang.(Literasi)
150
menit
Kegiatan
Penutup
1. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
2. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
3. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
15
menit
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1 ,
……………………………… .....................................
NIP. ………………………… NIP. .................................
0 Response to "RPP SATU LEMBAR KELAS 1 TEMA 5 SD/MI SEMESTER 2 "
Post a Comment