RPP SATU LEMBAR KELAS 1 TEMA 7 SD/MI SEMESTER 2
SDN215 - sesuai dengan perintah menteri pendidikan dan kebudayaan bahwa administrasi guru atau rpp disederhanakan menjadi satu lembar. acuan penyusunan surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. komponen-komponen yang terlalu banyak dalam rpp kini telah disederhanakan menjadi 3 komponen saja, ketiga komponen adalah Tujuan, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilian (Asesment).
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Benda, Hewan, dan Tanaman diSekitarku (Tema 7)
Sub Tema : Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan disekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
No Kompetensi Dasar Indikator
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan 3.6.1 Menjelaskan kosakata tentang berbagai jenis benda yang ada di lingkungan.
3.6.2 Mengidentifikasi benda mati dan benda hiduyp dengan menggunakan kosakata.
3.6.3 Menunjukkan kosakata yang berkaitan dengan benda mati dan benda hidup.
4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana
4.6.1 Menyebutkan kosakata yang berkaitan dengan benda mati dan benda hidup dengan tepat.
4.6.2 Mengelompokkan kosakata yang berkaitan dengan benda mati dan benda hidup.
4.6.3 Menuliskan kosakata yang berkaitan dnegan benda mati dan benda hidup.
Muatan: PPKn
No Kompetensi Dasar Indikator
1.1 Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
1.1.1 Menerima gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala benteng, dan padi sebagai lambang negara “ Garuda Pancasila” .
1.1.2 Meyakini gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala benteng, dan padi sebagai lambang negara “ Garuda Pancasila” .
2.1 Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.1 Menjelaskan sikap yang sesuai dengan sila- sila pancasila.
2.1.2 Mempraktikkan sikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara ”Garuda Pancasila”.
3.1.1 Menjelaskan simbol yang terdapat pada lambang negara “ Garuda Pancasila”.
3.1.2 Mengidentifikasi sila-sila Pancasila dengan benar.
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.
4.1.1 Menyebutkan simbol- simbol sila pancasila.
4.1.2 Mendiskusikan rumusan yang terdapat pada sila pancasila
0 Response to "RPP SATU LEMBAR KELAS 1 TEMA 7 SD/MI SEMESTER 2"
Post a Comment