RPP SATU LEMBAR KELAS 1 TEMA 6 SD/MI SEMESTER 2
SDN215-sesuai dengan perintah menteri pendidikan dan kebudayaan bahwa administrasi guru atau rpp disederhanakan menjadi satu lembar. acuan penyusunan surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. komponen-komponen yang terlalu banyak dalam rpp kini telah disederhanakan menjadi 3 komponen saja, ketiga komponen adalah Tujuan, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilian (Asesment).
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri (Tema 6)
Sub Tema : Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN
1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
3. Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan kebersihan rumah.
4. Melalui kegiatan wawancara siswa mampu mendata kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.
5. Dengan menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
6. Dengan menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
10
menit
Kegiatan
Inti Ayo Mengamati
1. Siswa membaca wacana yang ada pada buku secara bergantian sesuai arahan guru.(Literasi)
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan isi bacaan.(Creativity and Innovation)
Ayo Berdiskusi
1. Guru meminta siswa mengamati gambar. Lalu siswa berpasangan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait keadaan yang mereka lihat tersebut
Ayo Bernyanyi
1. Setelah waktunya habis, siswa diajak menyimak sebuah lagu terkait lingkungan rumahku.
2. Siswa menirukan apa yang dicontohkan oleh guru baik bersama-sama, berkelompok, maupun sendiri-sendiri.(Creativity and Innovation)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri (Tema 6)
Sub Tema : Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN
1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
3. Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan kebersihan rumah.
4. Melalui kegiatan wawancara siswa mampu mendata kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.
5. Dengan menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
6. Dengan menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya
10
menit
Kegiatan
Inti Ayo Mengamati
1. Siswa membaca wacana yang ada pada buku secara bergantian sesuai arahan guru.(Literasi)
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan isi bacaan.(Creativity and Innovation)
Ayo Berdiskusi
1. Guru meminta siswa mengamati gambar. Lalu siswa berpasangan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait keadaan yang mereka lihat tersebut
Ayo Bernyanyi
1. Setelah waktunya habis, siswa diajak menyimak sebuah lagu terkait lingkungan rumahku.
2. Siswa menirukan apa yang dicontohkan oleh guru baik bersama-sama, berkelompok, maupun sendiri-sendiri.(Creativity and Innovation)
150
menit
Kegiatan
Penutup
1. Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan.(Communication)
2. Siswa bergantian merespon pertanyaan guru.
3. Siswa juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan.
4. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
5. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
6. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
15
menit
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1 ,
……………………………… .............................
NIP…………………………. NIP..................................
Penutup
1. Sebagai penutup guru menanyakan bagaimana perasaan siswa setelah mengikuti seluruh kegiatan.(Communication)
2. Siswa bergantian merespon pertanyaan guru.
3. Siswa juga diminta melakukan refleksi diri berdasarkan hasil belajar yang mereka rasakan.
4. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)
5. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
6. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
15
menit
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1 ,
……………………………… .............................
NIP…………………………. NIP..................................
0 Response to "RPP SATU LEMBAR KELAS 1 TEMA 6 SD/MI SEMESTER 2"
Post a Comment